Pinjaman dan Kredit BRI Syariah

Sebagian dari Anda yang membutuhkan modal usaha mungkin merasa lebih nyaman jika mengajukan kredit pada bank Syariah. Selain lebih menentramkan. Kredit dari bank syariah biasanya memiliki format cicilan tetap dan jumlah bagi hasil yang lebih ringan. Salah satu bank syariah yang memberikan kredit atau pinjaman dana tunai adalah BRI Syariah.

Pinjaman dana tunai BRI Syariah dapat diajukan oleh individu ataupun badan usaha. Secara umum ada empat macam pinjaman tunai yang dapat masyarakat ajukan pada bank BRI Syariah; yaitu pembiayaan koperasi, pembiayaan Auto, pembiayaan SME (ketiganya termasuk dalam layanan Business Banking, SME & Linkage), serta pinjaman Mikro.

Pembiayaan koperasi merupakan layanan pinjaman tunai yang disalurkan melalui Koperasi Karyawan atau Koperasi Pegawai RI.

Koperasi yang hendak mengajukan kerja sama ini haruslah koperasi yang telah berbadan hukum dan memiliki pembukuan kas yang valid setidaknya dalam jangka waktu 2 tahun terakhir. Sementara bagi anggota koperasi yang hendak mengajukan pinjaman, setidaknya ia telah menjadi anggota koperasi tersebut selama satu tahun dan tanggal jatuh tempo yang diajukan adalah satu tahun sebelum pensiun atau berusia 54 tahun.

Jenis pinjaman yang kedua adalah pinjaman yang diberikan kepada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Dengan mekanisme ini hanya ditujukan untuk pinjaman otomotif. Mekanisme pinjaman ada dua macam yaitu diberikan kepada pengusaha otomotif atau perusahaan multi finance.

BPRS yang hendak mengajukan harus memiliki nilai NPF (nonperforming financing) dibawah 3% dengan tingkat kesehatan bank selama 3 tahun terakhir adalah SEHAT.

Bank BRI Syariah memiliki aneka skema pinjaman usaha yang sesuai kebutuhan Anda

Tentu saja pengurus, pemegang saham, serta BPRS itu sendiri juga tidak memiliki catatan sejarah kredit yang buruk.

Pinjaman usaha yang ketiga adalah pinjaman untuk UKM (SME/ Small Medium Enterprise) dengan plafon diatas Rp500 juta sampai Rp5 milyar. Syarat untuk mendapatkan pinjaman ini sangatlah mudah. Yang penting usaha yang dijalankan telah memiliki ijin usaha dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah, pemohon tidak masuk dalam Daftar Hitam Bank Indonesia, serta memiliki agunan yang sesuai dengan pinjaman yang diajukan.

Karena bank BRI Syariah juga merupakan salah satu bank penyalur kredit Usaha Rakyat, maka semua jenis usaha kecil yang belum bankable juga dapat mengajukan kredit pada bank ini. Sementara untuk syarat dan agunannya sesuai dengan KUR pada umumnya.

Itulah beberapa pinjaman tunai untuk modal usaha dari bank BRI Syariah. Semoga ulasan ini menambah referensi Anda untuk mendapatkan pinjaman tunai.

Pic.: tribunnews.com