Jenis dan Daftar Pinjaman Bank BRI

Kredit atau hutang bagi sebagian besar orang merupakan solusi yang paling mudah serta dianggap sebagai solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan dana. Di sini, dana diartikan sebagai modal usaha, dana untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau rumah tangga, serta dana untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Dalam dunia bisnis, hutang disebut sebagai modal untuk ekspansi usaha, karena dana yang berasal dari hutang memiliki sifat ketersediaan yang cepat dibandingkan dengan dana yang tersedia dari kas perusahaan. Begitu pula dengan kebutuhan pribadi. Dana dari hutang bisa digunakan ketika kita ingin melakukan renovasi rumah, membeli mobil, ataupun kebutuhan lain yang membutuhkan dana yang banyak dalam sekali waktu.

Untuk kebutuhan dengan dana yang banyak, tidak bisa mengandalkan dari uang yang dikumpulkan melalui tabungan, karena pastinya akan memakan waktu yang lama hingga uang tersebut terkumpul semua. Maka, meminjam uang di bank menjadi solusi yang dipilih oleh sebagian besar orang.

Salah satu bank di Indonesia yang menawarkan pinjaman uang secara tunai adalah Bank BRI. Dari salah satu bank nasional ini, terdapat banyak jenis pinjaman yang bisa dijadikan pilihan. Adapun daftar pinjaman Bank BRI adalah sebagai berikut:

Kupedes

Salah satu daftar pinjaman Bank BRI meliputi Kupedes, yang merupakan pinjaman mikro dimana kredit dengan bunga bersaing yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi, ditujukan untuk individual (badan usaha maupun perorangan) yang memenuhi persyaratan dan dilayani di seluruh BRI Unit dan Teras BRI.

Kredit agunan kas

Program kredit ini merupakan jenis pinjaman ritel di mana kredit yang seluruh jaminannya berupa kas (fully cash collateral).

Kredit investasi

Program kredit lain yang masuk ke dalam daftar pinjaman Bank BRI merupakan kredit investasi, yang merupakan jenis pinjaman ritel yang memiliki pengertian kredit jangka menengah atau jangka panjang untuk membiayai barang modal / aktiva tetap perusahaan, seperti pengadaan mesin, peralatan, kendaraan, bangunan dan lain-lain.

Kredit modal kerja

Program kredit yang merupakan jenis pinjaman ritel yang dipakai untuk membiayai operasional usaha, termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang dan persediaan.

Kredit modal kerja ekspor

Adalah jenis pinjaman ritel yang dipakai untuk pembiayaan produksi atau pembelian barang-barang untuk di ekspor (pre-ekspor financing) atau pembiayaan kepada nasabah yang akan melakukan negosiasi wesel ekspor (post ekspor financing).

Kredit modal kerja konstruksi

Kredit modal yang berbentuk pinjaman ritel yang dipakai untuk pembiayaan jasa konstruksi atau pekerjaan yang berhubungan dengan penyelesaian suatu proyek. Misalnya, proyek pembangunan gedung, perumahan, jalan, pekerjaan supervisi konstruksi, pekerjaan penyediaan barang atau jasa yang terkait dengan proyek.

Kredit modal kerja konstruksi BO I

Adalah jenis pinjaman ritel yang dipakai untuk seluruh pekerjaan jasa konstruksi yang sumber pembayarannya berasal dari dana APBN.

Kredit BRI Guna

Berbeda dengan beberapa jenis kredit di atas, Kredit BRI Guna merupakan jenis pinjaman ritel yang diberikan kepada calon debitur atau debitur BRI dengan sumber pembayaran yang berasal dari sumber penghasilan tetap (gaji/uang pensiun). Dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non produktif, misalnya pembelian aset bergerak atau tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah atau sekolah, pengobatan, pernikahan dan lain-lain.

Jenis dan Daftar Pinjaman bank BRI

Solusi keuangan anda. Sumber: kompas.com

Kredit waralaba

Merupakan jenis pinjaman ritel yang diberikan dalam bentuk modal kerja dan investasi bagi usaha waralaba.

Kredit SPBU

Merupakan jenis pinjaman ritel yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi untuk usaha SPBU Pertamina.

Kredit resi gudang

Merupakan jenis pinjaman ritel yang diberikan atas jaminan Resi Gudang.

Kredit batubara

Adalah jenis pinjaman ritel yang diberikan untuk membiayai operasional perusahaan dalam rangka melakukan kegiatan yang berkaitan dengan eksploitasi dan jasa pertimbangan Batu Bara.

Kredit waralaba ALFAMART

Merupakan jenis pinjaman ritel yang diberikan untuk membiayai bisnis waralaba mini market Alfamart.

Baca juga: Kredit tanpa agunan Bank Permata

Kredit dengan pola angsuran tetap

Salah satu program kredit yang termasuk ke dalam daftar pinjaman Bank BRI, yang merupakan jenis pinjaman ritel yang memiliki pola angsuran tetap dengan kriteria jangka waktu maksimal pengembalian modal kerja sampai dengan 5 tahun (60 bulan) dan jangka waktu maksimal pengembalian kredit Investasi sampai dengan 10 tahun (120 bulan), Pola angsuran tetap, Suku bunga efektif.

Kredit agribisnis

Merupakan jenis pinjaman menengah yang diberikan kepada individu atau perusahaan yang bergerak di bidang pertanian (agribisnis) dalam arti luas, baik untuk kegiatan on-farm maupun off-farm dari hulu hingga hilir, seperti bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, perdagangan, penunjang dan jasa lainnya yang terkait bidang agribisnis.

KUR BRI

Adalah kredit investasi dengan plafon kredit sampai dengan Rp 500 juta yang diberikan kepada usaha mikro, kecil dan koperasi yang memiliki usaha produktif yang akan mendapat penjaminan dari Perusahaan Penjamin.

KUR TKI BRI

Merupakan kredit yang diberikan kepada TKI yang digunakan untuk pengurusan dokumen, pelatihan dan pemberangkatan TKI ke luar negeri.

Demikian lah pilihan program kredit yang termasuk ke dalam daftar pinjaman Bank BRI yang bisa dijadikan referensi keuangan anda. Apabila anda ingin melakukan pinjaman, maka tunggu apalagi! Anda dapat memilih jenis kredit sesuai dengan kebutuhan anda.