Mobil Terkena Banjir? Segera Lakukan 5 Hal Ini

Mobil kamu terendam banjir? Tenang, jangan langsung panik. Agar mobil terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu cek pas banjir mulai surut. Apa aja sih?

 

1. Cabut Kabel di Terminal Aki 
Saat mobil terendam banjir, sebaiknya kamu cabut kabel di terminal aki. Dengan mencabut kabel aki, mesin mobil tidak bisa menyala sehingga kamu terhindar dari risiko kerusakan parah karena memaksakan hidupkan mobil.

 

2. Periksa Oli
Ketika banjir mulai surut, sebaiknya kamu periksa oli. Cek segala macam bagian yang dilumasi oli, lalu cek apakah air masuk ke saluran udara yang menuju ruang bakar. Jika ada bagian yang masuk air, jangan pernah mencoba hidupkan mobil karena akan menyebabkan water hammer (air masuk ke ruang bakar dan merusak komponen utama).

 

3. Cek asuransi 
Jika polis asuransi kamu sudah mencakup perluasan risiko akibat banjir berarti kamu bisa klaim. Tapi,bukan berarti kamu bisa sengaja menerobos genangan air. Soalnya, klaim asuransi bisa gugur jika kamu sengaja atau memaksa terobos banjir.

 

4. Bawa ke Bengkel
 Walaupun kamu punya alat-alat perbaikan di rumah, ada baiknya tetap membawa mobil ke bengkel. Soalnya ada beberapa kasus yang memperbaiki mobil sendiri setelah kena banjir malah terkena fatal seperti korsleting listrik. Namun, pastikan kamu tidak menghidupkan mesin ketika membawa mobil ke bengkel. Gunakan layanan derek dari bengkel langganan kamu aja ya.

 

5. Cek Biaya Perbaikan
Tingkat kerusakan mobil yang terendam banjir bermacam-macam. Untuk estimasi harga, kamu bisa lihat dari 3 level kerusakan. Level 1 atau terendam banjir setengah ban. Level 1 kisaran biayanya Rp 800 ribuan. Level 2 atau air masuk sampai interior (jok basah, karpet terendam) biayanya sekitar Rp 2 jutaan. Level 3 biayanya bisa mencapai Rp 5 jutaan karena dilakukan pengecekan menyeluruh baik dari sisi eksterior, interior, dan mesin. Semua level tersebut belum termasuk biaya penggantian komponen ya.

 

Kalau kamu butuh talangan dana buat servis mobil di bengkel, langsung colek aja UangTeman ya. Kami siap menjadi #LebihdariTeman yang bisa diandalkan.