Ampuh Atasi PHK dengan 3 Cara Ini!

Persoalan keuangan memang kerap menjadi momok utama yang dihadapi oleh masyarakat banyak. Apalagi di tengah krisis global yang sedang melanda seluruh dunia yang mengakibatkan bergejolaknya nilai tukar. Akibatnya banyak industri yang terpaksa harus memulangkan pekerjanya dengan alasan penghematan biaya operasional.

Jika selama ini Anda telah merasa nyaman bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja, jangan senang dahulu sebab tak ada yang pernah tahu kapan Anda mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK. Meski hal ini belum terjadi pada Anda bukan berarti Anda tak memiliki kesempatan untuk merasakannya di kemudian hari. Oleh karena itu, tak ada salahnya mempersiapkan diri akan bahaya PHK di masa depan mulai dari sekarang.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika suatu saat perusahaan terpaksa memberhentikan Anda karena satu dan lain hal.

Manfaatkan Dana Darurat dan Tabungan

Hampir semua konsultan finansial akan menyarankan Anda untuk memiliki dana darurat yang jumlah idealnya yaitu 10% dari penghasilan yang Anda dapat setiap bulannya. Hal ini bukan lantas datang begitu saja tanpa alasan. Karena tak ada seorang pun yang dapat memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan, maka Anda perlu memiliki dana darurat untuk menyiasati hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari. Siapa yang akan tahu jika satu atau dua bulan dari sekarang ada anggota keluarga yang harus menjalani perawatan di rumah sakit dengan biaya yang cukup mahal? Begitu pula dengan PHK, Anda tak pernah tahu kapan Anda atau kerabat ada yang mengalami kondisi ini di masa depan? Di sinilah dana darurat akan sangat membantumu.

Baca juga: Gak Perlu Cari Cara Cepat Dapat Uang Untuk Hidup Bergaya

Gunakan Dana Pesangon

Apabila sudah terlambat mempersiapkan dana darurat dan Anda sudah terlebih dahulu mengalami musibah seperti yang disebutkan di atas. Anda tak perlu khawatir, Anda masih dapat mengendalikan keadaan yang ada dengan menggunakan dana pesangon yang didapatkan dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. Pesangon ini dapat Anda manfaatkan guna keperluan sehari-hari untuk bertahan hidup hingga mendapatkan pekerjaan baru. Selain itu dana pesangon juga dapat digunakan sebagai modal usaha agar Anda tetap memiliki pemasukan yang dapat digunakan untuk bertahan hidup bersama keluarga tercinta.

Cari Pinjaman

Jika pesangon juga tak memungkinkan untuk digunakan sebagai modal usaha ataupun untuk sekedar bertahan hidup, Anda masih dapat mencari pinjaman uang. Anda dapat meminjam ke saudara atau kerabat terdekat, lembaga bank maupun non-bank yang menyediakan pinjaman dana tunai tanpa agunan.

Apabila riwayat kredit Anda kurang baik untuk mengajukan pinjaman melalui bank konvensional ataupun ada persyaratan yang terlalu sulit untuk dipenuhi, Anda selalu dapat melakukan pinjaman online dari penyedia pinjaman non-bank yang memiliki prosedur lebih mudah dan cepat. Gunakan pinjaman ini untuk diputar kembali menjadi penghasilan, Anda bisa membuka warung kecil di rumah atau membuka usaha-usaha tertentu yang sesuai dengan minat dan keahlian masing-masing.

Demikian tiga alternatif yang bisa dilakukan saat musibah PHK menimpa Anda. Semoga Anda tidak termasuk di antara karyawan yang terkena PHK tanpa persiapan yang matang. Dengan ketiga cara di atas, PHK ataupun tidak, Anda tak perlu lagi merasa takut karena telah memiliki bekal yang matang untuk melanjutkan kehidupan dengan aktivitas baru untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga tercinta. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan kalian. Semoga beruntung!