Cara Daftar, Syarat, dan Manfaat Kartu Pra Kerja

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan per 7 April 2020, dampak pandemik Covid-19 atau korona sangat terasa di Indonesia. Sebagai gambaran, jumlah pekerja/buruh/tenaga kerja yang terkena PHK ada sebanyak 1.010.579 orang.

Pemerintah mengambil inisiatif salah satunya melalui kartu pra kerja. Apa itu kartu pra kerja? Bagaimana cara mendapatkan kartu pra kerja? Apa saja manfaat kartu pra kerja?

Dikutip dari website kartuprakerja.go.id, kartu pra kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Menggandeng pelaku usaha swasta, program kartu pra kerja adalah wujud kerja sama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat.

Syarat mendapatkan kartu pra kerja 

Siapa saja yang bisa ikut daftar program kartu pra kerja? Program kartu pra kerja bisa diikuti warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Awalnya, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun, untuk merespon COVID-19, kartu pra kerja akhirnya diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Kartu pra kerja ini diharapkan bisa mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas, dan daya saing angkatan kerja. Oh iya, program ini hanya berlaku satu kali seumur hidup untuk setiap peserta.
Cara mendapatkan kartu pra kerja 
Beberapa di antara kamu mungkin masih bingung cara mendapatkan kartu pra kerja. Nah ini dia penjelasannya ya.
  • Pertama, kamu perlu buka website https://www.prakerja.go.id. Lalu, buat akun kartu pra kerja dengan menggunakan email yang aktif dan buat password. Setelah itu, klik Daftar dan kamu akan menerima notifikasi.
  • Kedua, buka email kamu lalu klik Verifikasi Email agar kamu bisa menggunakan akun kartu pra kerja.
  • Ketiga, setelah berhasil verifikasi email, lakukan login agar bisa masuk ke dashboard akun kartu pra kerja kamu. Kemudian, isi verifikasi KTP kamu dengan memasukkan 16 digit nomor KTP dan tanggal lahir kamu.
  • Keempat, lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP dan swafoto kamu dengan KTP  kamu. Kemudian, lakukan verifikasi nomor handphone kamu. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu. Lalu, klik verifikasi.
  • Kelima, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke. Berikutnya kamu wajib melakukan tes motivasi & kemampuan dasar. Isi tes tersebut sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.
  • Keenam, kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke. Berikutnya kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Setelah isi tes, hasil tes akan dievaluasi, mohon menunggu sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.
  • Ketujuh, pendaftaran kamu sedikit lagi selesai, kamu tinggal ikut seleksi gelombang. Pilih gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu. Tahap pendaftaran kamu selesai! Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos/bisa ikut gelombang yang pilih di Dashboard akun kamu.

Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan menerima bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Catat ya, kamu hanya bisa menggunakan saldo tersebut di mitra platform digital pelatihan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan. Jika sudah hangus atau kedaluwarsa, saldo/pagu bantuan pelatihan akan dikembalikan ke rekening kas negara.

Bisa digunakan di mana saja saldo kartu pra kerja?

Kamu bisa memilih beragam jenis pelatihan, dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain: cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Cek jenis-jenis pelatihan yang tersedia di situs Mitra Platform Digital seperti Tokopedia, Skill Academy by Ruang Guru, G2 Academy, Hacktiv8, Maubelajarapa, dan Bukalapak.

Manfaat kartu program pra kerja 

Setidaknya ada beberapa fungsi kartu pra kerja. Mulai dari membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan, mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch, dan menjadi komplemen dari pendidikan formal.

Selain itu, peserta kartu pra kerja juga mendapatkan benefit lain yang berupa insentif uang tunai. Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Pra kerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Insentif terdiri dari 2 hal yaitu insentif pelatihan yang besarannya Rp 600.000/bulan (selama 4 bulan) dan insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya adalah Rp 50.000/survei (akan ada 3 survei). Untuk insentif survei bisa diterima jika kamu telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id.

Insentif ini bisa kamu gunakan untuk meringankan biaya yang sudah kamu habiskan ketika pelatihan seperti makan, transport, dan pulsa. Atau bisa digunakan untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan. Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank kamu yang telah kamu daftarkan di akun kamu di www.prakerja.go.id.