Peran Penting Koperasi Syariah

Koperasi syariah berlandaskan atas dasar syariat Islam. Tujuan pendirian koperasi syariah tidak hanya untuk mensejahterakan para anggota koperasi, namun juga mengatur perekonomian koperasi yang berlandaskan pada ajaran prinsip Islam. Oleh karenanya, setiap kegiatan yang dilakukan oleh seluruh anggota koperasi berlandaskan pada syariat Islam, termasuk perannya dalam koperasi syariah itu sendiri. Lalu, seperti apa peran dari koperasi syariah? Simak peran penting koperasi syariah di bawah ini.

Peran Penting Koperasi Syariah

Peran Penting Koperasi Syariah (sumber gambar: keuangansyariah.mysharing.co)

Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi

Menyimak tujuan dari koperasi syariah untuk kesejahteraan anggota dan koperasi, maka perannya pun tidak jauh dari itu. Peran koperasi syariah adalah untuk mensejahterakan anggotanya melalui bidang sosial dan ekonomi. Caranya adalah dengan melakukan pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki. Dalam hal ini adalah para anggota koperasi yang terus dilatih dan dikembangkan agar memiliki banyak bekal dalam mengelola koperasi syariah yang berlandaskan Islam.

Memegang Teguh Amanah, Fathonah, dan Istiqomah Prinsip Islam

Peran koperasi syariah yang sesuai dengan prinsip Islam adalah memegang teguh amanah, fathonah, dan istiqomah. Dengan amanah, maka koperasi syariah menjalankan perintah sesuai dengan pesan yang diterima. Amanah yang berarti dapat dipercaya sehingga setiap tugas yang dibebankan kepada para anggota koperasi syariah akan dijalankan dengan semestinya. Dan ini berkaitan dengan fathonah, koperasi syariah menjalankan setiap tugasnya dengan profesional tanpa kecuali. Prinsip ekonomi Islam pada koperasi syariah juga memegang teguh kinerja yang istiqomah yaitu, menjalankan tugas dengan konsekuen dan siap menerima hasilnya sesuai dengan pekerjaan yang telah mereka lakukan. Jika dapat bekerja dengan baik, maka hasilnya juga akan baik.

Menjalankan Azas Demokrasi Ekonomi dan Kekeluargaan

Koperasi syariah juga menjalankan koperasi dengan berazaskan demokrasi ekonomi serta kekeluargaan. Keduanya mengarah pada perwujudan untuk melakukan pengembangan ekonomi nasional dalam koperasi syariah. Azas demokrasi ekonomi dan kekeluargaan yang dijalankan oleh koperasi syariah mengedepankan prinsip Islam itu sendiri.

Membentuk Kelompok Koperasi Syariah yang Tidak Mudah Goyah

Karena prinsip yang dipegang berlandaskan atas syariat Islam, maka setiap anggota bekerja dengan lebih terkontrol. Ada ajaran Islam yang menjadi pedoman setiap anggota koperasi syariah dalam bekerja sehingga terbentuklah kelompok koperasi syariah yang kuat dan tidak mudah digoyahkan. Hal itu terbukti dengan banyak anggota koperasi syariah yang semakin terkontrol dan semakin rapi dalam menjalankan tugasnya di koperasi.

Menumbuhkan Lebih Banyak Lapangan Kerja

Keberadaan koperasi syariah semakin menumbuhkan lebih banyak lapangan kerja. Koperasi syariah memiliki modal untuk anggota yang ingin membuka lapangan kerja. Ketika usaha yang dijalankan oleh anggota koperasi syariah tumbuh, maka dapat membuka cabang yang lebih banyak. Hal ini akan membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak untuk bekerja. Dari situlah lapangan kerja akan terbentuk dan terus tumbuh karena peran koperasi syariah berlandaskan prinsip Islam.

Memberikan Kesempatan Usaha Setiap Anggota Koperasi Syariah

Peran penting koperasi syariah juga untuk memberikan kesempatan usaha bagi setiap anggotanya sehingga ini menjadi keuntungan bagi Anda yang tergabung dalam koperasi syariah. Dengan bergabung menjadi anggota koperasi syariah, maka Anda memiliki kesempatan untuk membuka usaha. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, modal usaha pun disediakan oleh koperasi syariah. Modal usaha tersebut tentunya harus digunakan dengan tetap berpedoman pada prinsip Islam itu sendiri.

Pentingnya mengetahui tujuan koperasi syariah membawa pada pentingnya mengetahui peran-peran yang dipegang. Melalui peran-peran tersebut, koperasi syariah dapat terus tumbuh menjadi koperasi syariah untuk kesejahteraan banyak orang.