Cara Mudah Membuat Contoh Proposal Bisnis

contoh proposal bisnis

Contoh proposal bisnis bisa jadi inspirasi, pelajari rencana bisnis dan modal anda meski kecil misalnya UKM tapi bisa juga maju seperti waralaba atau franchise

Dalam berbisnis, memang memiliki banyak cara untuk mencapai sukses. Hanya saja, terdapat perbedaan kemauan dan kemampuan dalam diri seseorang untuk bersedia maju atau hanya focus yang hanya ingin sampai di titik itu saja. Baik itu untuk bisnis utama atau untuk bisnis sampingan yang ingin dikembangkan lebih pesat lagi. Dimana dalam bisnis ini, seorang pebisnis dapat meminta bantuan dan inspirasi dengan para bisnis lain yang lebih maju dan lebih sukses darinya. Tentu saja, seorang pebisnis harus memiliki gambaran yang sedemikian rupa untuk mengembangkan usahanya dengan bantuan dari mereka yang telah sukses lebih dahulu.

Dapat kita ketahui bahwa bentuk tersebut termasuk kerjasama yang sama-sama menguntungkan. Yang biasa disebut dengan proposal bisnis, yang mana proposal ini berisikan bentuk kerjasama untuk meminta bantuan dan nantinya pihak tersebut akan mendapatkan keuntungan juga. Tentu saja, dapat dimulai dengan menuliskan proposal yang bagus, sebuah proposal yang menuliskan tentang kebenaran dari rancangan dan tujuan utama dari bisnis Anda tersebut. Hal ini biasa juga untuk mendapatkan keuntungan yang sama-sama bisa didapatkan oleh kedua pihak. Untuk Anda yang memulai sebuah bisnis atau usaha, Anda bisa menggunakan proposal bisnis untuk menjalankan dan memajukan bisnis Anda.

Dalam dunia bisnis, sebuah proposal tersebut bukan hanya untuk kerjasama tapi untuk menjalin hubungan yang lebih baik. Di sini, dalam membangun sebuah proposal harus memenuhi beberapa kriteria yang wajib ada dalam isi proposal tersebut. Sehingga, pihak tersebut dapat menerima tawaran dari Anda dan usaha Anda dengan baik. Terlebih lagi tidak sedikit dari kita yang mendapatkan penolakan dari proposal tersebut dikarenakan proposal tersebut tidak memiliki kejelasan atau tujuan yang jelas. Dan contoh berikut ini ialah hal-hal yang harus ada dalam sebuah proposal bisnis, yaitu:

Bab 1 atau pendahuluan

Bab ini yang berisikan latar belakang, bagaimana usaha Anda itu di bangun dan apakah alasannya. Selain itu, posisi bisnis Anda di pasar, adakah posisi yang baik bagi bisnis tersebut untuk saling bersaing di pasar dan di pilih dan digunakan oleh banyak orang. Dalam bab ini juga menjelaskan bagaimana visi dan misi dari usaha Anda, adakah sesuatu hal yang menarik dengan tujuan bisnis ini? Lalu, berikan penjelasan juga terhadap gambaran pasti apa saja yang ada dalam bisnis yang ingin Anda kembangkan tersebut.

Bab 2 atau profil dari usaha atau bisnis

Dalam bab 2 ini, berisikan pokok dari tujuan proposal bisnis yang ingin Anda kembangkan. Yang dimulai dari:

– Jenis usaha
Jelaskan lebih mendetail seperti apakah usaha tersebut, lalu berikan contoh yang real dari bentuk usaha tersebut. Hal ini sebagai bukti yang sangat memiliki peran penting dalam sebuah proposal.
– Nama perusahaan
Pilihlah nama perusahaan yang bagus dan mudah diingat, apalagi untuk bisnis yang akan dijalani tersebut, anggap saja misalnya anda memulai bisnis UKM, bisnis franchise atau bisnis waralaba modal kecil
– Lokasi
Setiap bisnis pasti memiliki sebuah lokasi yang mana di tempat itulah bisnis tersebut berada. Tuliskan data lokasi tersebut secara lengkap.

Struktur organisasi

Struktur organisasi pasti dimiliki oleh setiap perusahaan untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Di sini, Anda bisa menuliskan siapa pemilik usaha tersebut, lalu jumlah karyawan dan bagaimanakah sistem management yang digunakan bisnis tersebut. Tuliskan secara lengkap dan mendetail, sehingga sebuah kejelasan terpampang dengan jelas dan setiap struktur mempunyai bagian yang dapat bertanggungjawab terhadap tugasnya.

