5 Jurus Bersihkan Rumah Setelah Terkena Banjir

Setelah banjir surut, tantangan berikutnya yaitu membersihkan rumah dari sisa-sisa genangan air. Apalagi lagi kalau banjirnya dipenuhi lumpur. Aduh, udah pasti kondisi rumah jadi berantakan deh. Tapi tenang, karena ada jurus-jurus membersihkan rumah biar bisa kinclong seperti sedia kala. Apa saja?

 

1. Bersihkan sisa lumpur 
Gunakan semprotan dengan tekanan yang cukup kuat untuk membersihkan sisa lumpur yang masuk. Setelah bersih, lap permukaan perabotan dengan air panas dan sabun pembersih. Jika perlu, lakukan disinfeksi menggunakan produk berlabel disinfektan untuk menghilangkan kuman.

 

2. Keringkan perabotan 
Bawa furnitur, karpet, dan pakaian ke luar untuk dikeringkan. Lalu, buka semua jendela agar ruangan mendapatkan ventilasi dari udara luar. Kamu bisa juga pakai kipas angin agar udara di rumah tidak pengap. Kalau jamur sudah muncul, segera singkirkan benda-benda tersebut ke luar rumah. Kenakan masker pelindung agar spora jamur gak masuk ke saluran pernapasan ya.

 

3. Amankan Dokumen Penting
Foto, buku, dan dokumen-dokumen penting sebaiknya dibiarkan kering terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Khusus dokumen-dokumen legal, misalnya Kartu Keluarga, KTP, Ijazah, dan Serifikat Tanah bisa memanfaatkan bantuan dari Arsip Nasional RI. Mereka memiliki teknologi Vacum Freeze Dry Chamber yang bisa menyelamatkan arsip-arsip yang terkena bencana secara gratis. Kamu bisa memperbaiki hingga 10 arsip dengan cara datang langsung ke kantor ANRI, jalan Ampera Raya Nomor 7, Jakarta Selatan atau hubungi nomor telp. (021) 7805851 ext. 406.

 

4. Matikan aliran listrik 
Sebelum menyalakan semua peralatan elektronik, sebaiknya kamu mematikan aliran listrik. Hal ini untuk mengantisipasi bahaya korsleting listrik. Pastikan kamu sudah membersihkan kabel-kabel termasuk yang ada di balik tembok. Kamu juga sebaiknya langsung mengganti insulasi kabel yang sudah terlanjur basah kuyup. Bisa juga gunakan jasa profesional untuk mencegah kerusakan yang lebih parah ya.

 

5. Cek Kebocoran 
Cek bagian atap yang rusak atau bocor karena hujan lebat. Bisa jadi salah satu penyebab masuknya air dari kebocoran tersebut. Kamu juga sebaiknya cek apakah ada lubang di sekitar atap. Sebelum melakukan pengecekan, pastikan kamu menggunakan masker khusus dan kacamata ya. Jika ternyata ada beberapa titik bocor dan kerusakan, segera lakukan renovasi di bagian tersebut. Bagaimana dengan biayanya? Tenang, kamu bisa andalkan UangTeman untuk menalangi semua kebutuhan biaya perbaikan tersebut kok.

 

Sumber: