Ini Dia Cara Mengurus BPJS Anda yang Hilang

Kartu BPJS merupakan sebuah dokumen atau asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga. Bagi warga Negara Indonesia yang mana asuransi BPJS telah difasilitasi oleh pemerintah. Sedangkan pemerintah telah mewajibkan para warga untuk memiliki BPJS hal ini bertujuan untuk memastikan pada kesejahteraan serta keamanan rakyat untuk dimasa depan, tidak hanya warga biasa saja yang diwajibkan untuk memiliki BPJS, akan tetapi institusi-institusi pun juga diwajibkan untuk mendaftarkan para karyawannya pada BPJS. Sehingga peran BPJS memang sangatlah penting, sehingga yang belum memiliki BPJS pun dapat untuk segera mengurusnya, karena cara mengurus BPJS dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Jika Anda sudah memiliki BPJS, maka simpanlah dengan sebaik mungkin, karena kartu tersebut sangatlah penting untuk menjaminkan kesehatan bagi Anda dan keluarga, oleh sebab itulah jangan sampai BPJS Anda hilang atau rusak. Kehilangan kartu BPJS pun sering terjadi dikarenakan beberapa alasan, misalnya lupa menaruhnya, tertinggal di suatu tempat, atau bisa saja hilang karena alasan yang lainnya, sehingga kehilangan kartu penting ini akan menjadikan beban pikiran bagi para pemiliknya. Akan tetapi jika hal ini terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir lagi karena ketika kartu BPJS Anda hilang, maka Anda pun dapat melakukan cara untuk mengurusnya.

Inilah cara mengurus BPJS yang hilang yang dapat untuk Anda lakukan serta persiapkan dengan lengkap mengenai berkas-berkas yang diminta:

  1. KTP atau kartu tanpa Penduduk.
  2. KK atau Kartu Keluarga.
  3. Surat pernyataan kehilangan kartu BPJS dari kantor polsek di dekat Anda.
  4. Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam mengurus kartu BPJS Anda.
  5. Datang langsung pada kantor BPJS yang ada di dekat Anda, lalu lakukan pengajuan dalam pengurusan kartu BPJS Anda yang hilang.
  6. Anda hanya akan menunggu waktu 1 hari hingga kartu BPJS Anda yang baru sudah jadi.

Cara yang dilakukan pun juga cukup mudah dan simple, sehingga apabila memang kartu BPJS Anda hilang, maka segeralah melakukan tindakan, jangan menunda-nundanya terlalu lama, karena kartu tersebut merupakan kartu yang sangat penting dalam hal memberi jaminan masa depan serta kesehatan, dengan begitu tanpa adanya BPJS maka hidup Anda pun tidak akan merasa tenang.

Memiliki jaminan kesehatan tentu akan membuat hati sedikit lega, karena dengan adanya BPJS, maka jaminan kesehatan pun sudah pasti terjamin. Dengan begitu ketika kartu BPJS Anda hilang, maka Anda pun tidak perlu merasa khawatir lagi, karena masih ada jalan yang dapat untuk dilakukan dalam hal mengurusnya, karena kartu BPJS yang hilang dapat untuk diganti dengan kartu BPJS yang baru yang dapat untuk Anda urus di kantor BPJS yang ada di dekat Anda.

Cara mengurus BPJS yang hilang pun tidak akan membuat diri Anda repot, oleh sebab itu janganlah menunda-nunda untuk segera melapor kehilangan dan segera melapornya, Karena jika Anda terlalu menunda hal tersebut, maka ketika Anda membutuhkan kartu tersebut maka Anda sendirilah yang akan merasa repot. Sedangkan dalam hal mengurus kartu BPJS pun juga akan membutuhkan waktu, terlebih lagi bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, tentu harus meluangkan waktu untuk pergi ke kantor BPJS demi mendapatkan kartu yang baru. Dengan begitu jika kartu BPJS Anda hilang atau lupa menaruhnya, dapat untuk Anda urus demi mendapatkan jaminan kesehatan yang layak.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.