Produk perusahaan

Bisnis yang Anda jalankan, pasti memiliki produk atau jasa yang bisa dipromosikan atau di tawarkan. Dimana, jenis produk atau jasa tersebut menjadi faktor utama dari proposal bisnis ini. Lalu dilanjutkan dengan bagaimana proses pembuatan dari produk tersebut atau proses pelaksanaan dari service tersebut. Dari proses tersebut, pasti akan terlihat kelebihan dan keunggulan, yang bisa menjadi sebuah alasan untuk diterimanya proposal ini. Jadi, berikan juga kelebihan dari bisnis Anda tersebut, bahwa bisnis tersebut memang layak untuk dijadikan kerja sama yang saling menguntungkan.

Target dari bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki sebuah target khusus yang lebih besar untuk berkembang di pasar secara bebas atau hanya di beberapa tempat saja. Atau untuk siapa sajakah bisnis tersebut dapat diterapkan, untuk semua umur atau semua kebutuhan di setiap harinya. Ataukah hanya untuk usia dan kebutuhan tertentu saja. Berikan penjelasan yang menarik dengan sesuai fakta, karena nantinya akan dapat diketahui kebenaran dari penjelasan dalam bisnis tersebut.

Laporan keuangan

Di sini, laporan keuangan mencakup alokasi dana, perhitungan keuntungan dan perhitungan keuntungan. Tentu saja hal ini sangat penting sebagai jaminan adanya kerjasama untuk proposal bisnis yang akan diterima pada nantinya. Jadi, usahakan keuntungan tersebut dapat terbagi rata dan tidak ada yang saling dirugikan. Bila saja nanti proposal dapat diterima, bisa jadi terdapat beberapa penawaran dalam kerja sama tersebut. Sehingga, buatlah semenarik mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang benar-benar rata.

Penutup

Bagian ini dapat Anda cantumkan kesimpulan dari proposal Anda dan ucapan terima kasih. Bagian ini pun tidak boleh ditinggalkan karena Anda bisa menuliskan beberapa harapan untuk dapat bekerja sama dengan pihak tersebut. Dan perlu Anda ketahui bahwa menjalin kerja sama tidaklah mudah, maka, berikanlah sebuah penutup yang sopan.

Beberapa bagian tersebut menjadi komponen yang harus ada di sebuah proposal bisnis. Di sini, seperti yang kita tahu bahwa tidak semua pihak dapat bersedia untuk bekerja sama. Untuk itu, pilihlah pihak yang dapat bekerja sama dengan baik. Seperti memiliki sebuah hubungan kerja yang baik, tidak harus satu bentuk dalam usaha yang akan dilakukan. Dimana, setiap pihak tidak menjamin sebuah kerja sama, maka Anda pun bisa mencari pihak lainnya untuk mendapatkan kerja sama yang saling menguntungkan satu sama lain. Di sini, Anda harus mendapatkan konfirmasi sehingga tidak menunggu lama tanpa kepastian. Dalam artian Anda yang harus lebih aktif untuk mendapatkan kepastian dari proses proposal tersebut. Bila pun nantinya Anda harus memberikan presentasi, siapkan bahan presentasi yang bagus dan lengkap. Usahakan semua yang ada dalam bisnis Anda, berada dalam proposal dan atau pada presentasi tersebut.

Disini, Anda sebagai pebisnis atau sedang ingin mengembangkan bisnis, dapat melalui sebuah proposal. Karena, dengan proposal bisnis dapat membantu Anda untuk menjalin sebuah hubungan kerja yang baik dan lebih bisa mengembangkan sebuah bisnis atau usaha, yang mana usaha Anda belum memiliki sebuah popularitas. Dengan sebuah kerjasama, Anda bisa mendapatkan sebuah peluang yang besar untuk mendapatkan popularitas dan juga keberhasilan dan kesuksesan dari usaha yang Anda lakukan tersebut.

Namun, dalam membangun usaha tersebut, harus diimbangi dengan sebuah kualitas dan kuantitas, sehingga memang layak untuk dijadikan sebuah kerja sama oleh pihak lain. Dan untuk itu, berikan juga penjelasan yang mencakup semua komponen bisnis Anda. Di sini, Anda bisa membuat beberapa proposal untuk diajukan kepada beberapa pihak yang terpercaya. Jadi, bukan hanya satu proposal saja, hal ini untuk memberikan antisipasi apabila satu proposal tidak diterima. Jadi, terdapat kemungkinan lain untuk dapat melanjutkan kerjasama dengan pihak lainnya.