LATIH ANAK ANDA UNTUK MENABUNG SEJAK DINI DENGAN BEBERAPA LANGKAH BERIKUT INI

Sumber: pondokibu.com

Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang atau pendapatan dengan jumlah tergantung kemampuan kita, dimana uang yang telah disisihkan ini sewaktu-waktu bisa diambil apabila kita dalam keadaan mendesak. Kegiatan menabung memiliki banyak manfaat diantaranya, menghindarkan kita dari sifat boros, uang tabungan yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk kebutuhan yang tidak terduga, menghindarkan kita dari hutang, melatih diri sendiri agar lebih bijak dalam menggunakan uang, bisa digunakan untuk persiapan hari tua, bisa digunakan untuk perencanaan masa depan atau pendidikan anak, serta bisa juga digunakan sebagai modal usaha.

Begitu banyaknya manfaat dari menabung seharusnya menjadikan kita termotivasi untuk mulai melatih diri menyisihkan uang. Banyak sekali kondisi-kondisi mendesak yang tidak terduga menimpa diri kita, dengan tabungan yang dimiliki kita tidak perlu  khawatir lagi untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut. Kebiasaan menabung yang menjadikan kita mampu mengendalikan diri dari pengeluaran yang tidak perlu inilah yang harus dibiasakan sedari kecil. Sangat penting bagi kita belajar menabung sejak dini agar nantinya kita terbiasa dan bisa mempersiapkan masa depan dengan uang tabungan yang dimiliki. Terlebih lagi ketika kita sudah menjadi orang tua dan memiliki anak. Tabungan menjadi sangat penting untuk persiapan di kehidupan mendatang. Dengan tabungan yang sudah dimulai sejak dini, mempermudah bagi kita untuk mempersiapkan tempat tinggal serta pendidikan anak. Ketika menabung sudah menjadi kebiasaan bagi kita, maka alangkah baiknya kebiasaan menabung juga mulai diperkenalkan kepada anak-anak kita. Hal ini dilakukan agar anak kita mampu mempersiapkan masa depannya sendiri dengan tabungan yang mereka miliki. Mereka juga nantinya akan merasakan manfaat dari menabung. Adapun cara-cara yang bisa ditempuh untuk melatih anak menabung akan dipaparkan dalam penjelasan sebagai berikut:

Memberi batasan uang saku anak setiap harinya

Sebagai orang tua, sikap tegas untuk memberi batasan kepada anak sangatlah penting, agar anak mengetahui tanggung jawab dari setiap kebebasan yang didapatkan oleh mereka. Begitu juga dalam hal keuangan, orang tua bisa melatih anak mengendalikan pengeluaran dengan memberikan batasan uang saku setiap harinya. Semisal orang tua memberikan uang saku kepada anak sebesar Rp 15.000,00 per harinya, maka apapun yang terjadi anak hanya diperbolehkan membeli sesuatu sesuai dengan uang yang diberikan dan tidak boleh melebihi jatah tersebut.

Mengajarkan anak menyisihkan uang untuk membeli barang yang mereka sukai

Ketika anak menginginkan mainan yang sudah lama diidam-idamkan, misalnya playstation, maka kita sebagai orang tua tidak lantas langsung membelikannya. Ajarkanlah anak untuk menyisihkan uang saku setiap harinya untuk membeli mainan tersebut. Beri pengertian kepada anak, bahwa menabung bisa memenuhi keinginan mereka. Dari sini, anak bisa belajar pentingnya menabung, dan apabila keinginan mereka terpenuhi dengan menggunakan uang tabungan, maka sengan sendirinya anak akan merasakan manfaat dari menabung.

Memberikan media menabung yang unik

Anak-anak seperti yang kita ketahui memiliki daya imajinasi yang sangat kuat. Tumbuh kembang anak sangat ditentukan dengan daya imajinasi mereka. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk menyelipkan pengetahuan menabung, misalnya saja membelikan anak tempat untuk menyimpan uang atau yang biasa disebut celengan dengan berbagai bentuk unik yang sesuai dengan usia anak kita. Anak laki-laki cenderung menyukai bentuk hewan buas, superhero, dan mobil. Sedangkan anak perempuan lebih menyukai bentuk boneka barbie, hewan lucu seperti kucing atau kelinci, dan rumah-rumahan. Dengan memberikan celengan dengan bentuk unik, anak-anak bisa lebih termotivasi untuk memasukkan uang mereka ke dalam media tersebut. Hal inipun memiliki keuntungan ganda, selain memperkaya imajinasi anak, orang tua juga bisa melatih anak untuk menabung.

Memberikan pengertian tentang menabung

Dalam melatih anak untuk belajar menabung, tentunya peran paling penting dari orang tua adalah memberikan pengertian terkait manfaat serta pentingnya menabung. Dalam watu senggang orang tua bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan pengertian kepada anak bahwa masa depan yang baik ditentukan oleh masa sekarang. Beri pengertian dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak tentang baiknya memulai mempersiapkan masa depan anak dengan menyisihkan uang serta hidup hemat. Isi waktu anak dengan nasihat-nasihat positif agar anak mengetahui pentingnya perencanaan masa depan, dan beri contoh bahwa salah satu dari perencanaan masa depan adalah dengan menabung.

Anak merupakan aset masa depan paling berharga dalam keluarga, karena itu sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan hal positif kepada mereka. Artikel “Latih Anak Anda Untuk Menabung Sejak Dini Dengan Langkah Berikut Ini” merupakan salah satu hal sederhana yang bisa kami bagi untuk anda para orang tua. Semoga bermanfaat dan tetap positif dalam mendidik anak.