5 Trik Pemasaran Jitu untuk Bisnis Modal Kecil

Tahukah kamu bahwa kesuksesan sebuah bisnis sangat tergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan? Wajar saja jika banyak perusahaan besar yang tak tanggung-tanggung menggelontorkan sejumlah dana demi keperluan pemasaran dan promo.

Hal tersebut bisa saja dilakukan oleh perusahaan dengan skala besar, namun bagaimana nasib bisnis modal kecil yang tak memiliki anggaran semasif perusahaan besar? Apakah hal tersebut berarti bisnis kecil tak memiliki kesempatan yang sama dengan perusahaan besar?

Agar bisnis kecil dan menengah dapat memiliki kesempatan untuk berkembang setara dengan perusahaan besar, berikut strategi pemasaran yang pas untuk diterapkan!

Optimasi Teknologi

Seiring dengan laju perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka ini saatnya untuk kalian melebarkan sayap dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi. Jika sebelumnya bisnis Anda merupakan bisnis offline, maka inilah saat yang tepat untuk goes online. Sudah banyak contoh bisnis yang melebarkan sayapnya ke ranah online. Hal ini dilakukan demi menjangkau audience yang lebih luas lagi.

Buatlah website bisnis Anda, sasar pasar online marketplace dan media sosial. Dengan demikian Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan untuk menambah profit bisnismu.

Be a Socmed Savvy

Tak dapat dipungkiri lagi, social media merupakan salah satu jejaring yang dapat mendekatkan Anda kepada lebih banyak calon pelanggan. Bayangkan saja, menurut Kominfo saat ini pengguna aktif internet di Indonesia sudah mencapai 63 juta orang dan 95% dari jumlah tersebut menggunakan internet untuk mengakses social media. Maka inilah kesempatanmu untuk mensasar pengguna sosial media sebagai pelanggan produk dan jasa yang hendak Anda pasarkan.

Banyak sekali social media yang bisa dijajal, sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan lain sebagainya. Semua memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

Kuasai Konten Marketing

Konten marketing merupakan salah satu aspek yang juga tak kalah penting untuk dikuasai jika bisnis kecilmu hendak goes online. Sebab tanpa konten marketing bisnismu di internet tak ubahnya dengan penjajak obat kaki lima yang berjualan tanpa jeda. Hal tersebut akan membuat orang jenuh dan meninggalkanmu begitu saja.

Dengan konten marketing, Anda dapat membuat audience memiliki alasan untuk terus mengikuti update terbaru dari akun social media-mu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis modal kecil yang menjual produk kecantikan, Anda dapat membagikan informasi-informasi penting terkait kecantikan. Berikan audience tips dan trik untuk merawat kecantikan setelahnya baru Anda bisa tawarkan produk yang Anda miliki. Dengan cara demikian, maka audience akan betah berlama-lama menyimak timeline social media bisnismu. Selanjutnya, audience akan secara otomatis bertransformasi menjadi pelanggan setiamu.

Buatlah Kontes Menarik

Untuk menjaring lebih banyak pengguna social media, Anda bisa mengadakan sebuah kontes dengan hadiah yang menarik. Tak perlu muluk-muluk untuk memberikan audience hadiah berupa gadget terbaru yang tentunya akan memakan biaya yang cukup tinggi. Hadiah berupa produk yang Anda jual, akan cukup menarik. Siapa yang tak senang mendapatkan sebuah produk secara cuma-cuma?

Jadi Sponsor Acara

Siapa sih yang tak ingin bisnisnya dikenal lebih banyak orang? Jawabannya sudah pasti tak ada. Nah, gunakan trik ini agar bisnis modal kecil yang Anda miliki dikenal lebih banyak orang. Banyak acara yang dapat disesuaikan dengan target pasar yang dimiliki bisnis Anda. Semisal Anda memiliki bisnis kuliner, carilah acara-acara seperti festival kuliner. Begitu pula jika Anda memiliki bisnis makeup, carilah workshop-workshop kecantikan. Tawarkan diri Anda menjadi sponsor dari acara tersebut, modal yang dikeluarkan tak terlalu besar dan bisnis kecil Anda akan dikenal lebih banyak orang dari pemasangan poster dan banner dalam acara tersbut. Mudah bukan?