Fungsi dan Tugas 3 Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Di dalam perusahaan atau kantor mempunyai banyak bidang yang membuat kantor tersebut terus bergerak dan berkembang. Semua bidang di dalam kantor mempunyai rincian tugas masing-masing yang disesuaikan dengan kemampuan atau skill yang dimiliki pegawai dalam bidang tersebut. Misalnya ada bagian manajemen, bagian perencanaan, bagian perekrutan, bagian pantry, dan masih banyak hal lainnya. Semua bidang di kantor tersebut mempunyai job desk yang penting dan saling membantu seperti tugas 3 manajemen keuangan akan dapat berlangsung dengan baik apabila bidang lain juga turut mendukung tugas dari manajemen keuangan tersebut.

Manajemen keuangan sendiri seperti namanya merupakan tugas yang berfungsi untuk mengatur keuangan dalam kantor agar bisa mendapatkan laba yang diinginkan. Adapun berbagai aktivitas yang dilakukan oleh menajemen keuangan ini adalah sebagai berikut:

  • Perencanaan keuangan dimana tugas manajemen keuangan adalah untuk membuat perencanaan keuangan dalam perusahaan. Perencanaan yang dibuat dengan matang tersebut dapat membantu kantor untuk melakukan kegiatan secara efektif untuk beberapa waktu kedepan.
  • Penganggaran merupakan aktivitas yang dilakukan oleh manajemen keuangan. Hal tersebut karena manajemen keuangan bertanggung jawab untuk mendistribusikan, mengatur, membagikan laba, membuat laporan dan masih banyak lagi lainnya yang berhubung dengan keuangan yang ada dalam kantor.

Tugas 3 manajemen keuangan dibagi menjadi tugas pokok dan juga tugas harian yang dilakukan oleh seorang manajer keuangan. Untuk tugas pokok yang dilakukan adalah:

  • Bisa untuk mendapatkan dana perusahaan yang akan diaturnya dengan matang. Hal tersebut merupakan fungsi dari manajer keuangan dalam perusahaan yang akan menerima dana perusahaan sebagai salah satu tugas yang didapatkan.
  • Menggunakan dana perusahaan merupakan tugas pokok yang harus dilakukan oleh manajer keuangan. Dimana ia akan mendistribusikan uang tersebut, membagikan kepada divisi atau bidang dalam kantor lain sesuai perencanaan yang telah ia buat sebelumnya.
  • Membagi keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dalam jenjang waktu tertentu. Insentif atau bonus bisa dibagikan dengan merata di kantor untuk karyawan atau orang yang telah dianggap memberikan keuntungan dalam kantor.

Sedangkan untuk tugas manajemen keuangan yang dilakukan sehari-hari tentunya mengontrol pengendalian atau keluar masuknya uang di dalam perusahaan. Ia harus bisa untuk mengelola uang perusahaan dengan baik dan juga bisa mengelola secara maksimal agar perusahaan tidak mendapatkan kerugian. Dimana manajemen keuangan ini juga bertanggung jawab untuk aliran keuangan yang ada dalam masyarakat dan memastikannya sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Pengaturan uang yang baik akan membuat kantor menjadi berkembang dan begitu juga sebaliknya apabila kantor mempunyai manajer keuangan yang buruk maka kantor tidak akan mempunyai kontrol uang yang baik. Adapun beberapa fungsi dari tugas 3 manajemen keuangan dalam perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Membuat rencana keuangan

Adalah fungsi pertama dari manajer keuangan dalam perusahaan. Hal ini juga merupakan tanggung jawab atau tugas utama dari seorang manajer keuangan sehingga dapat untuk mengatur masuk dan keluarnya uang lebih terkontrol. Rencana pemasukan dan pengeluaran dana yang ada dalam kantor untuk kegiatan kantor harus direncanakan dengan matang selama periode waktu tertentu. Agar nantinya mendapatkan hasil yang berjalan dengan baik sesuai dengan rencana keuangan.

