Sudah dapat THR ? ini cara mengatur nya agar cukup untuk Lebaran

Waktu lebaran tinggal beberapa hari lagi ,untuk para karyawan dua pekan menjelang lebaran biasa nya sudah mendapatkan THR ,untuk beberapa orang THR dianggap sebagai bonus yang biasa nya peruntukan nya gak jelas atau biasa di pakai untuk kebutuhan yang konsumtif dan alhasil pengeluaran setelah Lebaran menjadi berlipat.

Pada dasarnya THR adalah pemasukan di luar gaji yang peruntukannya untuk membiayai pengeluaran yang banyak menjelang tibanya Idul Fitri yang biasa nya harga harga kebutuhan melonjak naik di banding hari  biasa.

Lalu bagai mana cara untuk dengan bijak membelanjakan THR yang di dapat sehingga manfaat nya lebih maksimal.

1.Gunakan THR untuk membayar kewajiban terlebih dahulu

bayar zakat

Sebaik nya penggunanaan THR pertama hendak nya di gunakan untuk membayar pengeluaran yang sifat nya urgent terlebih dahulu  seperti bayar hutang, bayar pajak kendaraan  ,zakat fitrah dan berbagai macam bentuk pengeluaran wajib lainnya.

Efek nya memang kita tidak bisa belanja kebutuhan lebaran lebih banyak tetapi hal itu lebih bagus untuk kondisi keuangan keluarga kita dengan mengecilkan berbagai utang, tetapi efek lainnya keadaan keuangan keluarga menjadi lebih sehat.

2.Buatlah rencana pengeluaran lebaran

rencana pengeluaran

Untuk lebih mempermudah pengaturan keuangan buatlah rencanan pengeluaran selama liburan  lebaran, di saran kan untuk menjauh kan dari pengeluaran yang bersifat konsumtif , berbelanja lah dengan bijak, bedakan antara kebutuhan dan keinginan karena seperti sifat dasar manusia yang sedang pinya uang  selalu ingin membeli apa yang di inginkan bukan yang di perlukan atau di butuhkan.

Bila perlu sebelum belanja anda bisa membuat daftar kebutuhan yang harus di beli sehingga ketika anda sudah menginjakkan kaki di supermarket atau di toko anda bisa fokus belanja terhadap barang barang kebutuhan yang sudah ada dalam list.

3.Maksimal kan uang THR dengan berinvestasi

Close-up of Gold Bars

Menurut sebuah perhitungan keuangan ,kita harus bisa mengelola uang THR seperti mengelola gaji bulanan, dengan asumsi THR di kurangi 30% hutang dan dikurangi 10% investasi minimal, sehingga THR yang bisa di gunakan sekitar 60%.

Uang THR ini adalah sebuah kesempatan untuk mempercepat investasi dan mempersiapkan masa depan, alokasi investasi bisa di lakukan ke dalam berbagai pos, seperti emas, reksadana, atau pun deposito.

Tips di atas adalah salah satu dari berbagai macam tips yang bisa di coba untuk di aplikasi kan,semuanya bisa tergantung ke dalam berbagai situasi dan kondisi keadaan keuangan keluarga masing masing, karena hanya keluarga itu sendiri yang mengetahui kebutuhannya