Sudah Mulai Berbelanja dan Jalan-Jalan di Mall? Cek Adaptasi Kebiasaan Barunya di Sini!

Sejak tanggal 15 Juni 2020 kemarin, beberapa mall sudah mulai dibuka dan beroperasi kembali. Walaupun masih banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja online, tidak sedikit masyarakat mulai pergi ke mall untuk berbelanja. Ditambah, sampai Bulan Juli ini banyak mall yang memberikan diskon atau potongan harga yang cukup menggiurkan. Nah, sebelum kamu berbelanja dan jalan-jalan di mall, pastikan kamu sudah mengetahui adaptasi kebiasaan baru di mall seperti berikut :

1. Pengecekan Suhu

Kebiasaan baru yang mulai dijalankan adalah pengecekan suhu bagi setiap pengunjung di beberapa titik seperti di pintu masuk/lobi dan pintu masuk store. Jadi, sebelum pergi ke mall, pastikan kamu dalam kondisi sehat ya. Selain tidak diperbolehkan untuk masuk ke mall, kondisi badan yang sakit lebih mudah tertular virus atau bakteri dari orang lain karena imunitas tubuh kamu dalam kondisi kurang baik.

2. Cuci Tangan / Menggunakan Hand Sanitizer

Adapatasi baru yang diterapkan adalah anjuran kewajiban menggunakan hand sanitizer bagi setiap pengunjung setelah dicek suhu badannya.

3. Mengenakan Masker

Setiap pengunjung mall dan karyawan harus mengenakan masker saat memasuki mall. Bagi pengunjung yang melepaskan masker saat new normal, siap-siap untuk ditegur oleh Satpam yang bertugas ya. Jadi, jangan coba-coba untuk melanggar ya!

4. Siapkan Pembayaran Non-Tunai

Adaptasi yang sudah serentak diterapkan adalah penggunaan sistem pembayaran non-tunai. Untuk menghindari bersentuhan dan menjadi media perantara penyebaran virus antara kasir dan pembeli, penggunaan kartu debit atau uang elektronik jadi prioritas.

5. Menjaga Jarak dan Hindari Kerumunan

Jaga jarak, menjadi aturan yang wajib dipatuhi di tempat ataupun fasilitas umum. Jarak minimal antara kamu dan pengunjung lain adalah 1 meter. Di tiap mall juga telah diberi marka atau pemberian tanda untuk antre saat berkunjung ke store di mall. Jadi tetap berdiri di marka yang telah ditentukan ya!

6. Duduk di Tempat Yang Sudah Ditentukan

Bukan hanya saat berdiri, beberapa tempat makan dan tempat santai di mall juga diberi marka atau pembatas dengan pemberian tanda silang. Artinya, kamu tidak boleh menduduki marka tersebut agar tetap berjarak dengan pengunjung yang lain demi memutus rantai penyebaran virus.

7. Ikuti Tanda One Way

Di mall juga mulai diberlakukan sistem one way pada jalan tertentu, gunanya untuk menjaga pengunjung agar tidak berkerumun di arah jalan tertentu. Jadi jangan acuh dengan tanda peringatan yang sudah ditempel ya!

8. Tidak Memencet Tombol Lift

Untuk mencegah penularan virus melalui media perantara seperti lift, beberapa mall telah menggunakan sensor untuk mempermudah pengunjung yang ingin naik atau turun ke lantai mall tanpa harus memencet lift.

Nah, itu dia beberapa adaptasi kebiasaan baru yang wajib kamu patuhi. Udah siap nge-mall lagi?

Sumber : Video Instagram @Kemenkes_RI