Yuk..,mari mulai rencanakan biaya pernikahan

Pernikahan adalah momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh kedua belah pihak yang saling mencintai. Tidak hanya menyatukan kedua insan tersebut,  melainkan juga menyatukan dua keluarga menjadi ikatan keluarga baru. Persiapan untuk menikah pun harus direncanakan dengan matang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Siapapun yang menikah, secara umum adalah sama dan banyak hal yang harus di lewati, baik dari prosesi pernikahan sampai kepada dana yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan masing masing .

Menikah adalah sebuah keputusan yang besar dalam hidup seseorang karena dengan menikah privasi pribadi kita akan terbuka untuk pasangan dan juga belajar untuk mengambil tanggung jawab lebih besar.

Tanggung jawab pertama dalam menapaki sebuah pernikahan adalah untuk mulai memikirkan seluk beluk tentang pernikahan seperti mas kawin,menyewa gedung pernikahan, catering,dekorasi dan masih banyak pernik pernik lain nya lagi.

Setiap orang dalam menyikapi persiapan pernikahan biasa nya akan sedikit bingung dan gugup, tapi kami mempunyai beberapa tips yang mungkin berguna dalam mempersiapkan segala hal tentang pernikahan.

1.Menentukan penanggung jawab biaya pernikahan

rencanakan biaya pernikahan

Bagi kita orang timur, pernikahan adalah menyatukan kedua belah pihak keluarga, sehingga sangat perlu sekali untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan keluarga tentang biaya pernikahan.

Apakah biaya pernikahan nya kan di tanggung satu pihak atau kedua belah pihak,detailnya termasuk pada pembagian tugas ,prosentase biaya patungan,seberapa besar pernikahan dan jumlah yang mau di undang

2.Tidak ada salah nya untuk menabung mulai dari sekarang

rencanakan biaya pernikahan

Berjuang bersama mengumpulkan dana untuk pernikahan adalah merupakan solusi bersama dalam menghadapi dana pernikahan, mungkin bisa menyisihkan 5-10% dari penghasilan untuk menabung atau juga menabung dalam bentuk logam mulia.

Rancanglah tujuan bersama dalam menyiapkan dana pernikahan,anda berdua bisa menyiapkan secara mencicil semua kebutuhan pernikahan nya sehingga tidak merasa berat dalam mempersiapkan biaya pernikahan

Harus selalu di pastikan bahwa dalam mempersiapkan pernikahan hendak nya mengukur kemampuan diri dalam hal finansial, karena syah nya anda sebagai suami istri lebih penting daripada meriah nya pernikahan anda

3.Hemat dalam pengeluaran pernikahan

rencanakan biaya pernikahan

Ada beberapa pengeluaran yang bisa anda kurangi dan akan banyak membawa efek dalam hal finansial, seperti gedung pernikahan.

Pernikahan bisa diadakan di rumah saja selain lebih hemat juga terkesan lebih hangat personal bersama keluarga

Kemudian gabungkan acara prosesi pernikahan seperti akad nikah dan resepsi atau ngunduh mantu , hindari mengadakan dua resepsi berbeda baik dari pihak perempuan atau pihak laki laki.Hal seperti ini bisa menghemat budget untuk cetak undangan dan biaya catering

Lebih selektif dalam memilih undangan , cukup keluarga dekat dan teman dekat saja tidak perlu mengundang semua kenalan anda,gunakan lah sarana media sosial dan email untuk mengundang teman dan kerabat anda

Sewalah peralatan untuk menikah, seperti baju pengantin karena untuk baju pengantin ini anda hanya menggunakan nya untuk satu kali saja sehingga anda tidak mubazir dalam membelanjakan uang.Jika anda mau membeli hendak nya dipastikan bahwa barang anda beli tersebut bisa anda pakai lagi di kemudian hari.

Mintalah bantuan kepada teman atau tetangga yang mempunyai kemampuan dalam bidang fotografi,dekorasi ,cetak undangan atau rias pengantin daripada kita menyewa jasa professional yang memasang harga mahal.