Ibu Rumah Tangga atau Wanita Karier, Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Melek Finansial

Melek finansial adalah kemampuan esensial dan langkah pertama agar bisa mandiri secara finansial. Seseorang dapat dikatakan melek finansial jika ia memiliki pengetahuan di bidang keuangan, misalnya jika tau perbedaan antara pengeluaran yang baik dan tidak baik. Melek finansial juga bisa berarti memahami pentingnya tabungan dana darurat dan memiliki dana darurat minimal sama dengan pengeluaran 3 bulannya.

Seorang wanita yang mengerti keuangan akan berusaha menabung dan mempersiapkan minimal 3 hingga 6 kali biaya bulanan dalam bentuk dana yang mudah dicairkan. Sama halnya, dengan mengetahui jenis perlindungan asuransi yang memperoleh izin dari OJK dan disiplin mengalokasikan penghasilan untuk membayar premi asuransi sebesar 10%.

Kalau kamu sendiri gimana, sudah melek finansial belum? Karena berdasarkan literasi keuangan  dari OJK tahun 2018, tingkat pemahaman produk dan jasa keuangan masyarakat Indonesia meningkat, sejalan dengan kemampuan mereka dalam mengakses lembaga jasa keuangan. Dengan mengetahui dan mengerti pemahaman tentang produk keuangan, menjadikan langkah awal untuk mandiri secara finansial. Contohnya, kamu ternyata bisa lho menyimpan uang kamu gak hanya di rekening bank, tetapi juga jenis tabungan deposito dengan mendapatkan keuntungan bunga yang lebih tinggi.

Wanita yang mandiri secara finansial artinya telah memiliki penghasilan, tabungan sendiri sehingga tidak bergantung pada orang lain dan mengalokasikan uangnya sesuai kebutuhan. Tujuan menjadi wanita yang mandiri secara finansial yaitu memiliki dana simpanan untuk membantu kamu berjaga-jaga di kemudian hari. Selain itu, secara kepribadian kamu menjadi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan, kamu juga lebih siap dalam menghadapi berbagai situasi. Dari sisi karir, nilai jual kamu lebih tinggi dan berpeluang mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih baik. Mengerti soal finansial bukanlah yang mudah, membiasakan diri dan memulainya dari hal kecil seperti mengatur gaji menjadi langkah untuk mandiri secara finansial.

Baik bagi ibu rumah tangga dan wanita karir keduanya memiliki peranan penting dalam mengatur keuangan. Namun, dari hasil riset OJK menyatakan bahwa tingkat literasi keuangan wanita Indonesia masih rendah. Hal ini yang kemudian menjadikan wanita rentan terkena dampak keuangan yang tidak stabil. Berikut alasan yang perlu kamu ketahui agar kamu mau melek finansial

Arti Menjadi Wanita yang Melek Finansial Bagi Ibu Rumah Tangga

Mengelola Penghasilan dari Suami

Dalam sebagian rumah tangga, keuangan diatur oleh istri, sehingga perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga dimulai dari peranan seorang wanita. Nah, dengan begitu hal ini menjadi bukti bahwa kamu perlu untuk melek secara finansial, bukan?

Pengetahuan tentang keuangan akan menjadi bekal penting untuk mengambil keputusan finansial yang tepat. Mulai dari keputusan terkait pengeluaran bulanan, tabungan, dana pendidikan, budget kebutuhan rumah tangga, hiburan, serta dana asuransi. Semua pos pengeluaran ini perlu diatur pembagiannya dan dilakukan secara konsisten.

Mengetahui Jenis Pinjaman

Dari alasan pertama biasanya membuat ibu rumah tangga menjadi lebih ketat dalam mengelola keuangan karena terbatasnya penghasilan utama dari suami. Kemudian, jika jumlah pemasukan tidak mencukupi, bukan berarti berutang dilarang melainkan bijak dan mengetahui aturannya.

