4 TIPS MENGATUR KEUANGAN BAGI PENGANTIN BARU

Menikah adalah suatu hal yang menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang ada di belahan dunia manapun. Pernikahan berarti mengikat dua orang dengan perbedaan latar belakang, sifat, kemampuan, dan sebagainya di mana nantinya kedua pasangan ini harus bisa saling mengerti satu sama lain dan dapat menerima kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Tentunya setelah menjalani berbagai rangkaian pernikahan, pasangan suami istri akan duduk bersama dan berdiskusi tentang apa yang harus mereka lakukan ke depannya, seperti rumah (bagi yang belum memiliki rumah sendiri), pembagian waktu, masalah tentang anak, hingga yang paling fundamental adalah tentang keuangan. Bahkan banyak permasalahan rumah tangga dimulai karena perkara finansial. Hal ini disebabkan, karena masalah pengeluaran dan pemasukan sangatlah sensitif dan harus dikelola sebaik mungkin.

Sumber: thebridedept.com

Apalagi bagi para pasangan baru yang akan mengarungi bahtera rumah tangga yang tidak bisa dikatakan mudah. Pengetahuan tentang bagaimana mengelola keuangan di dalam rumah tangga rasanya masih sangat kurang bagi mereka para pengantin baru. Paling maksimal, mereka mendapatkan pengetahuan dari orang tua maupun sahabat terdekat.

Namun jangan berkecil hati dan merasa bingung, berikut adalah 4 tips keuangan bagi pengantin baru, bagi anda yang baru menikah.

Buat skala prioritas

Duduklah bersama suami/istri anda, kemudian silahkan berdiskusi tentang kebutuhan-kebutuhan yang harus anda prioritaskan untuk dipenuhi telebih dahulu. Utamakanlah kebutuhan pokok seperti makanan. Jika anda adalah pasangan yang belum memiliki rumah pribadi dan baru mengontrak sebuah rumah minimalis, maka anda dapat memprioritaskan pengeluaran anda untuk dibagi sebagai pembayaran sewa rumah. Jangan dahulukan kebutuhan-kebutuhan yang belum terlalu penting bagi kehidupan anda berdua seperti interior-interior tambahan di rumah. Dengan adanya catatan skala prioritas, maka anda tidak akan kebablasan menggunakan uang anda untuk hal-hal yang kurang penting dan sebagai reminder bagi anda untuk dapat meminimalisasi pengeluaran anda.

Jangan lupa menabung

Sisihkan sebagian penghasilan anda dan pasangan anda sebagai “dana tidak terduga” yang sewaktu-waktu dapat anda gunakan untuk keadaan yang darurat, misalnya keadaan di mana salah satu anggota keluarga anda sakit atau mengalami kecelakaan, ataupun tiba-tiba ada bencana yang tidak terduga terjadi di lingkungan tempat anda tinggal. Tabungan dapat berguna bagi anda yang ingin menata kehidupan yang lebih baik. Tabungan ini berfungsi sebagai jaminan anda untuk dapat menjalani kehidupan bersama pasangan dengan bahagia dan sejahtera. Usahakan untuk menabung secara kontinu, jangan menabung dengan periode yang tidak menentu, setiap bulan bila perlu penghasilan yang anda dapatkan langsung disisihkan untuk ditabung.

Sumber: expertbeacon.com

Lakukan pinjaman jika penting

Banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh pasangan-pasangan baru terutama bagi mereka yang memiliki tempat tinggal sendiri (rumah pribadi ataupun rumah kontrakan). Tetapi, banyaknya kebutuhan ini tidak sebanding dengan penghasilan dari kedua pasangan ini. Maka dari itu, anda sebagai pengantin baru dapat melakukan pinjaman ke perusahaan jasa yang memberikan layanan pinjaman uang seperti bank, koperasi, pegadaian, ataupun jasa peminjaman uang online seperti uangteman. Namun, anda tetap harus memikirkan jumlah pinjaman yang ingin anda pinjam dan selaraskan dengan kemampuan anda dalam mengembalikan uang pinjaman tersebut, jangan sampai anda meminjam uang dengan jumlah yang banyak, tetapi anda tidak mampu untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Maka dari itu, kemampuan analisa anda sangat diperlukan ketika hendak meminjam uang. Lakukanlah peminjaman jika kebutuhan yang tidak dapat terpenuhi dengan penghasilan anda berdua memang benar-benar penting dan tidak dapat ditunda lagi.

Simpan ego dan berjuang bersama

Bagi pasangan yang keduanya memiliki penghasilan sendiri-sendiri, janganlah anda mementingkan ego anda sendiri. Karena anda sudah menjadi suami istri, maka keterbukaan adalah menjadi satu hal yang sangat penting. Berjuanglah bersama-sama untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan anda berdua demi keberlangsungan rumah tangga yang lebih baik. Hindari pertengkaran karena masalah keuangan. Cobalah untuk mengerti satu sama lain dan saling membantu satu sama lain. Jadikan masalah ini sebagai masalah bersama dan jangan dahulukan ego anda sendiri seperti anda merasa berhak menggunakan uang anda sendiri untuk kebutuhan pribadi anda yang sebenarnya masih belum darurat dan seharusnya bisa dialokasikan ke kebutuhan bersama yang lebih penting.

Selamat mengarungi bahtera rumah tangga. Semoga hidup anda bersama pasangan tetap aman dan terbebas dari masalah finansial juga masalah lainnya.