Cara Mudah Cek IMEI untuk Pastikan HP Kamu Legal

Pernah beli HP black market (BM) dengan harga di bawah pasaran? Nah, pemerintah mulai memperketat aturan blokir International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk HP ilegal/BM tidak akan bisa mendapatkan sinyal dari operator seluler. Kenapa hal ini dilakukan? Bagaimana cara cek IMEI HP?

Mengutip dari laman CNBC, IMEI merupakan identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor desimal unik yang diperlukan untuk mengidentifikasi alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

Nomor IMEI didaftarkan ke Kemenperin ketika HP hendak dijual di Indonesia. Cek IMEI resmi memungkinkan pemerintah mengumpulkan semua nomor yang beredar dalam satu database. Pemerintah selanjutnya mencocokkan nomor IMEI dengan nomor identitas dalam SIM card atau Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number (MSISDN). Nomor MSIDSN berasal dari data operator seluler.

Baca juga: https://uangteman.com/blog/blog/beli-hp-cicilan-tanpa-kartu-kredit/

Aturan IMEI di Indonesia

Di Indonesia, aturan IMEI ini berlaku mulai 18 April 2020. Aturan blokir IMEI hanya berlaku bagi perangkat perangkat handphone, komputer genggam, dan komputer tablet, dan tidak berdampak bagi turis yang menggunakan layanan roaming.

Penerapan blokir IMEI ini merupakan skema whitelist yaitu metode preventif guna melindungi pelanggan dengan cara memberikan kepastian hukum perangkat sebelum dibeli oleh masyarakat.

Dengan mekanisme ini, konsumen yang membeli perangkat harus mengecek terlebih dahulu IMEI perangkat aktif atau tidak. Jika terbukti ilegal maka tidak akan mendapat jaringan dari operator sama sekali.

Baca juga: https://uangteman.com/blog/blog/cicilan-hp-tanpa-kartu-kredit/

Cara cek IMEI HP

Pertanyaannya bagaimana cara cek IMEI HP? Secara umum seperti dilansir Detik.com, ada 5 cara yang bisa kamu gunakan. Pertama dengan cara melihat langsung nomor IMEI di bagian punggung ponsel atau dekat baterai HP. Kedua dengan mengetik *#06#, dengan cara ini seri nomor IMEI akan langsung keluar sesuai jumlah slot kartu yang tersedia.

Ketiga, cek dari menu Seetings, lalu pilih About Phone, lalu Status, dan klik IMEI information. Keempat, jika tersedia dua slot SIM card pada satu HP, akan ada dua seri nomor IMEI yang tersedia. Kelima, setelah tahu 15 digit nomor IMEI HP, kamu bisa cek apakah HP kamu sudah terdaftar di laman https://imei.kemenperin.go.id/.

Beberapa produsen HP ada yang menyediakan situs sendiri sehingga konsumennya bisa langsung memeriksa keaslian ponsel dan IMEI miliknya. Misal cara cek IMEI Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mengakses https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.

Cek IMEI berlaku untuk semua merek HP yang digunakan masyarakat umum. Terbiasa cek IMEI Kemenperin untuk ponsel memungkinkan masyarakat menjadi konsumen cerdas yang hanya menggunakan produk berkualitas.

 Baca juga: https://uangteman.com/blog/blog/kredit-hp-online/