5 Pengeluaran yang Sering Muncul Jelang Anak Sekolah

Tinggal beberapa hari lagi anak akan masuk sekolah. Buat kamu yang udah punya anak, apakah udah nyiapin semua semua kebutuhan  yang terkait sekolah? Nah, apa aja sih pengeluaran yang biasanya muncul. Ini dia kisi-kisinya nih. 

1. Alat tulis dan buku 

Ini memang terdengar seperti benda sepele, tapi dampaknya lumayan besar untuk anak. Sebelum anak masuk sekolah, kamu sebaiknya siapin alat tulis dan buku sesuai kebutuhan. Jangan sampai ketika di sekolah, anak bingung karena alat tulis dan bukunya sudah habis. Bisa-bisa mereka terpaksa pinjam perlengkapan itu ke temannya. 

2. Sepatu

Apa perlu beli sepatu baru pas masuk sekolah? Jawabannya bisa iya, bisa juga gak. Kamu wajib beli sepatu baru kalau sepatu anak udah kurang enak dipakai. Tapi, sebaiknya kamu atur pengeluaran untuk beli sepatu. 

Pilih sepatu yang nyaman dan pas ukurannya dengan kaki anak. Perhatikan juga bagian sol sepatu, pilih yang gak licin agar anak gak mudah terpeleset. Model sepatu tanpa tali juga bisa dipertimbangkan kalau anak kamu belum bisa memasang tali sepatu sendiri. 

3. Kaus kaki 

Kaus kaki bisa jadi pengeluaran yang harus kamu keluarkan jelang anak sekolah. Apalagi kalau kaus kaki anak udah kotor. Nah, untuk kaus kaki, sebaiknya kamu pilih kaus kaki jangan berdasarkan model atau gambarnya saja. Kamu sebaiknya lebih perhatikan kualitas dan bahannya. Pilih bahan yang kuat tapi lembut. Perhatikan juga warnanya. Opsi warna gelap atau hitam di bagian telapak bisa dipilih agar kaus kakinya gak gampang keliatan kotor. 

4. Tas sekolah 

Nah ini juga pengeluaran yang wajib diperhatikan jelang anak sekolah. Ketika akan beli tas sekolah, sebaiknya kamu pilih ukuran yang sesuai dengan barang bawaan anak. Jangan terlalu kecil atau besar. Ukuran yang pas akan membantu anak nyaman saat membawa tasnya ke sekolah. Perhatikan juga bagian tali. Pilih tas dengan tali yang memiliki busa atau lapisan empuk agar bahu anak lebih nyaman. 

5. Kotak bekal dan botol minum 

Agar menu makan dan minum anak tetap terjaga, kamu bisa mempertimbangkan membawa kotak bekal dan botol minum. Ketika memilih kotak bekal, sebaiknya kamu pilih yang memiliki warna dan gambar yang menarik agar anak senang ketika membawanya. 

Selain itu, perhatikan juga jumlah sekat di dalam kotaknya agar kamu bisa memasukkan makanan sesuai kebutuhan. Untuk botol minum, pilih yang memiliki tali agar anak mudah menggantungkan botol di lehernya. Selain itu, pilih kualitas botol minum yang terbuat dari bahan yang kuat agar kamu tak perlu sering-sering beli botol minum karena mudah pecah.