PSBB Ketat Diberlakukan Kembali, Ini Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Selama di Rumah Aja

Sejak senin pekan lalu, Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk menarik rem darurat pencegahan COVID-19 dengan cara memberlakukan kembali PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ketat. Penetapan PSBB DKI Jakarta diberlakukan karena adanya peningkatan kasus positif COVID-19 yang berasal dari beberapa klaster termasuk klaster perkantoran.

Aturan Yang Diberlakukan
Untuk membantu pelaksanaan PSBB ketat di Jakarta, Pemerintah mengeluarkan beberapa aturan yang wajib dipatuhi sebagai berikut :

  1. Penutupan Tempat Ibadah
    Seluruh tempat ibadah yang berada di zona merah akan ditutup. Sedangkan, tempat ibadah yang berada di pemukiman boleh dibuka dengan penyesuaian kapasitas 50% dan wajib menaati protokol kesehatan.
  2. Penutupan Tempat Hiburan
    Seluruh tempat hiburan seperti tempat rekreasi, sarana olahraga, taman kota, dan RPTRA wajib ditutup selama PSBB ketat Jakarta diberlakukan.
  3. Memperbolehkan 11 Sektor Usaha
    Adapun 11 sektor usaha yang beroperasi dengan kapasitas 50% dari kapasitas normal seperti bidang kesehatan, bahan pangan, pelayanan dasar utilitas publik, logistik, konstruksi, komunikasi dan teknologi informasi, industri strategis, keuangan, perhotelan, industri objek vital serta kebutuhan sehari-hari, dan sektor energi.

Baca juga artikel : https://uangteman.com/blog/blog/mulai-kerja-di-kantor-ini-aturan-cegah-covid-19-di-era-new-normal/

  1. Penutupan Kegiatan Belajar Mengajar
    Sekolah dan instansi pendidikan ditutup dan melakukan mekanisme belajar mengajar selama di rumah.
  2. Layanan Pesan Antar / Dibawa Pulang
    Semua usaha makanan seperti tempat makan atau kafe tidak diperbolehkan untuk melayani pengunjung untuk dine-in atau makan di tempat. Pengunjung hanya boleh memesan makanan untuk dibawa pulang atau menggunakan jasa pesan antar atau ojek online sebagai pengantar.
  3. Kegiatan Publik Ditunda
    Seluruh kegiatan publik dan kegiatan kemasyarakatan yang diadakan wajib ditunda selama PSBB ketat, masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah dengan batas lima orang untuk berkumpul dan tidak boleh ada kerumuman sama sekali di lingkungan publik.
  4. Pembatasan Penumpang dan Perubahan Jam Operasional
    Untuk transporatasi publik seperti MRT, LRT, KRL, taksi, angkot, dan kapal penumpang akan dibatasi maksimal 50% dari kapasitas normal dengan jam operasional baru yang telah ditentukan. Untuk transportasi ojek online, pemerintah memperbolehkan mengangkut penumpang dan barang dengan catatan pengemudi maupun penumpang mematuhi protokol kesehatan.
  5. Meniadakan Ganjil-Genap
    Selama PSBB ketat, aturan ganjil dan genap sementara ditiadakan.
  6. Pernikahan Hanya Dapat Dilakukan di KUA atau Catatan Sipil
    Untuk calon pengantin yang akan melakukan pernikahan, hanya boleh dilakukan di KUA atau catatan sipil tanpa ada perayaan atau pesta yang mengundang kerumunan.

PSBB DKI Jakarta rencananya bisa diperpanjang hingga 11 Oktober 2020 jika kasus positif semakin melonjak. Nah untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakuin untuk menghilangkan rasa bosan dan ketidakproduktifan selama masa PSBB.

1. Baca buku atau menonton film
Selain menambah pengetahuan, membaca buku bisa merefresh pikiran kamu lho Teman. Untuk mengisi waktu agar tidak bosan, kamu juga bisa menonton list film yang belum sempat ditonton.

Baca juga artikel https://uangteman.com/blog/blog/serba-serbi-disney-hotstar-cara-menonton-berlangganan-dan-bocoran-film-gratisannya/

2.WFH alias workout from home
Buat yang biasa nge-gym dan olahraga di luar, kamu bisa berolahraga dari rumah melalui kanal Youtube untuk melihat referensi atau mengikuti kelas olahraga secara online.

3.Main game bersama keluarga
Dengan adanya PSBB ketat ini, kamu juga memiliki waktu luang lebih banyak bersama keluarga. Salah satu cara quality timenya bisa kamu lakuin dengan cara main game.

4.Budidaya tanaman
Untuk menghilangkan rasa bosan dan stres, kamu bisa memulai untuk berkebun. Dengan melihat sesuatu yang hijau bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, berkebun juga baik untuk lingkungan dan kesehatan.

5. Ikut webinar
Untuk menghindari ketidakproduktifan selama PSBB, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menambah wawasan dan soft skill dengan mengikuti webinar. Webinar ini juga banyak yang gratis lho.

6.Memulai usaha online
Daripada bosan di rumah, yuk coba peluang mencari cuan dengan memulai usaha online. Selain mendapatkan tambahan penghasilan, kamu juga bisa belajar cara berwirausaha. Intip inspirasi usaha online di sini https://uangteman.com/blog/blog/ide-bisnis-yang-terinspirasi-dari-sosok-bu-tedjo/

Baca juga artikel :
https://uangteman.com/blog/blog/3-ide-usaha-gorengan-kekinian-modal-rp-3-jutaan/

Sumber :

  • cnbcindonesia.com
  • news.detik.com