Bagaimana Memulai Bisnis Rental Mobil? Simak Tipsnya Disini!

rental mobil

Bagaimana Memulai Bisnis Rental Mobil? Simak Tipsnya Disini!

Memulai bisnis rental mobil sendiri merupakan salah satu keinginan yang ingin dilakukan oleh setiap orang. Alasan tersebut menguat dengan berkurangnya sumber pencaharian dan susahnya mencari lapangan pekerjaan di jaman yang semakin maju dan semakin global ini. masalah yang sering dihadapi sebelum memulai usaha dalah modal. Dengan adanya krisis ekonomi yang membuat inflasi dan menyebabkan harga barang naik terutama bahan bakar.

Bisnis rental

Salah satu bisnis yang dapat dibidik adalah bisnis rental mobil modal kecil. Kebutuhan seseorang akan kendaraan atau alat transportasi yang dapat mengantarkan ke tempat manapun yang dituju, tidak dapat terbantahkan lagi. Alasan utama dipilihnya bisnis ini adalah karena tidak semua orang memiliki mobil dan membutuhkan alat transportasi tersebut untuk dapat menampung keluarga atau kerabat untuk pergi ke tempat yang dituju.

Setiap bisnis memiliki halangan tersendiri saat memulainya, tidak terkecuali bisnis rental ini. Beberapa kendala atau masalah yang mungkin dihadapi ketika memulai dan menjalankan bisnis yang cocok untuk anak muda ini, antara lain yaitu:

– Semakin banyaknya tempat rental yang menawarkan fasilitas tertentu guna untuk menarik konsumen.
– Semakin mahalnya harga minyak dunia yang berpengaruh besar dalam kenaikan bahan bakar minyak yang digunakan sebagai bahan bakar utama untuk menjalankan bisnis ini.

Langkah awal

Ketika membayangkan akan memulai usaha di bidang transportasi yaitu dalam bidang rental mobil, tidak sedikit yang berpikiran jika bisnis ini memerlukan modal yang besar. Memang tidak dapat disalahkan mengingat harga mobil yang tidak murah terutama untuk mobil tertentu dan dengan kapasitas dan spesifikasi yang bagus. Untuk memulainya, Anda dapat menggunakan mobil yang sudah ada jika memang memilikinya. Namun, jika tidak, Anda dapat membelinya dengan cara kredit. Mobil yang dibeli tidak harus mobil baru dengan interior yang mengagumkan, namun lebih kepada kekuatan dari mobil tersebut mengenai mampu atau tidak untuk menampung daya dan jumlah orang yang nantinya akan menggunakan serta kekuatan mobil untuk menempuh jarak yang jauh.

Baca juga Kenapa Jumlah Utang Indonesia Terus Bertambah

Hal yang diperhatikan

Sebelum memulai bisnis ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya yaitu:

– Menentukan tempat atau lokasi. Jika Anda belum menentukan dan menemukan tempat yang tepat, Anda dapat memulainya dari rumah, kemudian menawarkan ke tetangga sekitar mengenai rental mobil yang dikelola. Atau jika sudah menentukan tempatnya, sebaiknya mencari tempat yang strategis yaitu yang dapat dituju dengan mudah tanpa membingungkan calon penyewa.
– Menentukan tenaga ahli yang berpengalaman atau berkapabilitas dalam melaksanakan bisnis dengan kartu kredit tersebut. Anda juga harus menyiapkan sopir yang berpengalaman, karena tidak semua orang yang menyewa mobil, dapat mengendarainya sendiri dan tidak jarang diantara mereka juga menggunakan sopir sewaan untuk mengantar ke tempat tujuan.
– Menentukan atau menghitung biaya jangka dekat yang harus dikeluarkan untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu misalnya kekurangan dana.
– Jangan lupa untuk mengurus perijinannya.

Untuk memulai bisnis rental mobil ini, jangan lupa untuk menetapkan kebijakan tertentu. Kebijakan tersebut meliputi harga sewa mobil per harinya, sewa sopir, cara pembayaran misalnya dengan cara tunai ketika hendak menggunakan mobil tersebut atau menggunakan uang muka terlebih dahulu. Penentuan target juga merupakan rencana awal yang harus diperhatikan. Penentuan ini tergantung pada jenis mobil yang Anda miliki. Misalnya pasar untuk kelas ekonomi atau kelas bisnis. Namun penentuan pasar ini juga tergantung pada keadaan mobil yang Anda miliki. Tidak mungkin memberikan atau menargetkan kelas atas jika mobil yang dimiliki atau yang ditawarkan adalah mobil dengan kelas ekonomi.

