Bisnis Sampingan Untuk Para Pegawai Kantoran

bisnis sampingan

Sumber:images.google.com

Menjalani profesi sebagai seorang karyawan tidak serta merta menutup potensi dan bakat orang tersebut untuk melakoni bisnis sampingan. Apalagi, jika gaji yang didapat dari kantor tergolong kecil. Waktu luang di sela-sela pekerjaan bisa dimanfaatkan untuk menjalani usaha sampingan, bisnis tersebut tentunya diharapkan dapat berkontribusi secara finansial guna menambah berbagai keperluan hidup. Selain itu, usaha sampingan adalah jalan untuk membentuk karakter seorang entrepreneur yang sesunguhnya, sehingga nantinya anda tidak akan kaget lagi ketika dihadapkan dengan problematika bisnis.

Usaha sampingan merupakan cikal bakal seseorang menjadi seorang pengusaha yang sesungguhnya. Pada fase ini, anda akan melatih diri sendiri untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Dalam hal ini, gagal bukanlah istilah yang perlu dihiraukan. Pasalnya, usaha tersebut masih sebatas sampingan di mana kegagalan hanyalah sebuah bumbu dan kesuksesan hanyalah sebuah bonus. Meski demikian, untuk menciptakan sebuah harmoni, fokus dan ulet dalam melakoni sebuah bisnis merupakan hal yang wajib.

Kenapa harus memulai bisnis sampingan?

  • Umumnya, perusahaan-perusahaan besar yang kini namanya cukup familiar memulai usaha tersebut dari sekedar iseng-iseng. Namun, berkat konsistensi dan semangat yang gigih, siapa sangka perusahan tersebut kian hari kian menyita perhatian publik. Untuk memulai sebuah bisnis, anda harus membuat konsep yang unik terlebih dulu. Selain unik, realistis juga menjadi salah satu faktor penting lainnya. Sebab, bisnis yang tidak realistis dan idealis sulit untuk diimplementasikan.

  • Banyak orang yang merintis bisnis sampingan dengan hanya bermodalkan kemampuan unik yang dimilikinya. Misalnya, anda mampu membuat desain interior rumah. Nah, tidak ada salahnya jika mencoba peruntungan dengan membuka jasa interior baik melalui forum-forum online atau pun sosial media. Bisnis interior terbilang sangat unik mengingat masih sangat sulit mencari jasa tersebut. Kalaupun ada, biasanya harga yang ditawarkan cukup membuat kantong bolong. Oleh karena itu, untuk menggaet pangsa pasar yang luas, berilah harga yang murah di awal. Ketika anda sudah memiliki beberapa client tetap, saatnya anda naikkan standar harga jasa interior tersebut secara bertahap.

  • Selama anda masih memiliki ide-ide kreatif, maka selama itulah anda bisa melahirkan ide-ide bisnis yang cemerlang. Membaca kondisi dan mencari hal yang unik merupakan salah satu jalan untuk menciptakan sebuah ide. Nantinya ide tersebut harus dituangkan ke dalam bisnis yang kreatif. Dicibir atau bahkan diremehkan orang lantaran ide usaha anda terdengar mustahil merupakan hal yang wajar. Justru, anda harus lebih termotivasi dengan kondisi tersebut. Buktikan, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika hal tersebut dijalani dengan konsistensi dan semangat yang gigih.

  • Usaha sampingan merupakan salah satu wadah untuk mengaktualisasikan kemampuan diri anda. Pada dasarnya, setiap orang dibekali dengan kelebihan dan kekurangan. Kelebihan tersebut dapat kita explore lagi untuk lebih mengasah kemampuan kita. Salah satu wadah yang paling tepat adalah dengan mengaktualisasikan kemampuan kita dan mengkonversinya menjadi pundi-pundi rupiah. Dengan demikian, kekurangan yang kita miliki dengan sendirinya akan tersamarkan oleh kelebihan yang kita tonjolkan.

Agar usaha sampingan yang kita lakoni berujung manis, diperlukan mindset berfikir yang tepat. Biasanya, orang cenderung berfikir instan ketika menjalani bisnis. Anggapan bahwa bisnis yang dijalani merupakan jalan cepat untuk mendapatkan kekayaan secara instan adalah keliru. Alhasil, banyak yang gagal dalam menjalani sebuah bisnis. Celakanya lagi, jika kegagalan tersebut menghentikan langkah anda untuk memulai bisnis lainnya. Oleh karena itu, luruskanlah terlebih dahulu mindset anda sebelum memulai bisnis sampingan.