BPJS jaminan pensiun

Menjadi karyawan dari perusahaan swasta kini tak perlu iri hati melihat karyawan pemerintahan. Pasalnya kini jaminan pensiunan atau hari tua juga bisa dirasakan oleh karyawan swasta. Hal ini bisa terjadi jika perusahaan Anda bekerja telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendaftarkan semua tenaga kerjanya sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan. Dengan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan berarti Anda telah memiliki hak BPJS jaminan pensiun yang bisa diambil di hari tua atau ketika Anda sudah tak bekerja lagi setelah selama 5 tahun menjadi anggota BPJS.

Lalu bagaimana cara menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan untuk mendapatkan jaminan hari tua? Pertama-tama pastilah Anda perlu menjadi pegawai atau tenaga kerja dari sebuah perusahaan yang berbadan hukum dan mau mendaftarkan Anda sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan di bawah nama perusahaan tersebut. Ketika melamar pekerjaan, tanyakan apakah fasilitas yang diberikan meliputi menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan dan juga BPJS kesehatan. Jika tidak, maka sebaiknya Anda mencari perusahaan lainnya karena saat ini seharusnya perusahaan berbadan hukum telah mengikuti peraturan untuk menjadi anggota perusahaan BPJS ketenagakerjaan.

Setelah Anda bekerja di perusahaan, maka secara kolektif perusahaan tersebut akan mendaftarkan nama Anda sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan. Ada beberapa perusahaan yang mendaftarkan karyawannya setelah karyawan tersebut lulus masa magang atau ada juga yang mendaftarkannya bahkan saat karyawan masih berstatus sebagai karyawan magang. Anda bisa bertanya langsung mengenai kebijakan perusahaan mengenai hal tersebut.

Setelah perusahaan akan mendaftarkan nama Anda sebagai anggota BPJS Jaminan pensiunAnda harus mengumpulkan salinan KTP beserta foto diri sebanyak 2 lembar. Setelah Anda terdaftar, Anda akan menerima kartu keanggotaan dan sistem tabungan hari tua dengan cara pemotongan gaji secara otomatis setiap bulannya. Tabungan hari tua akan dikumpulkan dari potongan gaji Anda ditambah kontribusi perusahaan sehingga Anda tak terlalu terbebani dengan adanya tabungan hari tua ini

Selain jaminan hari tua, ada beberapa program lain yang dimiliki BPJS ketenagakerjaan yang memberikan manfaat bagi para pekerja yang telah menjadi anggotanya. Manfaat tersebut antara lain:

  • BPJS ketenagakerjaan menjamin biaya perawatan apabila tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja dari saat berangkat kerja, bekerja di lokasi kerja hingga saat arah pulang ke rumah.
  • Jika tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja sehingga mengakibatkan cacat permanen dan kematian, maka BPJS ketenagakerjaan juga akan memberikan santunan pada keluarga karyawan.

Lalu bagaimana jika Anda keluar dari perusahaan tempat Anda didaftarkan sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan tersebut? Anda akan tetap menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan namun dana tabungan Anda tidak dibayarkan selama Anda menganggur. Atau jika Anda hendak membayar secara mandiri Anda bisa melakukannya dengan membayar langsung ke BPJS. Ketika Anda bekerja di perusahaan lain lagi, Anda tinggal meneruskan kembali pembayaran JHT dengan memasukkan data anggota BPJS ketenagakerjaan Anda di perusahaan yang baru.

Itulah tata cara menjadi anggota BPJS Jaminan Pensiun atau BPJS Ketenagakerjaan. Banyak manfaat yang akan didapatkan sehingga sebisa mungkin semua pekerja wajib menjadi anggotanya. Carilah dan bekerjalah di perusahaan yang telah memberikan keanggotaan BPJS sebagai fasilitas ketika bekerja agar Anda bisa bekerja dengan aman dan nyaman. Selain sebagai tenaga kerja perusahaan berbadan hukum, bagi yang bekerja di swasta atau koperasi juga bisa mendaftar sebagai anggota BPJS dengan jumlah anggota pendaftaran minimal 10 pekerja.