  • Penganggaran keuangan

Setelah membuat perencanaan keuangan, langkah kedua yang harus dilakukan oleh manajer keuangan adalah dengan membuat detail untuk pengeluaran dan pemasukan uang perusahaan tersebut. Hal ini harus dilakukan dengan teliti sehingga dapat untuk membuat penganggaran yang matang dan juga maksimal. Sebagai manajer keuangan agar dapat melakukan penganggaran yang tepat bisa untuk membuat detail yang memperhatikan rencana anggaran yang telah dilakukan periode waktu sebelumnya sehingga akan membuat penganggaran yang lebih efektif dan efisien.

  • Pengelolaan keuangan

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang manajer keuangan adalah pengelolaan keuangan kantor. Pengelolaan ini dilakukan oleh manajer dengan cara memaksimalkan pengeluaran dan pemasukan dana kantor yang diperoleh. Memaksimalkan dana yang bisa diterima atau yang akan keluar dari kantor adalah salah satu hal yang harus dilakukan dan sebuah tugas serta fungsi dari menajemen keuangan.

  • Pencarian uang untuk kantor

Seorang manajer keuangan harus mempunyai kemampuan untuk dapat mendapatkan dana segar untuk kantornya. Dimana dana tersebut dapat untuk menunjang berbagai kegiatan yang ada dalam kantor. Karena pekerjaan dan semua kegiatan dalam kantor akan dapat berjalan lancar apabila mempunyai dana yang dibutuhkan. Oleh karena itulah Anda diharapkan dapat untuk dapat mencari pemasukan untuk keuangan dana kantor. Serta dapat memaksimalkan pemasukan tersebut dengan berbagai cara. Dimana pemasukan tersebut bisa untuk mengeksploitasi dari sumber dana yang digunakan untuk kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan.

  • Penyimpanan uang

Salah satu fungsi dan tugas 3 manajemen keuangan yang pokok juga harus bisa untuk menyimpan dana perusahaan dengan baik. Karena dana yang di tangannya tersebut digunakan untuk kepentingan perusahaan sehingga harus disimpan dengan baik. Dana perusahaan tersebut harus dijamin keamanannya seperti dengan menyimpan dana di bank atau badan yang telah bekerjasama dengan lembaga. Selain itu dana kantor juga bisa disimpan dalam brankas yang dimana kode untuk membukanya hanya diketahui oleh beberapa orang perusahaan saja. Sehingga akan diharapkan tetap aman untuk dapat menyimpan dana tersebut. Apabila manajer tidak bisa untuk melakukan penyimpanan dana dengan baik, akan berdampak juga pada seluruh kegiatan di kantor yang tergantung dari dana tersebut sehingga manajer kantor tentu saja harus bertanggung jawa secara panah.

  • Pengendalian keuangan

Melakukan evaluasi dan pengendalian adalah tugas dan fungsi dari seorang manajer keuangan dalam kantor. Hal tersebut dilakukan agar dapat memaksimalkan pengeluaran dan juga pemasukan keuangan. Akan tetapi hal tersebut difokuskan pada pengeluaran sehingga akan dapat menghemat dana kantor yang digunakan. Fungsi pengendalian ini akan dapat untuk mengembangkan dan memperbaiki keuangan perusahaan apabila dapat dikendalikan dan dikelola dengan baik oleh manajer perusahaan.

  • Pemeriksaan keuangan

Dan untuk fungsi terakhir dari manajer keuangan tersebut adalah dapat untuk melakukan audit mengenai pengeluaran yang telah dilakukan oleh kantor. Manajer keuangan harus teliti dalam melakukan audit internal perusahaan sendiri. Sehingga diharapkan pengeluaran yang dilakukan oleh kantor memang bersih dan terbebas dari berbagai kemungkinan penyimpangan yang dilakukan oleh bidang di kantor.

Itulah fungsi dan juga tugas 3 manajemen keuangan yang ada dalam perusahaan. Diharapkan tugas tersebut dapat untuk membantu perusahaan mengelola kantor terutama untuk keuangan dengan lebih baik. Sehingga nantinya dapat untuk memajukan dan juga mengembangkan kantor ke arah yang lebih baik. Manajer keuangan bertanggung jawab penuh mengenai keuangan dalam kantor dalam fungsi perencanaan anggaran, pengelolaan, pemakaian, pendistribusian, hingga juga pengawasan yang harus dilakukan. Dimana ia juga bertanggung jawab untuk melakukan pembukuan segala pengeluaran dan juga pemasukan dalam perusahaan.

manajemen keuangan tradisional