4 Primadona Mobil Baru Murah di Ajang GIIAS 2016

Krisis ekonomi yang tengah berlangsung nampaknya tak menyurutkan niat para pecinta otomotif untuk memiliki mobil baru murah. Hal ini juga pada akhirnya mendesak para produsen mobil di Indonesia untuk tetap memenuhi permintaan pasar dengan menghadirkan produk mobil baru dengan harga yang ramah di kantong.

Bersamaan dengan dilaksanakannya event otomotif bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang sudah berlangsung selama hampir seminggu ini, beberapa produsen mobil di Indonesia memamerkan produk baru unggulannya.

Penasaran apa saja sih mobil baru murah yang dipamerkan di ajang otomotif tahunan GIIAS 2016 ini, yuk simak ulasannya di bawah ini!

XM Concept Crossover MPV

Mobil ini merupakan besutan dari pabrikan ternama Mitsubishi. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai pemegang brand Mitsubishi di Indonesia memamerkan mobil keluarga yang ciamik ini di ajang GIIAS 2016. Mitsubishi mengklaim mobil ini sebagai mobil tangguh ala crossover dikombinasi dengan fleksibilitas mobil MPV. Yang mengejutkan lagi, mobil ini diproduksi di dalam negeri yaitu di pabrik Mitsubishi yang berlokasi di Karawang.

MPV murah dari Mitsubishi ini diprediksi akan menyaingi kelas LMPV setara dengan Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan lain sebagainya. Keunggulannya jika diperhatikan sekilas bisa terpampang jelas pada desain eksterior yang futuristik dan ciamik.

Baca juga: 10 Tips Jitu Memperoleh Mobil Baru Murah

Toyota Calya

PT Toyota Astra Motor sebagai produsen mobil asal Jepang yang sejak lama mengisi kategori mobil-mobil dengan harga terjangkau, kali ini juga memamerkan produk barunya yang bernama Toyota Calya. Calya merupakan sebuah mobi MPV dengan harga terjangkau, sekilas bentuknya amatlah mirip dengan pendahulunya yaitu Toyota Agya hanya saja dengan porsi bodi yang lebih panjang. Mobil ini diprediksikan akan mampu menyaingi Datsun GO+ Panca. Mobil murah keluaran Toyota ini juga kabarnya memiliki beragam fitur menarik seperti dual SRS airbag, sistem rem ABS dan immobilizer. Selain itu mobil ini juga telah dilengkapi dengan saluran pendingin udara yang dapat menghembuskan AC dari kabin depan hingga belakang dengan lebih stabil.

Untuk spesifikasi mesinnya sendiri, Toyota Calya telah dibekali dengan mesin berkapasitas 1,2 liter dan dapat memproduksi tenaga hingga 88 PS juga torsi mencapai 108 Nm di putaran mesin 4.200 Rpm.

Daihatsu Sigra

Tak berbeda jauh dengan Toyota Calya, PT Astra Daihatsu Motor juga memamerkan mobil baru murah di ajang GIIAS 2016 yang diberi nama Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra merupakan perkembangan dari produk terdahulunya Daihatsu Ayla yang merupakan salah satu pesaing Toyota Agya. Sama seperti Calya, Sigra pun memiliki desain bodi yang lebih panjang dari Ayla. Didukung dengan beberapa fitur yang kurang lebih sangat mirip dengan Toyota Calya.

Wuling Hongguang S1

Mungkin nama Wuling masih terdengar asing di telinga kalian, sekedar info saja Wuling merupakan produsen mobil asal Tiongkok yang telah masuk ke pasar otomotif nasional. Di ajang GIIAS 2016 ini Wuling memamerkan produk terbarunya yaitu Hongguang S1 sebagai mobil MPV saingan dari Avanza, Xenia, Ertiga dan lain sebagainya.

Di Tiongkok sana, Wuling dikenal menjual produk mobil baru murah dengan harga ramah di kantong. Kisaran harganya sekitar Rp 126 – 144 juta. Di Indonesia sendiri, Wuling menghadirkan pilihan mesin 1,2 liter dan 1,5 liter. Pada mesin 1,2 liter, mobil ini memiliki 16 katup DOHC yang dapat memproduksi tenaga mencapai 84,4 hp di 6.000 Rpm untuk torsi 108 Nm pada 4.000 Rpm. Sementara untuk mesin berkapasitas 1,5 liter dibekali dengan 16 katup DOHC DVVT L4 dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 Hp di 5.800 Rpm untuk torsi mencapai 146,5 Nm di sekitar 3.600 – 4.000 Rpm.

Nah, itu tadi 4 mobil baru murah yang dipamerkan di GIIAS 2016. Sudahkah Anda menjatuhkan pilihan, mobil manakah yang ingin segera dimiliki?