Sudah Dapat THR? Ini 3 Cara Atur Alokasi Dananya

THR biasanya diberikan perusahaan ke karyawan 1-2 minggu sebelum Lebaran. Tujuannya sih baik, agar kita bisa bersiap-siap sisihkan dana untuk sambut Hari Raya. Namun, sering terjadi, karena kalap belanja Lebaran, ada banyak pos dana yang belum tertutupi. Akhirnya kita terpaksa pakai dana darurat. Jika tak mau hal itu terjadi, 3 cara ini bisa jadi gambaran agar kamu lebih bijak mengatur alokasi dana THR.

1. Anggarkan untuk zakat

Selain digunakan untuk belanja kebutuhan Lebaran, THR juga bisa dimanfaatkan untuk pos anggaran zakat fitrah. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga, artinya ada beberapa zakat fitrah yang harus dibayar. Jika dana THR masih mencukupi, tak ada salahnya juga menyisihkan untuk berinfak dan sedekah di masjid.

2. Bijak berburu promo Lebaran

Momen Lebaran seringkali menjadi momen konsumtif. Maklum, pada momem ini ada begitu banyak promo di mana-mana. Mulai dari promo kebutuhan rumah tangga, pakaian, gadget, hingga mobil. Apalagi sekarang banyak e-commerce dan dompet digital yang ramai-ramai menawarkan promo cashback sambut Lebaran.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menganggarkan berapa dana yang akan digunakan untuk belanja kebutuhan Lebaran. Buat daftar prioritas barang-barang yang wajib dibeli, misalnya ketupat, daging, dan kue kering. Lalu buat daftar barang yang sifatnya opsional, seperti baju baru, sepatu baru, atau baju muslim baru.

3. Bayar cicilan

Kamu tentu punya cicilan yang wajib dibayar setiap bulan, kan? Nah, cicilan ini biasanya sudah kamu atur di bagian pengeluaran pos bulanan. Jika dana THR kamu masih ada sisa, bisa juga digunakan untuk membayar cicilan bulanan. Lalu bagaimana dengan dana untuk membayar cicilan yang biasa diambil dari gaji? Nah, kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk dimasukkan tabungan atau investasi.

THR memang pemasukan dana rutin yang diterima setahun sekali. Namun, bukan berarti kamu jadi orang yang konsumtif setiap dapat THR, kan? Jika cermat, siapa tahu alokasi dana dari THR kamu bisa jadi dana investasi untuk masa depan.