4 Inspirasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Siapa bilang ibu rumah tangga gak bisa produktif? Di luar sana banyak usaha sukses yang berawal dari iseng-iseng usaha ibu rumah tangga. Beberapa di antaranya yaitu Pisang Goreng Bu Nanik dan Sambal Bu Rudy. Sebagai inspirasi, ini dia nih beberapa inspirasi usaha yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga. 

  1. Masakan rumahan 

 

Usaha masakan rumahan

Usaha masakan rumahan

Pernah gak sih kamu malas masak di rumah dan akhirnya beli masakan jadi di warteg? Nah, hal kayak gini ternyata lumayan banyak dialami orang. Beberapa di antara mereka bahkan punya warteg langganan sendiri. Biasanya mereka langganan di warteg tertentu karena merasa udah cocok sama harga dan rasa masakannya. 

Usaha masakan rumahan kayak gini juga simple kok. Kamu cuma butuh bahan-bahan masakan. Mulai dari sayur-mayur hingga lauk kayak telur, ayam, atau ikan. Jangan lupa siapin juga etalase kaca dengan tirai buat majang masakan kamu. Untuk harga usahakan yang bersahabat ya. Boleh juga survei di pesaing terdekat agar harga yang kamu kasih gak terlalu mahal atau murah. 

  1. Jasa menjahit 
Usaha menjahit

Usaha menjahit

Coba kamu hitung ada berapa jasa menjahit di sekitar kompleks perumahan kamu? Kalau cuma ada satu atau belum ada sama sekali artinya kamu punya peluang besar di usaha ini. Yap, jasa menjahit memang selalu dibutuhin banyak orang. Mulai dari yang butuh buat potong celana jeans, jahit pakaian yang berlubang, hingga butuh jahit pakaian untuk kondangan. 

Usaha ini cocok buat kamu yang punya kemampuan menjahit. Untuk memperdalam kemampuan, kamu bisa juga ikut les menjahit. Nah, usaha jasa menjahit ini sebenarnya gak terlalu butuh banyak modal. Apalagi kalau kamu udah punya mesin jahitnya. 

Agar usaha jasa menjahit sukses, kamu sebaiknya memberikan pelayanan yang baik. Misalnya mulai dengan memberikan harga yang kompetitif dibandingkan pesaing terdekat. Selain itu, pastikan kamu memberikan hasil jahitan yang rapi dan selesai tepat waktu ya. 

  1. Frozen food 
Usaha frozen food burger

Usaha frozen food burger

Usaha lain yang bisa dilakukan ibu rumah tangga yaitu jualan frozen food. Makanan beku memang selalu menjadi favorit keluarga terutama anak-anak. Mulai dari nugget, siomay, dimsum, daging burger, hingga kentang menjadi produk favorit banyak orang. 

Frozen food disukai karena mudah diolah dan bisa disimpan dalam waktu lama di kulkas. Frozen food juga disukai pembeli yang ingin usaha fast food seperti bento Jepang atau burger. Orangtua biasanya suka menyetok produk ini setiap belanja bulanan tiba. 

Jualan frozen food juga mudah dilakukan. Kamu cukup membeli freezer khusus dan mencari penyuplai frozen food dengan harga pabrik. 

Sebelum menjalani usaha ini, pastikan listrik di rumah kamu memiliki kapasitas yang cukup. Selain itu, kamu harus jeli memiliki penyuplai produk yang berkualitas serta halal ya. Jangan lupa juga cek kedaluarsa setiap produknya. Kalau usaha kamu udah menjual beragam produk makanan beku,  kamu bisa mulai memasarkan frozen food secara online atau sebarkan brosur ke rumah makan atau minimarket yang menjual produk ini ya. 

  1. Minuman jus 
Usaha minuman jus

Usaha minuman jus

Minuman dingin yang segar memang jadi favorit banyak orang. Apalagi kalau minuman itu sehat. Nah, jualan jus bisa jadi usaha yang dipertimbangkan para ibu rumah tangga. Berbagai jenis jus buah yang bisa kamu jajakan yaitu mangga, alpukat, jambu, apel, hingga pir. Perlengkapannya juga gak terlalu mahal. Cukup siapkan blender dan alat cup sealer aja. 

Usaha jualan jus ini bisa juga dibarengi dengan aneka minuman lainnya seperti minuman segar sachetan seperti milkshake. Jangan lupa siapkan wadah untuk menyimpan es batunya ya. 

Indah Dwi Lestari bisa jadi inspirasi kamu yang ingin mencoba usaha jualan jus. Sebagai informasi, Indah adalah ibu rumah tangga yang kreatif. Daripada diam saja di rumah, Indah iseng jualan jus. Ternyata usahanya lumayan sukses. Akhirnya dia butuh modal tambahan agar usahanya semakin berkembang. 

Untuk tambahan modal, Indah pinjam ke UangTeman yang menjadi #LebihDariTeman Usaha Kecil-kecilannya. Sekarang Indah bisa buka usaha baru jualan makanan ringan dan teh melalui platform belanja online. Kamu mau buka usaha ala ibu rumah tangga juga? Yuk, wujudin sekarang dengan bantuan modal dari UangTeman.