Ini Dia 5 Cara Mengatur Keuangan Perempuan Masa Kini

Peranan sosial perempuan kini tak lagi sama seperti dahulu. Dulu seorang perempuan selalu diidentikkan dengan pekerjaan domestik mengurus rumah tangga meskipun ia mengecap pendidikan yang cukup tinggi. Namun hal itu kerap ditinggalkan oleh perempuan modern.

Perempuan modern kini sudah mampu hidup secara mandiri dan tak memiliki ketergantungan finansial dari suaminya. Bahkan banyak dari mereka yang sukses atas usaha yang dirintisnya sendiri.

Dengan memiliki kemandirian finansial, perempuan dapat belajar cara mengatur keuangan keluarga demi masa depan keluarga tercinta. Anda pasti ingin agar anak-anak mendapatkan yang terbaik untuk pendidikannya, bukan?

Nah, jika Anda adalah salah satu di antara sekian banyak perempuan modern yang mandiri, yuk simak beberapa tips agar dapat mengatur keuangan lebih baik lagi.

Tentukan Pengeluaran Rutin Bulanan

Menjadi perempuan modern yang hidup di ibukota, bukan berarti Anda harus selalu mengikuti gaya hidup yang berlebihan. Mengetahui banyak hal tentu sah-sah saja, asal jangan terbawa arus pergaulan apalagi sampai mengikuti gaya hidup boros dan menghambur-hamburkan uang. Meski Anda memiliki penghasilan sendiri bukan berarti Anda bisa berfoya-foya.

Agar keuangan Anda bisa lebih terarah, tak ada salahnya mencatat setiap pengeluaran yang dikeluarkan. Pisahkan pengeluaran rutin seperti belanja kebutuhan bulanan, uang makan, uang transport, cicilan kendaraan, cicilan rumah, cicilan kartu kredit dan lain sebagainya.

Sisihkan untuk Tabungan & Invetasi

Sebagai perempuan cerdas, Anda harus selalu berpikir jauh ke depan. Mempersiapkan masa depan mulai dari dini. Salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan yaitu dengan menabung dan berinvestasi. Namun Anda harus memisahkan antara keduanya, paling tidak 10% alokasi dari penghasilan Anda dalam sebulan masuk ke tabungan. Sementara investasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti investasi logam mulia, asuransi jiwa, saham dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Kiat Ampuh Manajemen Keuangan yang Sehat

Sisihkan Dana Darurat

Semandiri dan semapan apapun Anda saat ini, kita tak akan pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk itu Anda harus menyisihkan juga sebagian dari penghasilan Anda untuk dana darurat yang bisa digunakan pada saat-saat genting nan mendesak.

Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda memiliki persiapan yang matang dan tak perlu menyatut tabungan yang Anda persiapkan untuk masa depan buah hati Anda apalagi memohon pinjaman dari sana-sini.

Cermat Tangkap Peluang Penghasilan Tambahan

Meski Anda telah memiliki karir yang mapan, Anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan karir Anda di masa mendatang. Sehingga mencari peluang penghasilan tambahan bisa dijadikan salah satu strategi untuk menyiasati kondisi terburuk yang kelak Anda alami.

Semisal Anda memiliki hobi memasak, di luar kesibukan pekerjaan kantor Anda dapat menjual kue buatan sendiri agar mendapatkan penghasilan tambahan. Anda sudah paham bagaimana cara mengatur keuangan pribadi, kini saatnya Anda dapat mengatur keuangan bisnis sendiri.

Rencana Anggaran & Daftar Prioritas Belanja

Ketika ingin berbelanja, perempuan selalu identik tak dapat menahan dirinya untuk hal-hal yang sebetulnya tak begitu dibutuhkan. Alhasil, uang yang harus dikeluarkan tentu menjadi lebih banyak dan tak teratur. Untuk itu Anda wajib untuk membuat anggaran belanja setiap bulannya agar proses belanja Anda tak terpengaruh dengan keinginan belaka. Selain itu buat juga skala prioritas belanjaan, sehingga Anda tak tergoda untuk membelanjakan hal-hal diluar dari kebutuhan Anda bulan ini.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda sebagai perempuan modern bisa lebih paham lagi tentang cara mengatur keuangan. Hasilnya akan Anda rasakan kelak di masa mendatang. Kesuksesan seorang perempuan mengatur keuangannya akan berdampak besar bagi kelangsungan hidup keluarga tercinta.