3 Strategi Digital Marketing Ini Bisa Tangkap Peluang Bisnis Online

Berkembangnya teknologi telah membuka peluang bisnis online menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Meski terlihat sebagai sebuah peluang yang mudah dijalankan, bisnis online memiliki teknik tersendiri dalam implementasinya.

Pemasaran digital merupakan salah satu teknik yang bisa dimanfaatkan seseorang yang terjun pada ranah bisnis online. Dengan teknik ini, seorang pebisnis online akan dapat mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi. Selain mampu menentukan strategi yang tepat untuk menjaring pelanggan, pemasaran digital juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan angka konversi pelanggan ketika melakukan analisa dan review di akhir bulan. Berikut beberapa alat pemasaran digital yang bisa kamu gunakan untuk maksimalkan peluang bisnis online yang hendak kamu jalani.

Email Subscriber

Email ternyata tak hanya dapat dijadikan sebagai sarana korespondensi pribadi atau profesional, email juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi yang sesuai untuk pengembangan bisnis onlinemu. Buatlah subscriber pop up pada toko online-mu agar pelanggan dapat mendaftarkan alamat email untuk mengetahui promosi dan berita terkini dari bisnis online yang kamu miliki. Jika mereka sudah mau mendaftarkan diri, maka kamu telah memegang modal yang cukup bernilai untuk kemajuan bisnis online-mu. Ikat mereka dengan cara memberikan informasi bermanfaat melalui email yang bisa berupa tips dan trik dari industri yang kamu tekuni atau berita promosi terkini yang sedang dilaksanakan.

Content Marketing

Content marketing atau bisa juga disebut sebagai konten pemasaran dibuat untuk menyajikan informasi penting berkualitas tinggi yang dapat menjaring engagement dengan audiens sesuai target bisnismu. Dengan cara ini kamu akan bisa mengidentifikasi manakah tipe pelanggan yang akan menjadi pelanggan setia karena kamu dapat memberikan jawaban akan kebutuhan mereka. Hindari black campaign dengan mendeskriditkan produk kompetitor pada konten pemasaran, sebab kelak usahamu akan dicap sebagai usaha yang tak siap bersaing secara sehat.

Baca juga: 8 Macam Bisnis Online Gratis dan Terpercaya Tanpa Modal

Search Engine Marketing

Teknik pemasaran digital yang satu ini merupakan salah satu teknik promosi dengan mengandalkan mesin pencarian seperti Google. Hanya saja, untuk menggunakan teknik pemasaran digital ini kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena teknik ini bukan merupakan teknik yang gratis. Untuk menggunakan metode PPC (Pay per Clik) saja kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar pihak advertiser. Meski demikian, kamu juga tak bisa sembarangan mendistribusikan modal untuk melakukan hal ini. Sebab kamu harus terlebih dahulu melakukan riset akan minat pasar dan target pasar untuk menentukan advertiser manakah yang cocok untuk model teknik ini.

Menggunakan Media Sosial

Media sosial sebetulnya bukan merupakan platform yang tepat untuk berjualan, namun dengan media sosial kamu bisa terkoneksi dengan potensi pasar yang telah ditargetkan sebelumnya. Promo yang disebar melalui media sosial akan membuat bisnis onlinemu lebih dikenal masyarakat luas. Hal ini nantinya akan mendorong traffic ke toko online-mu. Selain itu, media sosial juga merupakan wadah yang tepat untuk mempromosikan berbagai jenis konten teks dan visual agar mereka lebih tertarik untuk mengunjungi toko online-mu.

Kesuksesan dalam menangkap peluang bisnis online tentunya dapat diraih jika kamu mampu menentukan strategi marketing yang tepat dan efektif. Setiap bisnis online juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga tak bisa dijadikan rumus yang pasti keberhasilan strategi yang diterapkan oleh satu bisnis online akan juga mendulang keberhasilan bisnis online yang lain. Namun lebih daripada itu, sesuaikanlah teknik dan strategi marketing yang ada dengan bujet yang dimiliki agar menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk promosi.