Mengenal Emergency Kit untuk Siaga Banjir

Banjir sudah melanda di beberapa kota. Kabarnya, musim hujan akan terus berlangsung beberapa hari ke depan. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya kamu siap sedia emergency kit (peralatan darurat), sebelum banjir menerjang. Apa sih emergency kit?

 

1. Makanan
Saat banjir menerjang rumah, berbagai aktivitas kamu pasti bakal terganggu. Apalagi kalau genangan air cukup tinggi sehingga kamu gak bisa pergi keluar rumah. Dalam kondisi seperti ini, kamu harus siap-siap stok makanan. Beberapa jenis makanan yang bisa disimpan yaitu buah kering, kacang-kacangan, makanan ringan, hingga makanan kalengan. Kamu bisa juga menyimpan bahan makanan beku, tapi pastikan alat-alat masak portablenya tersedia juga ya.

 

2. Air Minum
Selain makanan, kamu juga perlu menyiapkan air minum. Apalagi kalau banjir di rumah tak kunjung surut. Kamu bisa stok air minum ukuran galon besar sebanyak 2 buah. Siapkan pompa dan gelas agar mudah minum airnya. Selain itu, siapkan juga beberapa air minum kemasan mineral 600 mililiter yang mudah dibawa ke mana-mana.

 

3. Baju Bersih
Agar kamu sekeluarga tercegah dari penyakit akibat rumah yang kotor akibat banjir, segera siapkan beberapa baju bersih. Masukan baju-baju bersih tersebut di satu tas berukuran cukup besar. Jangan lupa siapkan baju hangat atau lengan panjang agar kamu gak kedinginan ya.

 

4. Alat-alat Darurat
Ketika banjir terjadi, biasanya ada kejadian-kejadian yang cukup ekstrem. Misalnya, listrik mati sehingga kamu harus naik ke atap rumah untuk mencari pertolongan. Jika hal ini terjadi, pastikan kamu udah menyiapkan tas kecil berisi alat-alat darurat, seperti senter dengan ekstra baterai, korek api, kertas besar dan pulpen, pisau kecil, tali, lakban, alat pembuka makanan kaleng, kunci cadangan rumah dan kendaraan, uang tunai, dan power bank yang terisi penuh.

 

5. Kotak P3K 
Selain makanan dan minuman, emergency kit yang wajib disiapkan yaitu kotak P3K. Pastikan kotak tersebut berisi obat-obatan yang biasa dikonsumsi sekeluarga. Jangan lupa cek kedaluarsa dari obat-obatan tersebut ya. Sediakan juga popok bayi dan pembalut jika diperlukan. Kalau kamu butuh dana talangan untuk siapin emergency kit, langsung aja sapa UangTeman ya.