Promosi

Bisnis tidak akan berjalan dan berlangsung lama jika tidak adanya promosi. Promosi yang dapat dilakukan antara lain yaitu:

– Promosi dari mulut ke mulut. Maksudnya adalah memberitahu ke tetangga atau keluarga atau teman dekat jika Anda sedang memulai bisnis rental kendaraan dan menawarkan jika membutuhkan, langsung menghubungi Anda. Dari promosi tersebut, orang itu akan memberitahukan ke orang lain.
– Menggunakan selebaran yang dapat dibagikan secara langsung atau menempelkannya di tempat yang sesuai.
– Menggunakan media cetak atau media elektronik
– Menggunakan media sosial misalnya twitter, facebook, path, instagram yang merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk berpromosi
– Menggunakan situs website resmi. Jika tidak memiliki dana cukup, Anda dapat menggunakan situs web gratis.

Kerjasama

Berlangsungnya suatu bisnis dapat dilakukan dengan cara melakukan kerjasama dengan beberapa pihak. Misalnya bekerja sama dengan agen untuk menawarkan dan mencari pelanggan. Kerjasama dengan pihak bengkel untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin yang dapat membantu meningkatkan performa mobil. Sehingga penyewa yang menggunakan mobil tersebut akan nyaman dan puas dan hasilnya mungkin akan dapat datang kembali untuk menyewa mobil yang Anda tawarkan. Penyedia supir, jika Anda tidak memiliki supir tersendiri yang berkualitas dan dapat mengantarkan penyewa sampai tujuan, Anda dapat bekerja sama dengan penyedia supir.

Baca juga Bisnis Rumahan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan asuransi. Anda dapat mengasuransikan mobil yang Anda sewakan. Jasa asuransi mobil yang dapat melindungi dan menanggung ketika kerusakan terjadi yang dapat diakibatkan karena kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja. Hal tersebut dilakukan untuk membantu Anda mengurangi kerugian yang besar akibat kecelakaan yang tidak terduga baik karena pihak Anda maupun dari pihak penyewa yang memutuskan untuk menyewa mobil seluruhnya.

Mengatasi resiko

Membuka suatu usaha pasti memiliki resiko tersendiri. Selain karena harga bahan bakar yang naik turun yang mengharuskan Anda terkadang ikut menaik turunkan tarif sewa, resiko lainnya adalah pencurian. Modus pencurian mobil yang bersikap dan bertindak sebagai penyewa sebagai kedoknya, bukan hal yang baru lagi. Untuk mengatasi resiko tersebut, dapat dilakukan beberapa cara, yaitu:

– Memasang GPS pada mobil untuk mengetahui letak mobil tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak hanya membiarkan penyewa bertanggung jawab sepenuhnya, namun Anda juga dapat memantau posisi mobil.
– Meminta jaminan misalnya identitas diri untuk berjaga-jaga.
– Bekerja sama dengan pengusaha rental lainnya yang biasanya juga bekerja sama dengan polisi untuk mengantisipasi adanya pencurian mobil
– Mengontrol laporan administrasi dan laporan lainnya serta mempekerjakan pegawai yang dapat dipercaya.

Bertahan

Jika usaha yang rental mobil yang Anda jalankan berjalan dengan lancar, Anda perlu melihat dan mengambil kesempatan yang ada. Misalnya jika hasil rental telah memenuhi dan cukup untuk membeli tambahan unit mobil, Anda dapat menggunakannya. Atau dengan menggunakan cara unik yang hanya dimiliki oleh rental Anda. Misalnya dengan mencat seluruh mobil dengan warna putih atau menambahkan aksen interior atau eksterior pada cat mobil anda. Cara ini dapat menjadi ciri khas usaha bisnis rental mobil anda. Sehingga, penyewa yang hendak menggunakan jasa rental Anda, dapat menemukan serta mengingatnya dengan mudah dan kemudian membagi informasinya dengan orang lain.