Tips Bagi-bagi Angpao Lebaran agar Keuangan Tetap Terjaga

Kamu sudah mulai menemukan ada orang yang menukar uang baru? Nah itu tandanya sebentar lagi akan lebaran. Tapi bagaimana caranya agar bagi-bagi angpao tetap bisa dilakukan dan keuangan kita tetap terjaga?

Bagi-bagi angpao Lebaran sudah menjadi tradisi umum di Indonesia. Biasanya angpao Lebaran diberikan dari orang dewasa kepada saudara-saudara, meskipun yang diutamakan terkadang anak-anak duluan. Gak heran kalau besaran nominalnya pun bervariasi. Nah, bagaimana sih cara membagi-bagikan angpao yang tepat agar keuangan kamu tetap terjaga?

Pertama, tukar uang kamu menjadi baru lalu memasukannya ke dalam amplop angpao. Kamu mesti tau dulu nih siapa-siapa aja sih yang bakal kamu berikan. Buat daftarnya dan kalau kamu mau, kamu bisa juga tulis nama-namanya di amplop angpao tersebut.

Tujuannya bukan hanya untuk tahu jumlah uang yang akan kamu keluarkan, tetapi juga memudahkan kamu dalam pembagian angpao. Cara ini juga bisa mencegah kamu gak kelupaan kasih angpao apalagi kalau punya  saudara dan keponakan yang banyak.

Kedua, koordinasikan dengan istri atau suami siapa yang hendak memberi dan berapa nominal yang akan kamu berikan. Dari pihak suami maupun istri tentu memiliki beberapa keponakan dan saudara dekat, kamu bisa menyesuaikan berdasarkan usia dan kebutuhan mereka di usia tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga perlu bersikap rasional terhadap diri kamu sendiri. Namanya juga angpao, kamu tidak harus lho memberikan nominal yang besar karena pada dasarnya itu hanya sebagai tradisi dari Lebaran.

Ketiga, siapkan angpao cadangan. Kamu mungkin sudah menyiapkan angpao sesuai dengan jumlah saudara. Namun, kamu harus ingat bahwa di Lebaran kita akan sibuk wara-wiri ke saudara dan tetangga. Artinya, kemungkinan kamu bertemu saudara jauh akan semakin besar. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya menyiapkan angpao cadangan ya.