3 Inspirasi Usaha Modal Kecil Kekinian

Bagi mereka yang senang berada di zona nyaman, memiliki penghasilan bulanan yang tetap merupakan area bermain yang tepat. Namun bagi tipe orang sebaliknya, kepuasan tak pernah bisa didapatkan dengan rasa aman yang ditimbulkan dalam kegiatannya sehari-hari. Alhasil, banyak yang memilih untuk terjun ke dunia bisnis lantaran memiliki tantangan yang lebih memikat.

Namun terjun ke dunia bisnis bukanlah merupakan sesuatu yang mudah dilakukan apalagi jika kamu tidak memiliki cukup modal dalam membangunnya. Solusi yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya adalah dengan membangun sebuah usaha modal kecil. Kira-kira apa saja sih jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal yang minim? Berikut ulasannya!

Bisnis Makanan & Minuman Ringan

Makanan dan minuman merupakan bisnis yang tak akan pernah mati dilekang oleh waktu. Sebab selama manusia hidup mereka pasti membutuhkan makanan  untuk keberlangsungan hidupnya. Tak perlu muluk-muluk untuk membuka bisnis kuliner unik yang berbeda dari yang lain, sebab usaha tersebut tentunya akan membutuhkan modal yang cukup besar. Lalu bagaimana menyiasatinya? Ya, kamu bisa tetap berbisnis dalam bidang kuliner namun perkecil saja skalanya, menjual makanan dan minuman ringan contohnya.

Modal yang dibutuhkan untuk tipe bisnis ini sangat kecil, kamu tak perlu mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah untuk memulainya. Cukup dengan bekal Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu saja, kamu sudah bisa memulai bisnismu sendiri. Untuk makanan ringan, kamu bisa membelinya secara grosir di agen yang menjual makanan ringan lalu buatkan kemasan tersendiri yang unik agar berbeda dengan yang lainnya. Selain itu untuk minuman ringan, kamu juga bisa menjual jus buah segar menggunakan blender milik pribadi. Buah-buahan pun bisa kamu dapatkan dengan harga murah jika membelinya di pasar tradisional.

Bisnis Fashion

Hampir serupa dengan bisnis kuliner, fashion merupakan lahan bisnis yang memiliki banyak peminat dan tak akan pernah habis dimakan jaman sebab semua orang membutuhkan pakaian untuk beraktivitas sehari-hari. Pilihlah salah satu jenis item fashion yang paling kamu minati, cari pemasok yang bisa memberikanmu harga grosir yang terjangkau sehingga harga jual kembali kemudian tak akan terlalu tinggi melampaui harga pasaran. Jika modalmu masih kurang untuk pengadaan item fashion yang kamu hendaki, kamu bisa juga menjualnya dengan sistem dropship. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari supplier yang bisa menerima pemesanan dropship. Hal ini akan memudahkanmu dalam berjualan, kamu hanya perlu mengiklankannya melalui internet, online market place dan media sosial. Lalu ketika ada pemesanan, supplier akan mengirimkan barang tersebut ke pembeli atas nama toko online-mu. Mudah bukan?

Bisnis Cuci, Repaint & Lukis Sepatu

Banyak orang yang tak memiliki waktu untuk mencuci sepatunya sendiri rupanya bisa menjadi peluang usaha modal kecil bagi mereka yang jeli. Modal yang diperlukan pun sangat kecil, kamu hanya membutuhkan sikat, cairan pembersih dan keperluan lainnya. Selain itu jika kamu termasuk orang yang kreatif, kamu juga bisa mengintegrasikan bisnis cuci sepatu dengan bisnis pengecatan kembali dan lukis sepatu yang sedang tren di kalangan anak muda. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa banyak orang yang enggan memakai sepatunya yang masih berfungsi dengan baik hanya karena warnanya sudah tak secerah dahulu. Dengan melakukan pengecatan kembali, mereka bahkan bisa mengubah warna sepatunya jika sudah bosan dengan warna yang lama. Selain itu sepatu juga dikreasikan dengan berbagai gambar sesuai keinginan konsumen sebagai variasi.

Demikianlah 3 tipe usaha modal kecil kekinian yang bisa dijadikan inspirasi bisnis bagi kalian yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu pengembangan bisnismu ke depan. Semoga berhasil!