Jika saat sebelum gajian kamu menemui kebutuhan yang mendesak, kamu bisa lho meminjam di UangTeman dan kamu bisa bayar sesudah gajian. Namun kamu pun perlu bijak menghitung besaran utang yang bisa kamu pinjam, agar saat gajian tiba kamu bisa membayar jumlah yang ditagihkan. Salah satu aturan mendasarnya adalah maksimal total jumlah cicilan sebesar 30% dari penghasilan bulanan. Misalnya penghasilan UMR sebesar Rp3 juta, maka total jumlah pinjaman yang dapat kamu cicil yaitu Rp900 ribu. Kamu juga wajib tau ya, mencari sumber utang tidak boleh sembarangan, lembaga resmi yang disarankan OJK yaitu bank, pembiayaan dan pegadaian.

Melek Finansial Juga Penting bagi Wanita Karier  

Mengelola Batasan Keuangan antara Suami dan Istri

Membuat batasan pengelolaan keuangan antara suami dan istri yang bekerja seperti menyimpan di rekening terpisah atau membagi tugas pembayaran merupakan salah satu alasan perlunya melek finansial bagi seorang wanita karier. Misalnya, pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari dari penghasilan istri atau pembayaran cicilan rumah dari gabungan penghasilan suami-istri. Meskipun secara umum, dengan berpasangan menabung menjadi lebih mudah dilakukan akan tetapi jika tidak dibagi dan diatur, pengeluaran menjadi tidak terkendali karena merasa memiliki double income.

Buat kamu wanita bekerja, tidak akan khawatir lagi bergantung pada uang suami jika hendak membeli perlengkapan kecantikan. Namun, istri juga perlu sadar kebutuhan rumah tangga, dengan membatasi uang di antara keduanya, masing-masing kebutuhan akan terpenuhi. Misalnya biaya hidup dan pendidikan untuk anak menjadi lebih ringan jika ditanggung berdua. Secara psikologi, beban suami sebagai pencari nafkah utama terbantu oleh istrinya. Tapi, akan sama halnya jika istri tidak dapat mengelola uangnya.

Mempertimbangkan Masa Pensiun Bekerja

Dengan mengetahui waktu berhenti masa kerja dari pasangan masing-masing, membantu untuk mengestimasi pemasukan dan pengeluaran yang semula ditanggung berdua. Misalnya, dana pendidikan anak yang sebelumnya direncanakan dari hasil tabungan pasangan. Hasil survei dari HSBC menyatakan hanya 30% responden yang sadar untuk memulai investasi untuk masa pensiun. Meskipun sumber dana lain dapat menopangnya seperti dari tempat kerja, akan tetapi jumlah tabungan menjadi semakin berkurang. Dengan begitu, penting mengetahui dan merencanakan kapan masa aktif bekerja telah selesai. Hal ini bermanfaat bagi kelangsungan hidup finansial di hari tua nanti.

Memahami Hak dan Kewajiban Finansial di Kantor

Sejalan dengan masa pensiun, sebagai wanita bekerja perlu memahami hak dan kewajibannya terkait keuangan di kantor seperti potongan gaji, pembayaran pajak, asuransi swasta dan iuran BPJS Kesehatan serta Ketenagakerjaan. Hal ini membantu kesiapan diantara pasangan, misalnya tersedianya dana asuransi dan pensiun dari perusahaan, sehingga hanya perlu menyiapkan asuransi kesehatan dan pendidikan untuk anak. Penting untuk kamu tau besaran pembayaran pajak penghasilan, seperti jumlah iuran per bulan untuk pribadi kawin atau tidak kawin, meskipun rumit dan telah dibayarkan oleh perusahaan, pengetahuan ini membantu kamu untuk mengetahui jumlah bersih pemasukan yang didapatkan.

Baik ibu rumah tangga ataupun wanita karir penting untuk memahami keuangan, selain melatih untuk hidup lebih hemat juga menjamin perencanaan masa depan yang lebih baik. Selain itu, memiliki perlindungan dari kejadian yang tidak terduga turut serta menjadi alasan perlunya wanita melek soal finansial. Hal ini menjadikan wanita lebih percaya diri dalam pengambilan keputusan serta berbagai kondisi dan situasi.