Kartu Pra Kerja Gelombang 7 Akan Segera Dibuka. Begini Cara Daftar dan Mencairkannya!

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel Cara Daftar, Syarat, dan Manfaat Kartu Pra Kerja, secara singkat, kartu pra kerja adalah kartu yang diberikan kepada penerima program pengembangan kompetensi kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja dan atau pekerja serta buruh bukan penerima upah maupun pelaku usaha mikro yang membutuhkan peningkatan kompetensi selama pandemi.

Pendaftaran program kartu pra kerja dibagi menjadi beberapa gelombang yang sejauh ini pendaftarannya sudah sampai gelombang 6. Pembukaan gelombang kartu pra kerja bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat karena adanya peningkatan korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) selama pandemi. Sehingga kelompok inilah yang nantinya akan menjadi prioritas untuk masuk ke dalam Program Kartu Pra Kerja. Terhitung tanggal 31 Agustus 2020 kemarin, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 6 resmi ditutup setelah 5 hari dibuka. Untuk yang belum berhasil mendaftar di gelombang 6, yuk jangan berkecil hati dan coba peruntungan di gelombang 7 yang akan dibuka pada pekan ini.

Perlu diingat, kartu pra kerja sifatnya self registration, yang artinya para pendaftar harus mandiri melakukan pendaftaran. Kamu bisa membaca penjelasan cara daftar dan cara mendapatkan kartu pra kerja di bawah ini :

Cara mendapatkan kartu pra kerja 

  • Pertama, kamu perlu buka website https://www.prakerja.go.id. Lalu, buat akun kartu pra kerja dengan menggunakan email yang aktif dan buat password. Setelah itu, klik Daftar dan kamu akan menerima notifikasi.
  • Kedua, buka email kamu lalu klik Verifikasi Email agar kamu bisa menggunakan akun kartu pra kerja.
  • Ketiga, setelah berhasil verifikasi email, lakukan login agar bisa masuk ke dashboard akun kartu pra kerja kamu. Kemudian, isi verifikasi KTP kamu dengan memasukkan 16 digit nomor KTP dan tanggal lahir kamu.
  • Keempat, lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP dan swafoto kamu dengan KTP  kamu. Kemudian, lakukan verifikasi nomor handphone kamu. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu. Lalu, klik verifikasi.
  • Kelima, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke. Berikutnya kamu wajib melakukan tes motivasi & kemampuan dasar. Isi tes tersebut sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.
  • Keenam, kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke. Berikutnya kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Setelah isi tes, hasil tes akan dievaluasi, mohon menunggu sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.
  • Ketujuh, pendaftaran kamu sedikit lagi selesai, kamu tinggal ikut seleksi gelombang. Pilih gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu. Tahap pendaftaran kamu selesai! Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos/bisa ikut gelombang yang pilih di Dashboard akun kamu.

Nah, selain itu kamu juga bisa mendapatkan insentif berupa bantuan uang tunai senilai Rp 3.550.000. Bantuan tunai tersebut merupakan kumulatif dari rincian berikut :

  1. Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dalam bentuk voucher yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan dari Mitra Program Kartu Pra Kerja.
  2. Insentif usai pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan) atau dengan total Rp 2.400.000.
  3. Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp150.000.

Baca juga : https://uangteman.com/blog/blog/mau-bantuan-pekerja-rp-600-ribu-per-bulan-dari-pemerintah-ini-syaratnya/

Untuk mencairkan insentif berupa uang tunai ada beberapa cara seperti berikut :

Melalui e-wallet Gopay
  1. Unduh dan buka aplikasi Gojek
  2. Klik menu “Bayar” pada menu
  3. Pilih “Transfer instan ke rekening baru”, lalu pilih bank tujuan
  4. Masukkan nomor rekening bank kamu dan klik tombol “Verifikasi
  5. Klik “Lanjut” setelah nomor rekening muncul secara otomatis
  6. Masukkan jumlah nominal saldo yang akan dikirim
  7. Masukan pin akun Gojek kamu  
Melalui e-wallet OVO
  • Unduh dan buka aplikasi OVO
  • Klik menu “Transfer
  • Kemudian pilih bank tujuan, masukkan nomor rekening bank kamu dan jumlah nominal saldo yang akan dikirim

Untuk mencairkan insentif menggunakan OVO, pastikan nomor telepon yang terdaftar adalah nomor telepon aktif dan akun OVO sudah terdaftar sebagai akun premier.

Melalui e-wallet LinkAja
  • Unduh dan buka aplikasi LinkAja
  • Klik menu “Kirim Uang”,
  • Pilih menu “Transfer ke rekening bank
  • Isi bank tujuan dan nomor rekening serta nominal saldo yang akan dikirim

Untuk mencairkan insentif menggunakan LinkAja, pastikan akun yang digunakan terdaftar sebagai akun LinkAja full service.

Dalam mencairkan insentif uang tunai melalui e-wallet OVO dan Gojek biasanya dikenai biaya administrasi sebesar Rp 2.500. Sedangkan, transfer antar bank melalui e-wallet LinkAja akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 6.500.

Oh iya, untuk kamu yang masih bekerja dengan upah di bawah 5 juta dan merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa mendaftarkan diri kamu di Program Subsidi Upah untuk mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp 600 rb yang akan diberikan sebanyak 4 kali.

Baca juga artikel lainnya :

5 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan