Daftar Program Mudik Gratis yang Bisa Anda Ikuti

Ketika menjelang hari lebaran, tentu para warga masyarakat rantauan menyiapkan beberapa agenda, yaitu mengenai mudik. Tentu dengan adanya mudik gratis, para warga menyambutnya dengan senang karena dapat meringankan sedikit beban para warga rantauan yang ingin pulang kampung. Selain itu pemerintah juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang ada di jalan raya. Karena mudik tanpa macet itu tidaklah mungkin.

Para warga rantauan pun juga mengalami kebingungan mengenai sulitnya mendapatkan tiket untuk bisa pulang ke kampung halaman menjelang lebaran tahun 2017. Bahkan banyak diantara mereka yang rela berdesak-desakan dan berebut tiket demi bisa mudik. Melihat hal tersebut, pemerintah pun berinisiatif dengan mempercepat pembangunan jalan serta memperbaiki jalan yang rusak dalam jalur mudik.

Pudji Hartanto Direktur Jenderal Perhubungan Darat, mengatakan bahwa pemerintah akan menggelar program mudik gratis di tahun 2017 ini sama dengan tahun-tahun lalu 2016. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi para masyarakat untuk mengurangi tingkat kecelakaan serta untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi menjelang hari lebaran.

Seperti pengalaman tahun lalu dalam menyelenggarakan mudik secara gratis, dan hal tersebut terlihat lebih efisien dalam mengurangi kemacetan di setiap jalur mudik. Dengan adanya mudik bersama tersebut, kenyamanan serta keselamatan pun akan lebih mudah di pantau oleh masyarakat setempat. Andaikan saja pemerintah menyediakan fasilitas mudik gratis tersebut lebih banyak lagi, tentu tidak ada para warga rantau yang bersepeda motor tidak akan membuat macet, sehingga tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Dalam program hal tersebut, kemungkinan pemerintah telah menyiapkan bus AC pariwisata dan motor milik orang tersebut akan dinaikkan truk dan dengan batas waktu 3 hingga 4 hari sebelum jadwal pemberangkatan perjalanan mudik. Dan dalam program ini pemerintah juga menggratiskan bagi pengangkutan motor bagi masyarakat yang ingin membawa sepeda motornya untuk arus balik nanti. Hal tersebut juga menggunakan jalur lain dalam mengangkat kendaraan menggunakan kapal Roro, hal ini dilakukan untuk mengurangi beban yang ada di darat, sehingga menggunakan jalur laut dengan menaikkan semua kendaraan pemudik dengan kapal Roro. Rute yang tuju yaitu rute Jakarta-Semarang. Dengan adanya rute tersebut, maka akan di sosialisasikan kepada para pengguna sepeda motor yang selama ini menggunakan truk. Akan ditambah dengan menggunakan kapal, sehingga para pemudik pun bisa melakukan perjalanan mudik secara aman dan nyaman, serta sedikit mengurangi lelah dan tingkat kecelakaan yang sering terjadi menjelang hari raya idul fitri tersebut.

Program mudik gratis ini merupakan solusi yang tepat yang sangat direspon para masyarakat rantau dengan baik. Dengan adanya hal tersebut maka sudah banyak sekali dari berbagai pihak yang ikut mengadakan program mudik tersebut. Beberapa program mudik secara gratis tersebut yaitu meliputi:

  • Jasa Raharja.

Proman ini merupakan mudik yang dilakukan secara gratis serta aman, nyaman dan hemat. program ini selalu diadakan oleh Jasa Raharja pada setiap tahun saat menjelang hari lebaran. Mudik ini di khususkan bagi para pemudik yang memiliki sepeda motor, hal ini dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadinya kemacetan yang berlebihan di sepanjang arus mudik. Program ini bisa dilakukan oleh seluruh warga masyarakat JABOTABEK yang ingin pulang kampung halaman di berbagai kota atau pulau secara gratis tanpa dipungut biaya.

  • Kemenhub.

