5 Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Usaha Waralaba

Ada banyak faktor yang mendorong seseorang untuk menjalankan sebuah bisnis, mulai dari sulitnya mendapatkan pekerjaan. Karena syarat yang ditentukan terlalu tinggi untuk masuk ke sebuah perusahaan, maka banyak diantaranya yang gagal. Namun juga bisa jadi seseorang membangun sebuah usaha sendiri sebagai pekerjaan sampingan mereka. apalagi belum tentu gaji yang didapatkan dari pekerjaan utama akan mencukupi kebutuhan. Dengan standard hidup yang kian tinggi belakangan ini. Pilihan usahanya juga beragam, ingin jualan barang, membuka sebuah jasa atau pilihan usaha waralaba.

Tentunya istilah bisnis franchise bukan hal yang baru bagi Anda. Ini adalah bidang bisnis yang paling populer karena belakangan ini semakin banyak yang menggelutinya. Dengan alasan karena sudah ada nama maka akan semakin mudah dalam menjalankannya. Konsumennya bisa lebih banyak dengan jaminan kesuksesan juga tinggi. Hanya saja jangan berbekal nama saja maka ada jaminan sukses, kenyataannya tanpa pengelolaan yang tepat banyak pelaku bisnis waralaba ini yang juga gulung tikar.

Sangat sia-sia nama yang sudah mereka beli dengan biaya yang tidak sedikit tersebut justru berakhir pada kegagalan. Usaha waralaba di satu sisi memang lebih mudah menjalankan dengan adanya nama besar yang menaungi, namun juga bisa jadi sebaliknya, ia akan bangkrut.

Beberapa Pertimbangan yang Harus di Perhatikan Sebelum Memilih Bisnis Waralaba

Ada banyak faktor mendorong seseorang untuk menjalankan usaha waralaba, usaha waralaba memang tidak membutuhkan modal besar dan cocok. beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan sebelum memilih bisnis franchise ini, diantaranya adalah:

  1. Berapa modal yang dimiliki, sistemnya memang sangat mudah, dimana Anda cukup membeli lisensi atas nama dagang sebuah perusahaan tersebut. Tentunya tak asal bayar saja, melainkan juga ada berbagai pelatihan nantinya. namun juga harus diketahui bahwa tak semua lisensi atau hak nama dagang tersebut ditawarkan dengan harga yang murah, nilainya bisa sampai milyaran rupiah, seperti merk-merk ternama dari luar negeri yang skalanya memang sudah internasional, sehingga lihat dulu berapa kemampuan keuangan Anda disini.
  2. Skala dari usaha waralaba tersebut, Anda bisa mengatakan bahwa nama dagang tersebut dikenal, namun bagaimana dengan orang lain, apakah juga mengenal dari nama dagang yang ingin dibeli. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting agar tak salah dalam memilih.
  3. Lokasi usaha, berhubungan dengan nama dagang, nantinya jika Anda sudah memutuskan untuk memilih lokasi dagang, agaknya calon konsumen yang menjadi target, juga harus dilakukan survey, apakah mereka mengenal waralaba atau nama merk tersebut atau tidak. Jika tidak sudah pasti percuma, sama halnya memulai bisnis sendiri dari nol, dengan membangun brand.
  4. Siap mengikuti aturan yang diberikan perusahaan, bukan hanya nama, semua sistem management dari bisnis waralaba mengikuti bagian pusat. Tak jarang yang menganggap dengan usaha ini hasil memang pasti, namun kreativitas sendiri dibatasi. Jadi bagi Anda yang senang mencoba-coba kurang cocok memilih franchise.
  5. Apakah harga barang cocok dengan keuangan konsumen, melihat dari sisi target kembali. Karena termasuk dalam bisnis franchise, umumnya harga sudah terpusat, dimanapun nilainya sama. Dengan kata lain ketika Anda memilih lokasi maka lihat dulu kondisi keuangan target, jika memang sesuai, tak masalah menjalankan bisnis tersebut. Namun jika ternyata di bawah standard, bisa jadi bisnis tersebut akan gagal.

usaha waralaba

Meskipun peluang suksesnya tinggi, namun tak semudah yang dibayangkan menjalankan sebuah usaha waralaba. Ada baiknya bagi Anda yang berniat memulai usaha ini maka lebih selektif dalam memilih, setidaknya nama waralaba mana yang paling cocok dan tidak membutuhkan modal besar.