BPJS kesehatan surabaya

BPJS kesehatan merupakan institusi bentukan pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Indonesia yang menjadi anggotanya. Bagi Anda masyarakat Surabaya, untuk memiliki layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, masyarakat harus terlebih dahulu mendaftar dengan memilih tarif keanggotaan yang terbagi menjadi 3 kelas. Dengan menjadi anggota BPJS kesehatan dan membayar iuran rutin tiap bulannya, Anda sudah bisa mendapatkan jaminan kesehatan dengan cara pengobatan gratis di berbagai tempat layanan kesehatan di Indonesia termasuk Surabaya. Ingin memiliki jaminan kesehatan untuk diri dan keluarga, segeralah datang ke BPJS kesehatan Surabaya dengan membawa persyaratan lengkap.

BPJS kesehatan cabang kota Surabaya memiliki beberapa alamat yang dapat disesuaikan dengan lokasi terdekat dari domisili Anda. Beberapa alamatnya yaitu:

  • Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.
  • Jl. Dharmahusada Indah No. 2 Surabaya.
  • Jl. Ruko Mega Galaxy Blok. 16A No. 12A Surabaya.

Jika Anda hendak mendaftarkan diri dan keluarga sebagai anggota BPJS kesehatan, Anda bisa memilih untuk datang ke kantor cabang terdekat.

Persyaratan yang perlu Anda bawa ketika mendaftar adalah:

  • Salinan identitas diri dan keluarga.
  • Kartu keluarga.
  • Foto diri.
  • Surat nikah.
  • Buku tabungan.
  • Uang sebagai biaya tarif pertama sesuai dengan pemilihan kelas.

Bawalah salinan sebanyak 2 lembar beserta dokumen aslinya jika nanti diperlukan.

Untuk mendaftar sebagai anggota BPJS kesehatan, jika Anda sudah berkeluarga atau Anda masih berada dalam satu kartu keluarga dengan orang tua, maka semua yang terdapat di kartu keluarga harus di daftarkan. Karenanya bawalah persyaratan yang diperlukan dari masing-masing anggota keluarga seperti foto dan ktpnya. Untuk buku tabungan, Anda bisa memberikan buku tabungan dari penjamin jika Anda mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan mandiri.

BPJS Kesehatan Surabaya juga menerima pendaftaran BPJS kesehatan untuk anggota yang berasal dari tenaga kerja. Perusahaan yang hendak mendaftarkan karyawannya bisa mengumpulkan data karyawan beserta foto dan salinan KTP untuk didaftarkan bersama-sama. Waktu untuk mendaftar tidak terlalu lama, namun ada jeda untuk pembayaran karena BPJS harus menerbitkan nomor virtual untuk nomor rekening pembayaran terlebih dahulu.

Sebagai warga kota Surabaya, Anda bisa memilih fasilitas kesehatan pertama dengan memilih dokter keluarga terdekat atau terpercaya maupun puskesmas terdekat sesuai dengan domisili. Untuk rujukan, Anda bisa mendaftarkan di rumah sakit terdekat. Meski begitu dalam keadaan gawat darurat, Anda bisa menggunakan kartu BPJS kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan lain bahkan di luar kota. Jika Anda membayar dengan rutin iuran BPJS kesehatan setiap bulannya, maka Anda tak perlu membayar biaya perawatan maupun obat ketika mengalami gangguan kesehatan. Untuk rawat inap, Anda akan di rawat di kelas yang sama dengan pemilihan kelas di awal pendaftaran atau naik kelas dengan membayarkan selisih biayanya sendiri.

Sebisa mungkin, daftarkanlah diri Anda beserta keluarga untuk menjadi anggota BPJS kesehatan agar mendapatkan jaminan kesehatan untuk perawatan dan pengobatan. Kesehatan adalah harta yang paling berharga sehingga mengupayakan kesehatan menjadi wajib dilakukan. Tak ada alasan untuk tidak mendaftarkan diri dan keluarga apalagi BPJS Kesehatan Surabaya terdapat di 3 titik lokasi sehingga jumlah antrian pendaftaran tak terlalu padat. Bayarlah iuran tepat waktu setiap bulannya untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dan bebas dari biaya denda. Dengan membayar iuran BPJS setiap bulannya meski Anda tidak sakit, maka Anda telah membantu banyak orang untuk mengupayakan kesehatan mereka.