6 Kiat Sukses Bisnis Modal Kecil di Ranah Fashion

Berbisnis merupakan salah satu alternatif yang belakangan seringkali ditempuh oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan memiliki bisnis sendiri, Anda tak perlu menunggu penghasilan bulanan yang datang dari gaji. Siapapun dapat melakukannya, mulai dari mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga dan anak sekolah.

Peluang usaha amatlah terbuka lebar bagi mereka yang pintar menangkap peluang bisnis yang menghasilkan. Sangat banyak contoh ide bisnis yang bisa dijajal, referensi pun sangat banyak asal Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Salah satu model bisnis yang potensial hingga saat ini adalah ranah bisnis fashion. Hampir tak ada bulan yang dilewatkan oleh masyarakat tanpa membeli item fashion seperti baju, celana, sepatu dan aksesoris lainnya. Permintaan pasar sangat tinggi dan persaingan pun amat ketat.

Banyak sekali orang yang ingin menjajal peruntungannya di ranah bisnis ini, hanya saja banyak dari mereka yang mengurungkan niatnya lantaran terkendala dengan kurangnya modal usaha. Padahal bisnis fashion bisa dijalankan sebagai salah satu bisnis modal kecil. Berikut ulasannya!

Pilih Fashion Item yang Hendak Dijual

Saking banyaknya orang yang telah memiliki bisnis fashion membuat Anda yang baru ingin terjun harus mencari celah peluang yang berbeda dari yang lainnya. Namun sebelum itu, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis item fashion apakah yang hendak dijual ke pasaran? Usahakan memilih item fashion yang sesuai dengan minat Anda. Entah pakaian tidur, pakaian olahraga, ataupun pakaian pesta. Tapi jangan kesampingkan minat pasar yang ada, sebab jika Anda mengesampingkan hal tersebut maka tak akan ada yang berminat membeli apa yang hendak Anda jual kelak.

Pilih Brand Fashion Sendiri

Langkah selanjutnya yang harus Anda pikirkan yaitu memilih brand atau merk item fashion yang hendak Anda jual. Hal ini akan berkaitan dengan branding produk Anda agar dikenal oleh masyarakat luas. Dalam menentukan sebuah merk Anda harus mencari frasa yang unik dan tidak pasaran, sebab malu dong kalau ternyata brand Anda ada yang menyamai. Jika sudah memiliki brand sendiri daftarkanlah ke Hak Kekayaan Intelektual sehingga tak ada yang bisa mengklaim nama tersebut lagi.

Mulailah Mendesain Pakaian

Setelah itu, Anda dapat mendesain pakaian yang Anda inginkan. Tak perlu muluk-muluk mengambil kursus desain profesional untuk dapat mendesain sebuah pakaian. Banyak sekali contoh dan referensi yang dapat Anda jadikan inspirasi di internet. Boleh saja meniru tapi jangan meniru secara keseluruhan, sebab Anda malah memiliki resiko digugat secara hukum lantaran meniru karya orang lain.

Persiapkan Bahan-Bahan

Apabila urusan mendesain telah selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat item fashion yang Anda inginkan. Carilah kesemua bahan-bahan yang diperlukan di pusat-pusat perbelanjaan grosir, sehingga Anda bisa mendapatkan kesemua harganya dengan lebih murah.

Proses Penjahitan

Setelah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, Anda dapat langsung mencari tukang jahit yang sesuai dengan kualitas yang tentunya juga harus sepadan. Cari beberapa referensi tukang jahit untuk melakukan perbandingan harga yang sesuai dengan bujet. Jika kelak bisnis modal kecil ini telah berkembang, Anda dapat membeli mesin jahit dan mulai memiliki pegawai sendiri.

Mulailah Menjual

Terakhir jika pakaian telah selesai dijahit artinya Anda telah siap untuk menjual produk baru Anda. Kini Anda dapat mulai mempromosikannya dengan berbagai cara. Anda dapat menjualnya ke teman dan kerabat dengan metoda promosi dari mulut ke mulut, atau memasarkannya melalui internet di berbagai online market place dan media sosial.

Namun jika keenam langkah di atas masih terlalu berat dan terlalu memakan biaya, maka Anda bisa memilih metoda bisnis fashion dengan sistem dropship. Anda tak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk proses membeli bahan dan menjahit pakaian, Anda hanya perlu mencari supplier yang tepat dengan harga yang terjangkau untuk dijual kembali. Dengan demikian bisnis fashion bisa menjadi salah satu pilihan bisnis modal kecil yang bisa dijalankan oleh Anda semua. Selamat mencoba!