Ini dia 6 pengeluaran lebaran yang mesti di persiapkan agar keuangan sesudah Lebaran tetap OK

Jauh jauh hari sebelum lebaran ada beberapa pengeluaran penting yang harus anda perhatikan dan di perhitungkan agar keuangan keluarga tidak mengalami kebocoran parah.jangan sampai ketika kita balik dari mudik kita kekurangan uang untuk melanjutkan kehidupan setelah lebaran. Apa saja sih..?

1.Persiapan biaya bulan Ramadhan

bukber

Biasa nya pengeluaran di bulan Ramadhan makin melonjak di banding dengan bulan biasa, karena konsumsi masyarakat di bulan ini juga meningkat, untuk itu perlu di persiapkan sejak jauh jauh hari.Banyak sekali kegiatan atau event yang mengambil tema di bulan puasa seperti buka bareng, santunan sahur dan lain lain.

Ramadha bukan lagi di maknai sebagai bulan beribadah bagi masyarakat muslim tapi juga banyak yang memaknai nya sebagai bulan konsumtif, banyak sekali keperluan hidup yang mesti di persiapkan menjelang lebaran atau di masa bulan puasa.

2.Pakaian baru

pakaian lebaran

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia kalau kita menghadapi Lebaran kita mengenakan pakaian yang baru, dan ini adalah salah satu pengeluaran yang besar juga.Karena seorang pasti memerlukan beberapa potong pakaian, tidak hanya baju atau celana aja tapi juga dengan aksesories nya.

Apalagi kalau keluarga kita terdiri dari beberapa anggota keluarga di tambah dengan pembantu rumah tangga tentu nya pengeluaran budget lebaran makin membengkak.

  1. Hadiah Lebaran

hadiah lebaran

 

Walaupun hadiah lebaran bukan merupakan kewajiban, tetapi seperti kebiasaan lebaran lainnya , hadiah lebaran juga sudah merupakan tradisi yang sedah menjadi kebiasaan masyarakat setiap lebaran datang.

Kita harus bisa menyiapkan banyak hadiah lebaran untuk saudara atau teman baik itu hadiah kue kue atau pun sekedar uang jajan untuk keponakan keponakan kita.Walaupun kelihatannya sepele tapi hadiah lebaran menjadi hal yang tak terpisah kan dari acara lebaran.

4.Biaya Mudik

Persiapan-Mudik

Mudik biasa nya memerlukan budget khusus,terutama yang bawa kendaraan sendiri tentu nya memerlukan budget untuk perbaikan kendaraan atau sekedar service rutin kendaraan persiapan kehandalan kendaraan perlu di siapkan untuk menghadapi perjalanan jauh dan kemacetan yang panjang.

  1. Acara Lebaran

acara idul fitri

Silaturahmi lebaran adalah inti dari lebaran sendiri,acara ini baiasa nya menjadi puncak perayaan lebaran karena arena untuk berkumpul nya banyak keluarga dan sahabat.Untuk acara ini di perlukan budget khusus, karena acara silaturahmi lebaran ini bisa memakan waktu sampai seminggu lebih.

6.Biaya pengganti pembantu rumah tangga

prt

Ketika lebaran tiba banyak pembantu rumah tangga yang juga pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga,untuk sebagian wanita yang tidak biasa mengurus rumah tangga sendiri tentunya sangat merepotkan, oleh karena itu dianjurkan untuk menyewa pembantu rumah tangga pengganti karena anda akan keleahan sendiri bila menghandle pekerjaan rumah tangga sendiri.