Naik Kereta Commuter Line di Era New Normal? Kamu Harus Tahu Hal Ini!

Setelah sempat bekerja dari rumah, beberapa dari kamu mungkin sekarang ada yang mulai bekerja ke kantor. Nah, salah satu transportasi andalan kamu biasanya kereta commuter line. Karena kita lagi masuk era new normal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kalua mau naik kereta commuter line nih. 

Mengutip dari laman krl.co.id, dalam memberlakukan skenario new normal, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengeluarkan beberapa kebijakan-kebijakan baru yang berlaku dan wajib dilaksanakan bagi petugas frontliner maupun pengguna KRL. Apa aja sih kebijakan-kebijakan yang baru itu? 

New normal kereta - Pakai masker
Masker

Pertama, wajib pakai masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL. Bagaimana kalua lupa bawa masker? Wah, kamu dilarang masuk ke area stasiun sih. Artinya, pastikan kamu selalu gunakan masker ketika di area stasiun maupun di dalam KRL ya!

Kedua, perhatikan marka tanda silang. Selain selalu jaga jarak, di kursi dalam KRL juga diberi tanda silang. Hal ini harus dipatuhi semua pengguna ya. Jadi, dalam satu kereta kapasitas tempat duduknya gak akan terisi penuh. Namun, pastikan kamu memberi tempat duduk bagi mereka yang membutuhkan, seperti lansia, ibu hamil, atau ibu dengan anak ya! 

New normal kereta - infographic

Ketiga, antri dengan jaga jarak. Untuk memungkinkan kondisi jaga jarak, pada waktu-waktu tertentu saat padat pengguna, akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun jadinya jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali. Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun. 

Nah, ketika hal ini terjadi akan terjadi antrean di luar stasiun. Pastikan kamu selalu jaga jarak minimal 1 meter ya. Jaga jarak saat antre juga berlaku saat kamu beli tiket di loket atau ketika masuk kereta. Jadi, jangan rusuh pas kereta datang ya! 

Keempat, gunakan kartu berlangganan. Sekarang untuk naik kereta harus lebih sabra. Soalnya akan ada banyak aktivitas antre. Mulai dari antre masuk stasiun, antre di loket, sampai antre masuk kereta. Nah, untuk mengurangi salah satu antrean yaitu antrean di loket mendingan kamu gunakan kartu berlangganan. Bisa pakai kartu multitrip dari Commuter Line atau bisa pakai kartu elektronik, seperti Flazz, Brizi, e-money, Tap Cash, atau LinkAja. 

New normal kereta - Pembatasan lansia
Pembatasan Usia

Kelima, pembatasan usia. Ini info penting yang harus kamu tahu. Mulai 8 Juni 2020, penumpang lansia (di atas 60 tahun) baru boleh naik KRL mulai pukul 10.00-14.00 WIB. Hal ini untuk antisipasi kesehatan mereka. Namun, jika ada kepentingan mendesak, kamu bisa informasikan ke petugas ya. Misalnya ada kebutuhan medis atau berobat yang mendesak. Oh iya, untuk sementara balita juga dilarang naik KRL. Hal ini mengingat usia balita rentan terkena penyakit. Jadi, sebaiknya kalau bawa balita cari alternatif transportasi lain yang lebih aman dan nyaman ya. 

New normal kereta - Cuci tangan

Keenam, selalu cuci tangan. Saat ini, PT KCI  sudah menyediakan fasilitas wastafel tambahan, selain yang sudah ada di toilet. Selain itu, fasilitas tersedia hand sanitizer di stasiun maupun yang dibawa oleh petugas pengawalan di dalam kereta.

Kebersihan kereta dan stasiun juga semakin dijaga oleh KCI. Sebelum pandemi virus corona melanda, seluruh kereta dan stasiun rutin dibersihkan baik saat beroperasi melayani penumpang maupun selepas jam operasional. 

Sejak pandemi, pembersihan ini dilengkapi dengan cairan disinfektan dan penyemprotan disinfektan rutin di stasiun maupun sarana KRL. Permukaan-permukaan yang rutin disentuh penumpang di stasiun seperti vending machine, gate tiket elektronik, tempat duduk, hingga pegangan tangga juga dibersihkan sekurang-kurangnya sembilan kali dalam satu hari.

New normal kereta - Bawa alat pribadi
Bawa alat pribadi

Untuk menjaga kebersihan ini pula, musala stasiun selama masa pandemi Covid-19 ini tidak menyediakan karpet, sajadah, sarung dan mukena. Kebijakan ini masih akan berlanjut untuk mencegah penularan dari perlengkapan ibadah yang dipakai bersama-sama.


Oh iya, petugas frontliner KCI juga sudah mulai menggunakan pelindung wajah atau face shield sebagai upaya untuk semakin mencegahan penularan Covid-19. Nantinya seluruh petugas di stasiun maupun Kereta akan mengguna pelindung wajah ini.


Untuk kamu yang butuh persiapan alat-alat new normal, seperti masker, vitamin, atau alat-alat pribadi, langsung aja colek UangTeman untuk kebutuhan dananya ya.