Peluang Bisnis Online Tanpa Modal dengan Bisnis Dropship

Mungkin Anda pernah mendengar bisnis dropship, atau mungkin saat ini Anda sedang mencoba untuk menjalankan peluang bisnis online tanpa modal dropship. Apabila Anda belum mengetahuinya, Dropship adalah sistem penjualan dari sebuah produk yang dilakukan dengan cara online dimana si penjual tidak diharuskan untuk memiliki modal yang besar atau memiliki produk sendiri.

Sistem dropship ini sangat berbeda dengan sistem Reseller, yang mana penjual diharuskan untuk membeli produk di supplier, baru kemudian dijual lagi ke konsumen dengan mengambil selisih dari harga barang untuk dijadikan sebagai keuntungan.

peluang bisnis

Selain itu, dengan sistem dropship ini penjual tidak perlu repot-repot untuk melakukan proses pengiriman barang kepada pembeli, karena hal tersebut akan dilakukan oleh supplier, yang pada kemasan barang akan ditulis barang tersebut dikirim oleh penjual, sehingga kredibilitas dropshipper akan tetap terjaga dengan baik.

Untuk dapat memasarkan produk, maka penjual harus rajin melakukan proses pemasaran, baik online ataupun offline dengan memanfaatkan beberapa sarana atau media misalnya melalui forum, website pribadi, toko online, media sosial (Twitter, Facebook), melalui aplikasi messenger smartphone (Whatsapp, BBM) dan yang lainnya.

Sistem bisnis dropshipping sebenarnya cukup sederhana, disini penjual memilih beberapa produk yang akan dijual, lalu mengambil foto dari produk tersebut, dan mengupload foto tersebut ke media pemasaran yang disertai dengan keterangan singkat mengenai produk yang akan di jual tersebut. apabila terjadi pembelian, maka konsumen akan memilih barang dan mengirimkan uang pembayaran sesuai dengan harga barang yang telah di tentukan oleh penjual.

Kemudian penjual meneruskan proses pembayaran tersebut kepada supplier dan memberikan informasi mengenai barang yang dibeli serta data dari pembeli, setelah itu supplier akan mengemas barang tersebut dan mengirimkannya kepada konsumen atas nama penjual sebagai pengirimnya. Bisnis dropship memang sangat mudah untuk dikerjakan, bahkan penjual bisa menjalankan usaha ini dimana saja yang ada koneksi internetnya.

Tips Memilih Supplier Untuk Bisnis Online Tanpa Modal Dropship

Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dalam menjalankan bisnis online tanpa modal ini, seorang dropshipper harus selektif dalam menentukan supplier yang akan diajak untuk bekerja sama. Karena, bisnis ini akan bisa berjalan baik apabila supplier dan dropsgipper bisa menjamin kualitas produk dan pelayanannya.

Supplier grosiran

Penjual grosiran biasany tidak mau mengambil keuntungan yang besar untuk per item yang dijual, akan tetapi pada banyaknya barang yang dijual.

Memiliki sistem yang jelas

Supplier yang sudah terpercaya biasanya memiliki sistem yang jelas, dimulai dari proses pemesanannya, pengecekan barang, konfirmasi pembelian, sampai denngan proses pengemasan serta pengiriman barang ke tangan konsumen.

Mudah dihubungi

Supplier yang mudah untuk dihubungi akan memudahkan kita untuk dapat melakukan pemesanan ataupun menanyakan status berang yang akan dijual, sehingga kredibelitas Anda sebagai dropshipper akan dapat selalu terjaga.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bisnis online tanpa modal dropship yang bisa Anda jalankan dimana saja. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bila Anda ingin menjalankan bisnis ini.