3 Opsi Pinjaman Modal Mudah Tanpa Bunga

Menjalankan usaha merupakan kegiatan yang memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan dan juga kesuksesan ke depannya. Bidang usaha yang bisa dipilih dan dijalankan sangat banyak antara lain bidang kuliner, pendidikan, transportasi dan lain-lain. Meskipun demikian, menjalankan suatu usaha tentunya membutuhkan modal usaha dan banyak calon pelaku usaha yang terkendala modal. Apakah Anda termasuk calon pelaku usaha yang ingin membuka usaha, namun menghadapi persoalan modal usaha? Kini, ada banyak jalan mendapatkan modal usaha bahkan tanpa harus membayar bunga. Berikut adalah cara mendapatkan pinjaman modal tanpa bunga:

Pinjaman Modal Usaha Gadai Aset

Manakah aset Anda yang paling berharga dan memiliki nilai jual tinggi? Jika Anda merasa aset tersebut dapat memenuhi modal usaha baru Anda, maka tidak perlu ragu untuk menggadaikan. Namun, perlu diperhitungkan secara masak, kapan waktu tercepat Anda dapat menebus kembali aset yang digadaikan tersebut. Anda harus dapat menjamin bahwa ketika usaha berjalan, maka Anda dapat mengambil kembali aset yang telah Anda gadaikan tersebut, sebelum batas tenggang pengambilan aset di pegadaian. Mengapa harus di pegadaian? Karena tujuannya adalah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga. Jadi, cara paling aman dan mudah adalah dengan menggadaikan satu atau dua aset yang Anda miliki.

Mengajak Teman Bekerjasama

Jika Anda memiliki banyak teman, bisa jadi ada di antara mereka yang terlihat tertarik menjalankan usaha. Anda bis dekatila teman Anda tersebut dan ajaklah berdiskusi mengenai usaha yang ingin Anda bangun. Lihat respon teman Anda apakah tertarik atau tidak. Jika tertarik, maka saatnya Anda untuk mengajaknya bergabung dalam menjalankan usaha tersebut. Namun, yang menjadi kendala adalah Anda belum memiliki modal untuk menjalankan usaha tersebut. Ambil kesempatan untuk mengajak teman Anda bekerjasama dalam membuka usaha baru dengan memintanya memberi modal terlebih dahulu dengan syarat bagi hasil dari keuntungan usaha yang diperoleh nantinya. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing dan mengambil risiko besar meminjam usaha di tempat lain yang belum lagi ditambah dengan adanya bunga.

Baca juga: Pinjaman Uang Bunga Rendah untuk Bisnis Bareng Pasangan, Why Not?

Pinjaman Modal Usaha dari Keluarga Anda

Bagi Anda yang memiliki ide usaha yang sudah terbilang matang, maka jangan tunggu terlalu lama. Masalah modal usaha dapat dilakukan dengan meminjamnya melalui keluarga. Tunjukkan portofolio rencana usaha yang hendak Anda jalankan kepada anggota keluarga yang ditunjuk. Anda dapat meminta bantuan orangtua, kakak, adik, atau bahkan sepupu yang memang memiliki kelebihan tabungan dan dapat Anda pinjam sebagai modal usaha. Dengan meminjam modal usaha melalui keluarga, Anda jelas perlu membayar bunga ketika melunasi pinjaman tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya ketika Anda hendak meminjam modal usaha kepada keluarga, jelaskan bahwa Anda bermaksud untuk melakukan pinjaman modal tanpa bunga.

Semoga tiga pilihan cara memperoleh pinjaman modal tanpa bunga yang sudah dijelaskan di atas adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha tetapi terkendala modal. Hal ini perlu diketahui engingat memulai usaha itu butuh modal yang tidak sedikit dan pasti ada risiko yang siap dihadapi. Lebih baik untuk memulainya, modal usaha yang Anda dapatkan tanpa bunga. Dengan begitu, Anda yang berencana untuk membayar dengan cara cicilan tidak dibebankan oleh besarnya bunga pinjaman modal usaha yang ada. Nantinya, usaha yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar tanpa terbebani dengan jumlah cicilan pinjaman berbunga.