5 Bisnis Modal kecil untuk penghasilan tambahan

Mencari uang tambahan merupakan salah satu cara yang bisa diraih setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Seperti yang telah sama-sama kita ketahui bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari kini tak bisa dibilang murah. Oleh sebab itu banyak orang berlomba-lomba untuk mencari cara lain untuk menghasilkan tambahan uang salah satunya adalah dengan mencari ide bisnis modal kecil yang mudah untuk dilakukan.

Namun memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah, sebab hal ini membutuhkan perencanaan yang cukup matang demi kelancaran bisnis yang hendak dijalani. Bagi kamu yang butuh inspirasi ide bisnis modal kecil, cobalah 5 cara mudah seperti di bawah ini.

Buka Konsultasi

Bidang apa sih yang kamu kuasai? Marketing, bisnis, teknologi informasi, media sosial, keuangan? Kesemua itu bisa dijadikan lahan uang loh. Caranya bahkan mudah sekali, kamu hanya buka jasa konsultasi untuk setiap kasus yang ingin diselesaikan. Misal seseorang yang memiliki banyak utang ingin mendapatkan hidup yang lebih baik dengan melunasi semua utangnya, kemudian kamu memiliki keahlian dalam mengatur keuangan. Kamu bisa memberikan mereka langkah-langkah strategis yang bisa dilakukan agar mereka dapat menyelesaikan persoalannya. Begitu pula dengan bidang yang lainnya, cara kerjanya hampir serupa.

Bisnis Dropship

Bisnis dengan sistem dropship merupakan salah satu bisnis modal kecil yang bisa dilakukan hampir setiap orang. Persyaratan utamanya adalah memiliki koneksi internet. Kamu bisa menjual apa saja yang kamu inginkan dengan menemukan supplier yang tepat dan menerima pembelian sistem dropship. Bahkan kini, Tokopedia sebagai salah satu marketplace yang berhasil di Indonesia memiliki fitur dropship tersendiri yang memungkinkan semua orang untuk bisa menjadi dropshipper dengan mudahnya. Cara kerjanya begini, kamu pasarkan barang yang dijual oleh supplier ke audiensmu, lalu ketika ada yang membeli baru kamu teruskan pesanannya ke supplier dan supplier akan mengirimkan barang pesanan pembelimu atas nama toko onlinemu.

Sewakan Mobilmu

Di Jakarta sangat banyak orang yang memiliki mobil namun jarang sekali memakainya. Hal ini bisa disebabkan lantaran jalanan ibukota yang selalu mengalami kemacetan lalu lintas. Mobil yang sangat jarang dipakai ini bisa dimanfaatkan untuk disewakan kepada orang lain yang membutuhkan. Meski sudah banyak yang memiliki mobil sendiri, namun peminat sewa mobil juga masih banyak karena masih banyak orang yang berpikir berkali-kali untuk membeli mobil sendiri. Sebab untuk apa membeli jika bisa menyewanya, bukan?

Ikut Program Afiliasi Pemasaran

Setiap bisnis pasti membutuhkan konsumen baru dan untuk mendapatkannya banyak perusahaan yang rela menggelontorkan sejumlah dana untuk keperluan pemasaran. Salah satunya adalah dengan membuka program afiliasi pemasaran. Caranya pun cukup mudah, pengguna media sosial dan blog belakangan ini sudah ramai sekali. Daripada hanya membuang-buang waktu untuk menulis blog tanpa ujung yang jelas, lebih baik ikut sertakan blogmu dengan program afiliasi pemasaran. Perusahaan akan memberikanmu sebuah URL unik untuk dibagikan di website atau blog pribadimu. Untuk setiap audiens yang melakukan pembelian dari link URL khusus yang diberikan kepadamu, perusahaan akan membayarmu dengan sejumlah uang. Bayangkan jika banyak dari audiensmu yang tertarik dengan iklanmu? Berapakah hasil yang akan kamu dapatkan dalam sebulan?  Bisnis modal kecil ini bahkan hanya membutuhkan koneksi internet dan keterampilan untuk beriklan melalui website pribadimu.

Menjadi Bahan/Sumber Penelitian

Dalam mengembangkan sebuah bisnis perusahaan biasanya bekerja sama dengan beberapa komunitas yang dapat dijadikan bahan atau sumber penelitian consumer development-nya. Bahkan beberapa perusahaan besar berani memberikan sejumlah imbalan untuk mereka yang rela untuk menjadi sumber atau bahan penelitiannya. Hal ini juga bisa dimanfaatkan olehmu untuk mencari uang tambahan.

Nah, demikian 5 cara mudah mendapatkan uang tambahan dengan modal yang seadanya. Semoga apapun kebutuhan yang sedang kamu usahakan akan segera terpenuhi dengan kelima cara di atas. Semoga berhasil!