10 Tips Jitu Memperoleh Mobil Baru Murah

Mobil baru murah menjadi incaran banyak orang, terutama di masa-masa mendekati Lebaran, Natal dan Tahun Baru dan hal ini merupakan sesuatu yang lumrah di Indonesia. Budaya mudik dan berekreasi bersama keluarga besar tentu saja membutuhkan mobil yang memiliki kondisi prima, agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi bila rute perjalanan Anda terhitung cukup panjang dan harus melewati berbagai kondisi jalan.

Salah satu kelebihan dari mobil baru adalah kondisi mesin yang terjamin bagus karena Anda merupakan orang pertama yang mengoperasikannya, namun tentu saja harganya tergolong lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas. Bila Anda saat ini sedang berencana untuk mencari mobil baru murah untuk suatu keperluan dalam waktu dekat maka dibawah ini akan kami bagikan 10 cara mendapatkan mobil baru yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang relatif lebih murah.

Berikut ini 10 cara mendapatkan mobil baru murah dan sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Pastikan tujuan Anda membeli mobil baru

Hal ini akan membuat Anda dapat memilih jenis dan tipe mobil seperti apa yang cocok dan Anda butuhkan. Misalnya, bila untuk keperluan keluarga maka pilih yang lega atau jenis minibus, bila untuk keperluan ke kantor sebaiknya pilih jenis city car, dan bila untuk mengangkut barang pilih jenis mobil pick up atau box.

  1. Cari info sebanyak mungkin tentang jenis mobil yang Anda butuhkan

Setelah memutuskan jenis mobil yang Anda butuhkan, maka segera cari informasi yang banyak tentang jenis mobil tersebut baik dari majalah otomotif, internet, koran, dan teman-teman yang telah memakai jenis mobil tersebut. Tanyakan apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut.

  1. Siapkan dana minimal 20-30% dari harga mobil

Bila Anda berniat untuk membeli mobil baru murah secara kredit, maka sebaiknya siapkan dana sekitar 20-30% untuk DP. Biasanya DP 10-20% dari harga mobil, tapi sebaiknya persiapkan dana lebih dari itu agar bisa nego untuk sedikit tambahan DP tapi jumlah cicilan perbulan bisa dikurangi. Biasanya dealer dapat memberikan harga yang fleksibel (tidak kaku). Dengan negosiasi yang pintar, Anda mungkin akan mendapatkan harga yang sedikit lebih murah.

  1. Pilih waktu yang tepat untuk bernegosiasi

Sebaiknya pilihlah waktu yang tepat untuk mendatangi dealer dan bernegosiasi. Misalnya pada saat dealer sedang gencar-gencarnya berpromosi, saat pameran mobil, dan di akhir bulan karena biasanya dealer dikejar target penjualan, sehingga kemungkinan mereka akan memberikan diskon tambahan. Terkadang DP yang biasanya 30 juta, didiskon menjadi 25 juta. Jadi Anda bisa menghemat biaya 5 juta.

Baca juga: Kredit Mobil Bekas

  1. Tampil percaya diri

Datanglah ke dealer dengan penampilan yang bersahaja dan percaya diri tetapi jangan sok tahu dan terlalu bersemangat. Berikan informasi bahwa Anda berencana untuk membeli mobil, tapi bila harganya cocok.

  1. Kunjungi beberapa dealer mobil untuk membandingkan harga

Tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan membeli mobil, kunjungilah beberapa dealer mobil untuk membandingkan harga dan berbagai fasilitas yang diberikan. Setelah itu pilihlah yang memberikan penawaran yang terbaik.

  1. Tanyakan diskon atau penawaran khusus

Bila telah mendapatkan dealer yang cocok tanyakan diskon atau penawaran khusus bila Anda benar-benar membeli mobil di dealer tersebut saat itu juga. Penawaran bisa dalam berbagai bentuk seperti potongan harga (diskon), bonus atau hadiah langsung pembelian, potongan skema pembiayaan (kredit) atau gratis servis & ganti oli beberapa kali.

  1. Lakukan penawaran harga

Tanyakan apakah harga yang diberikan masih bisa dinegosiasikan. Anda harus percaya diri dan berani menawar harga, apalagi bila Anda membeli secara cash. Misalnya, harga mobil Rp. 250 juta, Anda bisa tawar dengan harga Rp.240-245 juta. Dengan begitu, mungkin dealer bisa memberikan penawaran harga khusus bagi Anda.

  1. Pastikan mobil baru yang Anda pilih murah dan berkualitas

Sebaiknya pilihlah mobil dari merk-merk yang sudah terkenal dengan kualitasnya. Jangan pernah tergoda dengan penawaran harga murah yang diberikan oleh merk-merk mobil yang belum jelas kualitasnya.

  1. Jangan ragu untuk meninggalkan dealer bila memang ada penawaran yang lebih baik

Bila Anda merasa kurang puas dengan penawaran yang diberikan oleh pihak dealer, sebaiknya jangan ragu untuk meninggalkan tempat tersebut. Apalagi bila Anda merasa ada dealer lain yang memberikan penawaran yang lebih baik.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan tambahan informasi untuk Anda tentang cara mendapatkan mobil baru murah.