Keliling Ibu Kota Dengan Bus Wisata? Yuk!

Keliling ibu kota pastinya sudah sering bukan? Bagaimana kalo keliling ibu kota dengan bus gratis! Pula. nah, sekarang di Jakarta ada bus wisata yang fungsinya berkeliling jakarta untuk meilhat landmark landmark yang ada di ibu kota seperti Monas, Kota Tua, Masjid Istiqlal dan sebagainya. Apa aja sih yang disediakan bus ini dan gimana sih dia beroperasinya?

Bus ini merupakan fasilitas publik gratis yang disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Bus ini akan mengelilingi tempat tempat yang menjadi simbol dari jakarta. Sebelumnya bus tingkat ini sempat terkenal di era 1980 sampai akhir 1990an dan melayani beberapa rute seperti Senen, Blok-M, Kalideres, Harmoni, Sudirman dan sebagainya. bus volvo dengan daya tampung kurang lebih 200 penumpang ini pada saat itu merupakan angkutan andalan warga jakarta, pemerintah kota jakarta juga membeli kurang lebih 150 unit. Rute yang paling terkenal pada jaman itu adalah P70 Blok M-Kota dan P67 Senen-Blok M. para penumpang juga dulu selalu memilih seat di bagian atas karena ingin melihat jalanan ibu kota dari atas.

Untuk bus wisata tingkat yang baru ini mulai beroperasi pada awal 2014 di bulan februari namun fungsinya hanya untuk wisata keliling Ibu Kota saja. Pada awal kemunculannya, bus wisata ini juga memiliki pemandu wisatanya yang akan menambah wawasan anda dalam berwisata, namun sayangnya di tahun berikut sudah tidak ada lagi. Namun diluar itu hal bagusnya dalam segi kuantitas bus semakin banyak jadi anda tidak perlu lama menunggu karena di setiap tahunnya bus ini juga selalu melakukan penambahan armada.

Untuk anda yang bingung harus menunggu dimana nah bus ini biasa lewat di halte seperti Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Bundaran Hotel Indonesia, Sarinah, Balai Kota, Monumen Nasional dan Pecenongan. Untuk waktunya? Bus tingkat ini dimulai pada jam 09.00 – 19.00 pada hari senin-sabtu lalu untuk hari minggu pada pukul 12.00-19.00. Tetapi dengan adanya aturan tidak boleh kendaraan bermotor masuk ke kawasan MH. Thamrin yang merupakan salah satu jalur yang dilalui bus ini nah pada hari kerja beberapa bus ini beralih menjadi bus feeder bagi para pengendara sepeda motor yang ingin masuk ke jalur tersebut pada weekdays.

Banyak juga keuntungan dengan adanya bus ini salah satunya kemudahan bagi kita untuk mencapai wisata wisata yang ada di jakarta secara tepat waktu karena bus ini dapat masuk ke jalur busway jadi kita bisa merasakan kenyamanan tanpa terganggu kemacetan jakarta.

Pastinya keliling Jakarta ke berbagai macam tempat wisata keren yang ada di Jakarta menggunakan bis yang baru, bagus dan gratis tentu akan menjadi daya tarik tersendiri juga untuk anda yang baru pertama kali mengunjungi ibu kota. So untuk kalian yang sering berlibur atau berwisata hanya ke mall cobalah sesekali menggunakan bus wisata ini untuk mencoba keliling jakarta.