Ide Bisnis yang Terinspirasi dari Sosok Bu Tejo

Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata Bu Tedjo? Tentunya sosok ibu-ibu berjilbab hijau yang hobi gibah. Ya, karakter Bu Tedjo memang jadi sosok viral di mana-mana. Bahkan, meme Bu Tedjo Gibah sudah sering beredar di grup Whatsapp grup. Namun, tahukah kamu berawal dari viral dari film pendek Tilik, karakter Bu Tedjo sekarang laris di mana-mana. Siapa tahu bisa jadi ide bisnis kamu kan? 

Arti kata gibah

Bahas Bu Tedjo memang gak jauh dari kata gibah. Sebenarnya apa sih gibah itu? Menurut KBBI daring, gibah adalah membicarakan keburukan (keaiban) orang lain atau disebut juga bergunjing. Nah, di dalam film tersebut Bu Tedjo sering melakukan gibah atau bergunjing tentang karakter Dian.

Gibah memang bukan kegiatan yang positif. Kita tentu sebaiknya menghindari gibah ini. Nah, cara mengatasi gibah antara lain, yaitu menjaga perkataan, saling mengingatkan, dan selalu berpikir positif. Namun, gibah di film ini terbukti bisa memberikan manfaat positif.

Gibah membawa rezeki

Ya, viralnya sosok Bu Tedjo ini ternyata membawa hoki bagi sang pemeran yaitu Siti Fauziah. Setelah perannya di film tersebut, Siti kebanjiran orderan iklan dengan karakter Bu Tedjo. Mulai dari iklan salah satu merek kacang hingga mie instan. Tak hanya membawa rezeki buat si pemeran, keviralan Bu Tedjo juga menjadi lahan bisnis untuk orang lain.

Baca juga: https://uangteman.com/blog/blog/demam-sepeda-melanda-saat-new-normal-alasan-manfaat-dan-cuan-bisnisnya/

Salah satunya yaitu banyaknya kaos-kaos costum dengan gambar meme Bu Tedjo yang khas. Kaos ini banyak dijajakan di toko-toko online dengan harga yang variatif. Contohnya kaos ini yang dijual dengan harga Rp 145.000 per kaos.

Kaos dengan ilustrasi muka Bu Tedjo ini bertemakan Mutiara bijak yang mengutip perkataan khas dari Bu Tedjo yang salah satunya yaitu “Saiki Mbok Yo Do Mikir”.

Kaos lainnya ada yang dijual dengan harga Rp 75.000 per kaos. Temanya lebih simple dengan gambar capture-an dari salah satu adegan film Tilik dengan kata-kata khas, “Jadi orang itu yang solutif gitu loh”

Baca juga: https://uangteman.com/blog/blog/puding-oreo-dessert-manis-bisa-jadi-ide-bisnis/

Rata-rata dari kaos ini dijual dengan system pre order. Artinya, kamu harus memesan dan membayar terlebih dahulu sesuai dengan waktu yang ditetapkan, baru kaos akan dikirim setelah selesai diproduksi.

Ide bisnis unik

Sebenarnya ada satu ide bisnis lagi yang gak kalah unik. Yaitu jualan satu set pakaian ala Bu Tedjo lengkap dengan bros-nya. Namun, sepertinya ini hanya gurauan karena setelah dicek di toko online yang dimaksud iklan tersebut tidak tersedia. Ini dia iklan yang dimaksud:

Kalau kamu merasa ide menjual pakaian lengkap ala Bu Tedjo ini bisa jadi bisnis yang menarik, silakan dicoba saja. Bisnis ini sebenarnya cocok juga dilakukan untuk kamu yang memiliki usaha penyewaan kostum. Jika biasanya kamu menyewakan kostum-kostum dari luar negeri seperti Spiderman, Wonder Woman, atau Super Man, kenapa tidak mencoba menyewakan kostum khas Bu Tedjo Gibah? Siapa tahu laku, kan?

Dok foto: Tokopedia

Baca juga: https://uangteman.com/blog/blog/bisnis-untuk-pemula/