Aneka Ide Usaha Kecil yang Menguntungkan

Ada banyak ide usaha kecil yang menguntungkan yang dapat Anda pilih. Namun, pertama kali, pilihlah jenis usaha yang Anda sukai. Jika mungkin, pilihlah dari hobi yang Anda tekuni saat ini. Tujuannya agar usaha dapat terus berjalan dan Anda pun terus bersemangat menjalankannya.

Jenis usaha kecil yang menguntungkan

Sebuah usaha dikatakan menguntungkan, jika retun atau laba yang Anda peroleh paling tidak 30% dari biaya operasional. Selain itu pilihlah usaha yang tidak hanya mengikuti trend sesaat, namun dapat Anda harapkan keberlangsungannya di masa yang akan datang.

Menurut banyak pakar enterprenuership, usaha kecil yang menguntungkan adalah usaha yang berkaitan dengan kebutuhan dasar atau kebutuhan pokok manusia, yaitu sandang, pangan, dan papan.

Dari ketiga kategori diatas, ada akan banyak menemukan ide usaha kecil yang menguntungkan dan dapat Anda jalankan dengan mudah

Kategori sandang

Usaha yang berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia yang satu ini, memiliki banyak lini yang bisa Anda pilih. Mulai dari kelompok usaha jasa hingga industri kecil kreatif.

Usaha jasa seperti tukang jahit, laundry, reseller atau dropshipper aneka jenis pakain, hingga aneka produksi bahan pelengkap sandang; seperti aksesori, jasa sablon, bordir, dan konveksi. Anda pun dapat memilih apakah menjalankan bisnis ini dengan cara oline ataupun offline.

Kategori pangan

Pertumbuhan usaha kecil sektor pangan sangatlah pesat. Mulai dari warung-warung skala kecil rumahan, hingga distribusi kelas atas. Contoh beberapa usaha kecil yang menguntungkan pada sektor ini adalah usaha makanan gorengan, aneka kue tradisional, warung makan, juice, dan bakso.

Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan selera pasar disekitar Anda. Namun, mengingat peminat dari jenis usaha ini masih sangat banyak; Anda perlu kreatif menggali ide serta jeli melihat peluang guna mencari ciri khas dari usaha Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu takut kalah akan persaingan dari pelaku usaha sejenis.

Usaha jajanan tradisional adalah salah satu usaha kecil yang menguntungkan

Kategori papan

Memang tidak banyak ide usaha kecil yang menguntungkan dari sektor papan, mengingat sektor ini lebih banyak diisi oleh pelaku-pelaku usaha dengan modal besar (misal usaha properti dan furniture).

Meskipun begitu ada beberapa ide usaha yang dapat Anda pilih; misalkan jasa pembuatan kusen pintu dan jendela, aneka pelengkapan rumah tangga dari bahan limbah, toko peralatan rumah tangga, jasa perbaikan listrik dan elektronik; dan masih banyak lagi.

Masih bingung menentukanjenis usaha kecil  yang menguntungkan untuk Anda? Cobalah langkah-langkah mudah guna menemukan jenis usaha yang cocok pada link berikut.