Jenis Usaha Rumahan yang Bakal Nge-tren di Tahun 2017

Tidak ada lagi yang menyangkal bahwa jenis usaha rumahan merupakan bagian dari aktifitas yang akan populer di tahun 2017 ini. Beberapa waktu yang lalu, usaha rumahan sudah dimulai oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Ada yang mulai berbisnis membuat kerajinan tangan, memasak kue dan lain-lainnya. Bisnis yang memang tidak akan pernah habis dari waktu ke waktu. Namun, memasuki tahun 2017 ini, terdapat beberapa jenis usaha yang akan populer dilakukan di rumah.

Bisnis ini bukan lagi jenis usaha yang biasa dan sering kita lihat. Apa saja ya jenis-jenis bisnis rumahan yang sekiranya akan populer di tahun 2017 ini?

  1. Jasa kesehatan

Jasa kesehatan atau bisnis ini bukan berarti tentang dokter yang membuka praktik di rumahnya. Namun, lebih kepada layanan konsultasi kesehatan atau bisnis tentang gaya hidup sehat. Tidak jarang ahli gizi atau nutrisionis membuka layanan jasa kesehatan di rumah-rumahnya dan memberikan konsultasi kepada masyarakat yang membutuhkan pengetahuan tambahan tentang gizi.

Tidak hanya itu, kedepannya layanan seperti spa dan massage pun bisa dilakukan di rumah. Bahkan beberapa diantarannya layanan online yang diprakarsai oleh Go-jek sudah melakukannya ini dengan cara mengirim profesional khusus terapi untuk memulai dengan cara mengunjungi pelanggan yang memesan layanan jasa mereka.

  1. Jasa pendidikan

Pendidikan saat ini semakin penting diperlukan bagi anak-anak. Oleh karena itu tidak jarang sebagian profesional atau seseorang yang memiliki sertifikasi guru membuka jasa pendidikan sebagai jenis usaha rumahan setelah mengajar di sekolah.

Bahkan, bukan tidak mungkin pada tahun 2017 nanti jasa pendidikan yang dilakukan di rumah merupakan salah satu bisnis yang akan semakin laris. Para orang tua tidak perlu membuang-buang waktu mengantarkan anak-anaknya ke tempat-tempat bimbingan belajar yang lokasinya sangat jauh dan membuang-buang waktu. Namun dengan adanya seorang profesional yang bisa mengajar di dekat rumahnya, maka anak-anak pun bisa belajar dengan lebih santai dan fleksibel tanpa harus memikirkan waktu.

  1. Usaha yang berkaitan dengan otomotif

Jenis usaha rumahan berikutnya diperkirakan akan populer adalah terkait dengan otomotif. Mulai dari membuka bengkel sederhana khususnya untuk kendaraan bermotor roda dua. Jumlah kendaraan bermotor roda dua yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir memungkinkan keubtuhan akan perawatan, penambahan aksesoris dan lain-lainnya juga akan meningkat.

Baca Juga: 4 Inspirasi Peluang Usaha Terbaru

Tidak hanya membuka bengkel, kamu juga bisa menggunakan otomotif sebagai landasan untuk menjalankan bisnis rumahan dengan cara menjadi reseller untuk berbagai suku cadang hingga aksesoris. Tentunya tidak hanya untuk kendaraan roda dua saja, namun juga kendaraan roda empat atua mobil.

  1. Elektronik

Pada dahulu kala tidak jarang kita melihat beberapa rumah sering menjadi tempat usaha memperbaiki perangkat elektronik. Meskipun sempat menghilang, dan kurang populer berada di lingkungan perumahan namun jenis usaha rumahan yang satu ini diperkirakan akan kembali menjadi pilihan banyak masyarakat untuk memulai usahanya sendiri.

Baca Juga: 2017: Saatnya Membuat Usaha Bisnis Baru

Pertumbuhan pembelian perangkat elektronik seperti televisi, kulkas, ac, hingga ponsel pintar yang cukup baik menjadi alasannya. Selain itu tidak jarang pula, beberapa perangkat elektronik mudah rusak. Nah! Momen ini yang sebaiknya dimanfaatkan dengan tepat.

Agar masyarakat tidak perlu membuang waktunya untuk pergi ke tempat yang jauh untuk memperbaiki perangkat elektroniknya, kenapa tidak memulainya sendiri dari rumah kamu.

Sebenarnya masih banyak peluang jenis usaha rumahan lainnya yang diperkirakan akan menjadi tren dan bisnis jasa merupakan salah stu tren yang akan semakin banyak dijalankan oleh masyarakat. Tertarik mencobanya?