4 Kelebihan Usaha Ternak Cacing Sutra

Mencoba usaha ternak cacing sutra tentu terbilang menarik sebab bukan termasuk usaha musiman yang tentunya punya prospek yang menarik. Cacing sutra sesuai dengan namanya merupakan sejenis cacing air tawar yang berwarna kemerahan. Teksturnya lembut ketika disentuh dan memang bentuknya kecil-kecil seperti helaian rambut, maka disebut cacing sutra. Cacing satu ini merupakan pakan alami terbaik untuk berbagai jenis ikan air tawar, sebut saja seperti ikan lele, gurami tawar, dan lain sebagainya.

Cacing satu ini diberikan kepada bibit ikan air tawar yang tentunya menjadi sumber nutrisi terbaik sebab termasuk pakan alami yang kaya protein. Seorang peternak ikan air tawar tentu menghendaki ikan yang dibudidayakan tumbuh dengan baik dan cepat. Sehingga ketika panen mampu menyediakan ikan yang siap dijual dan dikonsumsi sekaligus nampak gemuk dan sehat. Otomatis harga dari ikan yang di ternak bisa didongkrak, jikalaupun tidak maka bisa menjaga kepercayaan pelanggan.

Pertimbangkan Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra

Beberapa peternak ikan air tawar menggunakan pakan non alami yang dibeli dalam kemasan bertekstur kering. Pakan ini memang baik diberikan untuk ikan yang sudah di masa siap panen namun untuk bibit tentu kurang cocok. Bisa jadi bibit ikan yang di ternak akan mudah hilang karena mati satu per satu, maka pertimbangkan memberi pakan alami. Melihat peternak ikan cukup banyak maka tidak ada salahnya menggeluti usaha ternak pakan alami bernama cacing sutra ini.

Sebagai sebuah usaha, rupanya budidaya atau ternak cacing sutra menawarkan beragam keuntungan yang layak dijadikan pertimbangan. Adapun kelebihan dari usaha budidaya ini antara lain:

  1. Permintaan yang terbilang tinggi,

Kalau memilih usaha tentu Anda perlu mengintip prospeknya seperti apa untuk memastikan memang bagus untuk ditekuni. Cacing sutra rupanya memiliki banyak peminat sebab dalam sehari peternak ikan air tawar bisa membutuhkan cacing sekian ton. Nah, peternak ikan saja jumlahnya banyak dan tidak pernah sepi peminat maka akan menguntungkan menyediakan pakan alaminya.

  1. Kebutuhan modal yang minim,

Untuk urusan modal rupanya budidaya cacing sutra memerlukan dana awal yang terbilang kecil sebab bisa diakali dengan berbagai cara. Kebanyakan peternak cacing jenis ini memilih berhemat dengan melakukan budidaya di kolam terpal ataupun plastik. Jika sama-sama efektif maka jauh lebih murah dibandingkan Anda perlu membangun kolam dengan beton. Bibit cacingnya sendiri bisa Anda ambil dari tanah persawahan sehingga urusan modal benar-benar bisa ditekan.

  1. Budidaya yang terbilang mudah,

Beternak cacing jenis cacing sutra ini pun terbilang mudah sehingga bisa dijadikan sebagai sampingan bagi Anda yang butuh penghasilan tambahan. Setelah membuat kolam dari terpal maka Anda bisa memasukan air dan lumpur beserta bibit cacing sutra. Pemberian pakan tidak mesti setiap hari bisa dua sampai tiga hari sekali dan tidak memerlukan air yang khusus. Anda bisa memakai semua jenis air tawar baik air sumur, ledeng, PAM, dan sebagainya.

  1. Bisa panen dan berjualan setiap hari,

Soal masa panen Anda pun tidak perlu menunggu sekian bulan sebab asalkan perawatan kolam dan pemberian pakan sudah tepat. maka dalam waktu 50-60 hari cacing sutra yang Anda ternak sudah siap untuk dipanen. Kemudian jika ternakan pertama sukses maka selang 10 hari setelah panen Anda sudah bisa kembali panen lagi. Ketika menemukan pasaran yang tepat maka usaha ternak cacing sutra akan memberi hasil yang menggiurkan.