TIPS MEMULAI BISNIS WARALABA DENGAN MODAL KECIL

Bisnis waralaba atau yang biasa disebut dengan franchise banyak kita jumpai di sekitar kita. Terbukti dengan banyaknya kios-kios kecil yang tersebar di berbagai tempat di kota tempat kita tinggal. Franchise yang ada bukan lagi menawarkan produk-produk besar yang berasal dari luar negeri. Saat ini banyak juga masyarakat kita yang memulai bisnis ini dengan membuka lapak-lapak kecil yang tersebar di berbagai tempat, mulai dari yang menawarkan makanan kecil sampai berbagai macam jenis minuman. Bagi sebagian kalangan yang sudah mempelajari bisnis waralaba, hal ini bukan hal yang sulit untuk dijalankan. Dengan ketekunan setiap bisnis pasti bisa dijalankan dengan baik, termasuk bisnis waralaba ini. Terlebih lagi bisnis  waralaba bisa dimulain dengan menggunakan modal yang kecil, jadi siapapun yang memang memiliki niat untuk memulai bisnis bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Kesempatan bisnis dengan modal kecil memang menjadi harapan bagi para calon pebisnis. Karena fakta di lapangan membuktikan bahwa banyak calon pebisnis yang enggan memulai bisnis karena permasalahan modal. Mereka ragu untuk meminjam modal dalam jumlah besar karena takut nanti mengalami kerugian dan tidak mampu balik modal. Namun, setelah melihat pebisnis lain yang sukses mengusung bisnis waralaba, para calon pebisnis pun mulai berani mengambil langkah untuk memulai bisnis tersebut. Namun yang perlu diketahui adalah bisnis waralaba tidak dimulai dengan modal nekat saja, namun diperlukan kiat-kiat khusus agar nanti bisnis tersebut tidak berhenti di tengah jalan. Karena itulah dalam artikel ini akan dibahas tips memulai bisnis waralaba dengan modal kecil. Berikut ulasannya:

Kenali bisnis waralaba yang dipilih

Sebagai calon pebisnis yang ingin menjalankan bisnis waralaba, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali serta mempelajari bisnis waralaba yang akan dijalankan. Pelajari usaha waralaba yang akan dipilih melalui berapa lama berjalannya bisnis tersebut. Semakin lama bisnis waralaba tersebut dijalankan, maka jaminan eksistensi dari waralaba tersebut bisa dipastikan bagus. Ketika waralaba mampu mempertahankan eksistensinya di tengah-tengah bisnis-bisnis waralaba yang lain, maka hal ini membuktikan bahwa waralaba tersebut layak untuk dijalankan dan tetap mampu membawa keuntungan. Namun, yang perlu diketahui eksistensi bisa bertahan lama karena pebisnis yang menjalankannya mampu mempertahankan keberadaannya.

Uji produk yang dijual dalam bisnis waralaba tersebut

Ketika kita sudah memilih waralaba yang ingin kita jalankan, maka yang kemudian harus dilakukan adalah uji produk. Jangan sampai waralaba pilihan kita memiliki produk yang kualitasnya pas-pasan. Kualitas menjadi hal yang penting disini, karena kualitaslah yang nantinya menentukan popularitas dari walaba tersebut. Produk yang memiliki kualitas bagus pasti akan lebih banyak menarik perhatian pelanggan. Maka dari itu sangat penting bagi anda yang ingin memulai bisnis ini untuk memastikan kualitas produk.

Melakukan promosi

Promosi menjadi cara untuk memperkenalkan produk yang akan kita jual dalam bisnis ini. Tentunya, bisnis waralaba yang ada saat ini tidak hanya waralaba yang anda pilih. Agar produk yang ingin anda jual bisa laku dalam pasar, maka lakukan promosi yang bagus. Dengan tersedianya sosial media di jaman yang serba maju ini, maka anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Perkenalkanlah produk anda melalui media-media tersebut. Semakin gencar promosi yang anda lakukan, maka semakin banyak orang yang mengenal produk yang anda jual.

Jangan batasi pilihan waralaba

Sebagai calon pebisnis, anda pasti ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari pengeluaran yang sekecil-kecilnya. Maka, banyak calon pebisnis yang terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan. Bisnis waralaba yang menawarkan harga terlalu murah pasti juga memiliki resiko yang besar. Karena itu, sebelum kita memilih waralaba dengan harga murah, alangkah baiknya dipelajari dulu resiko yang nantinya akan ditanggung. Begitu juga dengan waralaba yang menawarkan harga mahal yang dirasa pasti memiliki kualitas bagus dan nantinya akan membawa banyak keuntungan. Hal inipun belum bisa menjadi jaminan, oleh dari itu cari sebanyak-banyaknya referensi waralaba yang anda minati, kemudian pelajari. Jangan sampai membatasi pilihan-pilihan yang ada, karena sebelum kita mempelajari, kita belum tahu apakah bisnis tersebut baik dijalankan atau tidak.

Masih tertarik bukan untuk memulai bisnis waralaba? Tidak perlu modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Setiap keinginan pasti ada jalan, pelajari dan tekuni bisnis waralaba yang ingin anda jalankan. Selamat dan sukses.