Program ini adalah dari pemerintah Kementrian perhubungan yang dulunya disebut sebagai Departemen Perhubungan, dengan tujuan untuk mengendalikan para pengguna kendaraan dalam periode angkutan pada arus mudik menjelang hari lebaran demi menjamin kelancaran arus lalu lintas, serta menjamin keselamatan para pemudik, untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang sering terjadi. Program ini merupakan implementasi dan instruksi dari Presiden sesuai dengan No.3 Tahun 2004 mengenai koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu. Para pemudik akan dibawa ke kampung halaman dengan bus yang nyaman secara gratis tanpa di pungut biaya, tentu hal ini sangat lah mengurangi beban para masyarakat. Cara pendaftaran melalui program ini pun bisa dilakukan secara online maupun offline dengan 2 tahap. Tahap yang pertama yaitu, para calon pemudik mendapatkan fasilitas kemudahan dalam membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang yaitu 2 orang dewasa dan 1 orang anak. Sedangkan untuk tahap yang kedua adalah pendaftaran motor.

  • Telkom poin.

Program ini bernama Mudik Telkomsel Siaga. Anda bisa memilih moda transportasi bus. Kereta maupun pesawat. Untuk bisa mengikuti program ini, Anda dapat menukarkan poin dengan melalui SMS dengan cara ketik <KEYWORD> kirim ke 777 (terpotong 20 atau 200 poin).

  • Mudik secara gratis bersama NU. Program ini diselenggarakan atas adanya kerjasama antara LTMNU dengan Bank Mandiri , pegadaian syariah, serta dengan beberapa donatur yang tidak terikat. Pada program ini, bus akan melewati jalur pantura dan jalur selatan jawa tengah. Kota-kota yang dilewati jalur utara Jawa Tengah yaitu meliputi: Brebes, Rembang,Cirebon, Tegal, Pemalang, Kendal, Pekalongan, Jepara. Sedangkan yang dilewati jalur selatan Jawa Tengah yaitu: Purwokerto, Purworejo, kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga. Dan untuk jalur selatan meliputi: Tasikmalaya, Garut dan Banjar. bus juga melewati: Pacitan, Mojokerto, Malang, Lamongan, Situbondo, Surabaya, Bayuwangi, Jember, serta Bangkalan Madura. Mudik ini mulai dibuka pada tanggal 18 Juni dengan menyerahkan fotocopy KTP dan KK. Selain itu juga pada waktu penukaran formulir, calon peserta harus menyerahkan infaq minimal 10.000 dan bersedekah sesuai dengan kemampuan. Infaq dan sedekah tersebut akan diserahkan melalui LAZISNU yang dijadikan sebagai pembelajaran kepada para pemudik agar suka bersodaqoh. Para peserta bisa mendaftarkan diri di kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164, Jakarta.
  • Indomaret juga telah menyediakan 5.015 tiket bus, 600 tiket kereta api serta 200 tiket pesawat citilink yang bisa di peroleh para pelanggan Indomart yang berada di JABOTABEK. Wilayah Surabaya, Bandar Lampung, Malang, Bali telah disediakan tiket bus. Sementara wilayah Pontianak, Makassar dan Balikpapan telah disediakan tiket kapal laut.
  • Alfamart pun juga telah mengikuti program dalam pelaksanaan mudik secara gratis dengan menyediakan tiket kereta api lebaran, pesawat dari Jakarta untuk menuju beberapa kota yang ada di Jawa Tengah dan Jawa timur, serta bus.
  • Dalam program mudik ini pun juga diikuti oleh Trasmart Carefour dan Carefour, dengan menyediakan moda transportasi mobil innova, Alphard dan juga pesawat untuk mudik lebaran. Persyaratan yang di penuhi hanya mengumpulkan cap serta menukarkan dengan tiket.

Masih banyak program lainnya yang dapat meringankan beban para masyarakat rantau yang akan pergi mudik dengan adanya mudik gratis tersebut tentu sangatlah di terima baik oleh para masyarakat, sehingga hal ini sedikit mengurangi kepadatan arus mudik serta mengurangi tingkat kecelakaan yang sering terjadi. Pilihlah cara yang aman dan tepat, karena keluarga menanti Anda dirumah.