Intip Cara Dapat Pinjaman Tanpa Jaminan (Agunan) dan Kartu Kredit, Yuk!

Seperti yang sama-sama kita ketahui, saat ini kondisi perekonomian nasional sedang dalam taraf yang jauh dari kata stabil. Hal tersebut ditambah dengan kebutuhan hidup yang tak dapat ditunda-tunda  menyebabkan masyarakat semakin gencar dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk—paling tidak—menjaga kestabilan perekonomiannya sendiri.

Maka, mau tak mau, memutar akal untuk mencari jalan mengumpulkan pundi-pundi rupiah tersebut dengan cepat telah menjadi PR yang harus segera diselesaikan.

Dalam keadaan yang sangat terdesak untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, mencari dana pinjaman merupakan salah satu cara yang paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan dana segar. Namun, untuk dapat meminjam di tempat-tempat atau di lembaga-lembaga pembiayaan yang menawarkan pinjaman uang tersebut, kebanyakan menyertakan syarat khusus berupa memiliki jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit.

Sayangnya, tidak semua masyarakat memiliki kedua hal tersebut. Kemudian, apakah orang-orang yang mempunyai kebutuhan terdesak dan berniat melakukan pinjaman itu bisa mendapatkan pinjaman tanpa memiliki jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit? Tentu saja bisa!

  • Hal yang pertama harus dilakukan adalah mencermati segala lembaga keuangan yang berbunga. Ini adalah hal yang perlu kita ketahui lebih dalam sebelum mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit. Saat ini, lembaga-lembaga pembiayaan seperti bank maupun non-bank yang meliputi koperasi simpan pinjam dan BMT syariah memang telah bersedia menawarkan pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit. Namun, jika kita ingin memilih opsi ini untuk pinjaman, maka kita harus siap dengan bunga yang dikenakannya. Dengan adanya bunga tersebut, tentu saja kita harus menyiapkan dana yang lebih saat mengembalikan atau mencicil pinjaman tersebut.
  • Melakukan pinjaman Semakin majunya teknologi memberikan banyak keuntungan kepada kita. Karena banyak sekali inovasi-inovasi baru yang diberikan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan membantu pelaksanaan kebutuhan kita sehari-hari. Salah satu di antaranya yang muncul di tengah masyarakat seiring dengan kemajuan teknologi ini ialah jasa pinjaman online. Tanpa memerlukan jaminan (agunan) dan kartu kredit serta syarat yang masih terbilang cukup mudah bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan keuangan kita. Pilihan ini hampir sama dengan pilihan sebelumnya, kita harus dengan cermat memerhatikan nilai bunga dari pinjaman yang akan kita lakukan.

Nah, sudah ada dua opsi di atas. Namun, seandainya kita bisa mendapat pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit maupun bunga, tentu lebih baik hal itulah yang dipilih. Berikut ini terdapat beberapa solusi yang bisa dipilih untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit maupun bunga.

  1. Meminjam ke Orangtua


pinjam uang

Solusi pertama untuk bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit maupun bunga adalah dengan meminjam dana dari orangtua. Percayalah, bahwa hal-hal yang positif dan menunjang kehidupan atau karier kita akan selalu didukung penuh oleh orangtua. Mereka akan senantiasa mendukung anaknya. Namun yang harus diingat, jangan meminjam hanya untuk hal-hal yang tidak baik ataupun sia-sia. Pinjamlah untuk hal-hal yang memang benar-benar diperlukan dan menjadi prioritas utama. Dengan keseriusan dan niat yang positif, tentunya akan banyak pihak yang mendukung dan mencoba membantu kesulitan kita, termasuk orangtua.

  1. Meminjam ke Saudara atau Kerabat

pinjam uang ke saudara

Saudara atau kerabat juga merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah keuangan yang mendesak untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit maupun bunga. Ini adalah jalan keluar berikutnya jika memang cara pertama untuk meminjam kepada orangtua gagal karena orangtua mungkin sedang tidak memiliki kelebihan dana yang bisa dipakai untuk meminjamkan kita.

Saudara kandung atau para kerabat adalah orang-orang terdekat yang biasanya tidak akan melakukan banyak perhitungan untuk menolong saudara atau kerabatnya yang sedang kesulitan, termasuk soal kesulitan keuangan. Namun kembali lagi, hal ini hanya bisa dilakukan jika kita benar-benar membutuhkan dana untuk pemenuhan kebutuhan yang menjadi prioritas. Bukan hanya sekadar untuk pemenuhan keinginan semata. Saudara atau kerabat yang tahu betul perjuangan kita pasti tidak akan pikir panjang untuk membantu.

  1. Meminjam ke Sahabat atau Teman Dekat

pinjam uang sahabat

Berikutnya, cara untuk bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit maupun bunga adalah dengan meminjamnya dari sahabat atau teman dekat. Hal yang harus kita percaya lagi adalah jika kita selalu tampak maksimal dalam memperjuangkan hidup, pun selalu tampak bersemangat dalam meraih apa yang kita tuju dengan usaha yang maksimal, maka bukan tidak mungkin sahabat atau teman dekat itu ikut bersemangat juga untuk membantu kita mewujudkan tujuan kita tersebut.

Dan perihal yang harus dijaga setelah mendapat kepercayaan sahabat atau teman dekat untuk dipinjamkan dana adalah menjaga amanahnya untuk menggunakan dana tersebut dengan baik. Maka, ketika kita berada di posisi yang sama lagi, mereka tidak akan ragu untuk membantu lagi.

Begitulah beberapa cara untuk bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan (agunan) dan/atau kartu kredit yang bisa kita pilih. Sekali lagi, untuk urusan yang satu ini, kita memiliki pilihan untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga ataupun tanpa bunga. Untuk menentukannya, semuanya tergantung pada kebijakan masing-masing dalam memilih. Yang pasti, jangan sampai terjerat oleh utang yang bertumpuk-tumpuk dan sebisa mungkin untuk sesegara mungkin menyelesaikan tanggungan tersebut.