5 Alternatif Modal Usaha untuk Bisnis Online

Bisnis online kini bukanlah merupakan hal yang baru di mata masyarakat, siapapun bisa menjalankannya asalkan memiliki tekad yang kuat untuk memulainya. Modal yang merupakan salah satu komponen penting dalam berjalannya sebuah bisnis juga dibutuhkan di sini. Namun tentu modal yang diperlukan sebuah bisnis online tidaklah sesulit seperti menjalankan bisnis offline.

Sebagai contoh sederhana, ketika kamu hendak memulai bisnis offline tentu kamu perlu survei lokasi yang kelak akan dijadikan lahan bisnismu. Apakah tempat tersebut strategis dan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Tidak demikian dengan bisnis online, kamu bisa memasarkan produk barang atau jasamu secara online dan membidik target pasarmu dengan tools-tools yang tersedia di internet. Bahkan dengan bisnis online kamu bisa menjalankan bisnis yang nyaris tanpa modal dengan sistem dropship.

Nah, jika kamu masih bingung dari mana sajakah alternatif pendanaan modal bisnis online, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Jual Barang-barang Tak Terpakai

Kamu bisa menjual barang-barang yang tak terpakai di rumahmu untuk mendapatkan sumber dana untuk bisnis online yang hendak kamu mulai. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan sejumlah uang tanpa usaha yang begitu berarti. Pasarkan saja secara online sebagai salah satu jenis percobaan menjual secara online agar kamu memiliki pengalaman yang cukup untuk menjadi seorang pebisnis online.

Tabungan Pribadi

Salah satu alternatif pendanaan yang paling mudah untuk menjalankan sebuah bisnis online adalah dengan merogoh kocek tabungan pribadi. Tentunya hal ini bisa dilakukan jika saja kamu tidak memiliki kebutuhan yang mendesak. Dengan mencatut modal dari tabungan pribadi artinya kamu tidak akan memiliki tanggungan dan beban apapun kelak. Meskipun demikian, kamu tetap harus menggunakannya secara profesional agar tak mengganggu laju keuangan pribadimu. Optimalkan modal yang kamu ambil dari tabungan pribadi agar kelak kamu dapat segera mengembalikannya untuk digunakan keperluan lainnya di masa mendatang.

Patungan dengan Teman / Keluarga

Jika kamu tak memiliki cukup tabungan untuk dijadikan sebagai modal pribadi, kamu juga bisa mengajak keluarga atau teman yang memiliki visi bisnis yang sama untuk memulai sebuah bisnis online. Meskipun rekanmu adalah seseorang yang kamu kenal dengan baik, namun perjanjian tertulis tetaplah diperlukan agar menjaga profesionalitas yang terjalin di antara hubungan bisnis kalian berdua.

Cari Investor

Selain patungan, kalian juga bisa mencari investor sebagai alternatif pendanaan modal usaha agar kamu memiliki modal yang cukup untuk perkembangan awal bisnismu. Buatlah presentasi bisnis yang menjanjikan, yang mampu membuat calon investormu tertarik untuk memodali bisnis online-mu.

Pinjaman Modal Usaha

Jika kamu tidak ingin menjalankan usahamu seorang diri tanpa rekanan bisnis ataupun investor, tentu cara yang terakhir ini merupakan salah satu solusi yang paling tepat untukmu. Carilah lembaga pembiayaan yang bisa memberikanmu pinjaman modal usaha seperti UangTeman. UangTeman merupakan salah satu layanan pinjaman mikro jangka pendek yang bisa memberikanmu pinjaman hingga Rp 2 juta untuk pinjaman pertama dan maksimal Rp 4 juta untuk pinjaman berikutnya jika memenuhi persyaratan. Hanya dengan menyerahkan tiga dokumen wajib yang terdiri dari KTP, Slip Gaji dan Foto Selfie Terbaru, kamu bisa mendapakan pinjaman modal usaha tanpa potongan admin seperti yang diberlakukan oleh lembaga pinjaman lainnya.

Nah, khusus selama periode 3 November – 31 Desember 2016 ini, UangTeman akan memberikan diskon biaya layanan sebesar 50% dengan memasukkan kode promo DISC50BG. Caranya mudah sekali, kamu bisa mengajukan pinjaman langsung dengan mengakses laman www.uangteman.com atau langsung mengaksesnya dari aplikasi mobile di Android kesayangan Anda. Tunggu apalagi, mulai bisnis online sekarang dengan pinjaman hemat dari UangTeman. Jangan sampai ketinggalan promonya ya!